Press "Enter" to skip to content

TIPS MENJAGA KESEHATAN SELAMA TRAVELING DI MASA NEW NORMAL

Di masa new normal ini kita udah mulai bisa untuk traveling ke berbagai tempat wisata dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada. Tapi tak jarang juga, justru di saat traveling inilah kebanyakan orang lupa untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Padahal untuk melakukan aktivitas yang satu ini membutuhkan kondisi tubuh yang prima dari awal sampai akhir. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kondisi tubuh menurun. Berikut Ibadah Mimpi merangkum beberapa Tips Menjaga Kesehatan Selama Traveling di Masa New Normal.

SELALU CUCI TANGAN

Cuci tangan menjadi salah satu cara yang paling efektif menjaga kesehatan apalagi di masa new normal ini. Kebiasaan kecil ini akan menjadi sangat berarti di masa yang tidak pasti ini.

Saat traveling ke berbagai tempat wisata, secara tidak sengaja kita akan banyak menyentuh banyak barang selama perjalanan. Mencuci tangan secara teratur sesuai dengan anjuran WHO akan membantu membunuh berbagai kuman dan virus yang mungkin saja menempel di tangan. Lakukan kebiasaan mencuci tangan saat sebelum makan, usai menggunakan toilet umum, dan setelah memegang benda milik umum. Alangkah lebih baik lagi kalau kita selalu membawa hand sanitizer sebagai pencegahan pertama untuk membunuh kuman dan virus.

person washing his hand/ mencuci tangan menjadi salah satu tips menjaga kesehatan saat traveling
Photo by Burst on Pexels.com

KONSUMSI AIR MINERAL SECUKUPNYA

Selama menjalani aktivitas traveling, kita sering kali menempuh perjalanan selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Melewati laut dan daratan, membawa barang bawaan, hingga sampai pada tujuan tentu akan menguras tenaga dan cairan tubuh. Lebih dari 70% berat tubuh manusia adalah cairan. Saat tubuh aktif bergerak maka cadangan cairan dalam tubuh akan berkurang secara drastis dan ujung-ujungnya kita akan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi atau kondisi kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi, lemas, kelelahan, kram otot hingga sakit kepala. Tentu ini akan menjadi hal yang merusak suasana traveling nantinya. Oleh karena itu, untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas selama traveling, kita perlu mengonsumsi air mineral yang cukup. Dan pastikan air mineral yang minum terjamin kebersihan, keamanan dan higienisnya.

woman drinking water from glass bottle/ Konsumsi air mineral menjadi salah satu tips menjaga kesehatan saat traveling
Photo by Arnie Watkins on Pexels.com

BIASAKAN SARAPAN

Kebanyakan orang meremehkan sarapan, padahal sarapan sangat penting untuk menunjang aktivitas keseharian saat traveling. Selain itu perhatikan juga porsi dan kandungan gizi makanan harus tetap dalam takaran yang sesuai. Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan karena makan yang berlebihan ternyata tidak baik juga bagi kesehatan tubuh selama traveling.

delicious berries and croissants placed on table/ sarapan menjadi salah satu tips menjaga kesehatan saat traveling
Photo by Julia Volk on Pexels.com

BATASI KOPI DAN ALKOHOL

Selama traveling, sebisa mungkin usahakan untuk menghindari mengkonsumsi minuman yang mengandung gula tinggi, kafein, dan alkohol. Mengkonsumsi kopi dan alkohol menimbulkan gangguan metabolisme pada tubuh Anda sehingga menyebabkan perjalan menjadi terganggu.

ISTIRAHAT YANG CUKUP

Tips yang tak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan saat traveling adalah istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup akan membuat kondisi tubuh menjadi prima. Hal inilah yang akan membuat traveling terasa menyenangkan. Tapi jika kondisi tubuh tidak prima, tentu saja kita tidak akan bisa menikmati seluruh aktivitas eksplorasi di tempat wisata.

Istirahat yang cukup akan mengembalikan tenaga-tenaga yang hilang selama beraktivitas. Selain itu, Alasan utama mengapa sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan adalah kurangnya istirahat.

istirahat yang cukup menjadi salah satu tips menjaga kesehatan saat traveling

SEDIA VITAMIN

Cara ampuh lainnya yang bisa dicoba adalah dengan selalu menyediakan vitamin untuk konsumsi selama traveling. Mengkonsumsi vitamin bertujuan untuk membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Tak hanya dalam bentuk suplemen, mengkonsumsi vitamin dalam bentuk sayuran dan buah-buahan juga sangat dianjurkan.

Photo by Alex Green on Pexels.com

MINUM SUSU DANCOW UNTUK DEWASA

Sebagai pelengkap tips menjaga kesehatan saat traveling selama masa new normal, ada baiknya untuk mengkonsumsi susu untuk menambah daya tahan tubuh. Kamu bisa mencoba minum Susu Dancow untuk dewasa dan rasakan perbedaannya.

Selamat berwisata kembali di masa new normal. Selalu perhatikan berbagai protokol kesehatan yang ada agar kita terhindar dari paparan virus yang mungkin menyebar.

Salam pejalan!

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan