Press "Enter" to skip to content

MENGHILANGKAN GATAL PADA TUBUH SAAT BERWISATA

Berwisata di masa pandemi mungkin terbilang barang mewah akhir-akhir ini. Protokol kesehatan yang berlaku ketat membuat berbagai keramaian mesti diperhatikan dengan tujuan memutus rantai penyebaran. Walaupun begitu, berbagai tempat wisata sudah dibuka dan dapat dikunjungi walau dalam keadaan terbatas. Terkadang saat beraktivitas di tempat wisata, tak jarang kita terganggu akibat rasa gatal yang tiba-tiba menyerang. Bakalan lebih buruk lagi jika gatal muncul di saat momen-momen penting seperti ketika hendak berfoto. Untuk melawan rasa gatal, berikut ibadahmimpi.com merangkum beberapa cara menghilangkan gatal pada tubuh saat berwisata.

USAP LEMBUT BAGIAN YANG TERASA GATAL

Cara pertama dan yang paling sederhana untuk mengatasi rasa gatal adalah dengan mengusap area kulit yang terasa gatal dengan lembut untuk membantu mengurangi rasa gatal tanpa melukai kulit. Dibandingkan dengan menggaruk, mengusap lembut area yang gatal lebih disarankan.

GANTI PAKAIAN DENGAN YANG LEBIH BAIK

Pakaian yang dikenakan bisa menjadi salah satu pemicu rasa gatal yang tiba-tiba muncul dan mengganggu. Cukup berikan perhatian lebih terhadap jenis dan bahan pakaian yang bakalan dikenakan nantinya. Misalkan dengan menghindari mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan wol dan bahan lain yang tidak mampu menyerap keringat dan memilih bahan pakaian yang bisa mencegah timbulnya gatal seperti bahan katun.

Memakai baju berbahan katun untuk menghilangkan gatal

MANDI DENGAN AIR DINGIN

Jika rasa gatal muncul dan mulai mengganggu aktivitas berwisata, usahakan untuk mandi air dingin untuk membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi rasa gatal. Biar lebih manjur, jangan lupa gunakan sabun antibakteri seperti Lifebuoy Bodywash yang dirancang khusus untuk membasmi bakteri pada tubuh, termasuk bakteri pemicu gatal.

GUNAKAN PELEMBAP SETELAH MANDI

Untuk membuat kulit tetap lembap dan bebas dari rasa gatal, ada baiknya menggunakan pelembap setelah mandi sebagai salah satu cara mengatasi rasa gatal yang dapat muncul saat beraktivitas nantinya.

SEDIA SALEP DAN BEDAK

Jika mandi air dingin tidak memungkinkan, salah satu lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan salep atau bedak. Salep dan bedak ini biasanya gak susah didapat, keduanya dijual bebas di apotek. Namun jangan lupa untuk mengikuti petunjuk pemakaian untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu bedak gatal umumnya dapat menghilangkan rasa gatal dengan cara memberikan rasa dingin pada kulit. Rasa dingin yang ditimbulkan setelah penggunaan keduanya dapat segera membantu memberikan rasa nyaman pada tubuh yang kegatalan.

Gatal yang tiba-tiba muncul memang sering kali mengganggu aktivitas saat berwisata. Bawaannya jadi gak nyaman dan malas untuk bergerak. Tapi rasa gatal itu gak bisa dihindari. Namun rasa gatal tetap bisa diminimalisir agar kehadirannya tidak sampai mengganggu aktivitas seru saat berwisata. Beberapa rasa gatal bisa diminimalisir dengan mencoba cara-cara menghilangkan gatal yang kami sarankan di atas.

Jika rasa gatal tidak kunjung hilang setelah mencobanya, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter untuk mengetahui lebih jauh tentang penyebab kegatalan yang datang mengganggu. Selain itu, jangan lupa untuk mengikuti semua protokol kesehatan yang berlaku di berbagai tempat wisata untuk memutus rantai penyebaran virus yang melanda.

Jangan lupa juga untuk membagikan cara menghilangkan gatal di atas kepada seluruh anggota keluarga dan teman-teman.

Salam pejalan! 

4 Comments

  1. bara anggara bara anggara Oktober 10, 2020

    aku pas jelajah sulawesi dan indo timur itu sabunnya pake lifebuoy, ampuh buat ngilangin gatel2 😀

  2. Untari Untari November 7, 2020

    dulu kalo gatel aku mandiin pake air panas, ternyata salah toh harusnya pakai air dingin ya

Tinggalkan Balasan