Press "Enter" to skip to content

PENYEBAB TERJADINYA KOLESTEROL YANG HARUS DIWASPADAI

Kolesterol menjadi momok tersendiri yang harus diwaspadai apalagi di masa pandemi sekarang ini. Virus yang tersebar membuat kita mesti harus menghabiskan waktu di rumah aja. Yang pada akhirnya berdampak pada kurangnya aktivitas gerak tubuh sampai pola makan yang tidak teratur. Hal inilah yang bakalan mempengaruhi tubuh dan tingkat kolesterol yang berdampak pada kesehatan kita. Untuk itu kita mesti tahu beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya kolesterol tinggi di dalam tubuh.

KONSUMSI MAKANAN TIDAK SEHAT

Terkadang saat terlalu lama di dalam rumah, kita jadi keseringan ngemil dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh yang menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah. Makanan hewani seperti jeroan otak, hati, ginjal, babat, lemak dari daging, daging merah dan kuning telur merupakan penyebab utama kolesterol tinggi. Selain itu lemak jenuh yang terkandung dalam daging, susu full cream, biskuit, keripik kemasan, kue kering, dan popcorn juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita di saat pandemi sekarang ini.

Untuk itu alangkah lebih baik kita mencoba membiasakan hidup dengan pola makan sehat seperti banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

food dinner lunch unhealthy/ makanan yang tidak sehat dapat menjadi penyebab terjadinya kolesterol.
Photo by Robin Stickel on Pexels.com

KELEBIHAN BERAT BADAN/ OBESITAS

Terkadang jika terlalu lama di rumah bisa berdampak pada meningkatnya berat badan akibat pola makan yang berlebihan. Ini tentunya bakalan menjadi hal yang buruk bagi tubuh. Berat badan yang berlebih akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dan tentunya ini bakalan menjadi hal yang buruk bagi tubuh.

bread food sandwich man
Photo by Artem Podrez on Pexels.com

STRES/ DEPRESI

Keadaan dan situasi yang ada membuat siapa saja tak bisa kemana-mana. Dan hasilnya kita harus menjalani kenyataan sosial baru yang sangat berbeda dari biasanya. Hal inilah yang menimbulkan terjadinya gejolak dalam diri yang berakhir pada keadaan stres. Ya, stres karena di PHK ataupun pendapatan jadi berkurang karena lockdown di beberapa kota menjadi pemicunya. Keadaan stres inilah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah dalam jangka panjang.

Biasanya seseorang yang sedang mengalami stres bakalan mengonsumsi banyak makanan berlemak untuk menghibur diri. Hal inilah yang bakalan menjadi pemicu meningkatnya kadar kolesterol dalam darah.

Salah satu cara memanajemen stres bisa dilakukan dengan mendengarkan beberapa lagu terbaik playlist kami ini.

adult alone anxious black and white
Photo by Kat Jayne on Pexels.com

KURANG BEROLAHRAGA

Gak bisa dipungkiri lagi kalau kita sebagai manusia modern cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer dan berlama-lama duduk di atas kursi. Hal ini meningkatkan risiko besar kolesterol tinggi. Untuk itu berolahraga setiap hari sekitar 30 menit menjadi suatu keharusan karena memberi manfaat luar biasa seperti mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, aktif bergerak dan berolahraga juga dapat menurunkan berat badan.

orange tabby cat on bed
Photo by Dương Nhân on Pexels.com

MEROKOK DAN MINUM ALKOHOL

Merokok dan minum alkohol juga dapat menjadi penyebab terjadinya kolesterol. Sebagian orang mungkin meremehkan dampak rokok bagi kesehatan tubuh. Tapi nyatanya zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok dapat menurunkan kolesterol baik. Tingginya jumlah racun asap rokok juga dapat merusak lapisan dalam pembuluh darah serta  meningkatkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah dan pembekuan darah.

Selain itu mengonsumsi alkohol dapat merusak hati yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan peningkatan tingkat kolesterol dalam tubuh.

close up photography of a person holding cigarette/ rokok menjadi salah satu penyebab terjadinya kolesterol.
Photo by Irina Iriser on Pexels.com

Itulah beberapa penyebab terjadinya kolesterol yang bisa menyerang kapanpun di masa pandemi sekarang ini. Selalu perhatikan pola hidup sehat untuk menekan kolesterol jahat agar kita tetap bugar selama masa sulit ini. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi Anlene Goldplus yang hadir dengan nutrisi lengkap yang dapat membantu untuk menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh. Berita baiknya, sekarang Anlene Goldplus bisa dikonsumsi penderita diabetes.

Anlene Gold Plus dapat menjadi penyebab terjadinya kolesterol.

Selalu jaga kesehatan diri di masa yang sulit ini agar nanti kita bisa beraktivitas kembali dengan diri yang sehat. Salam hangat dari kami.

2 Comments

  1. Hastira Hastira Oktober 28, 2020

    makasih sharingnya

Tinggalkan Balasan