Press "Enter" to skip to content

DARI TUGU 0 KM SABANG DENGAN CINTA UNTUK INDONESIA

“Dimanakah titik paling barat di Indonesia?”, Ayah pernah bertanya kepada kami saat menyeruput kopi di senja kala itu. Dengan sekenanya kami menjawab Sabang seperti yang diajarkan di sekolah dulu. Namun seketika sebuah impian menghampiri buku dreamlist kami, Mengunjungi titik paling barat di Indonesia Tugu 0 km Sabang, Begitu bunyinya.

Perjalanan memang tak bisa ditebak, perlahan impian yang kami tulis satu per satu menjadi kenyataan seiring berjalannya waktu. Dan kali ini semesta membawa kami menginjakkan kaki di titik paling barat Indonesia, Sabang. Sabang sebenarnya berada di Pulau Weh sebagai pulau utama. Selain itu ada beberapa pulau lain disekitarnya seperti Pulau Klah, Seulako, Rubiah dan Rondo. Sabang ternyata punya keindahannya tersendiri, sebuah keindahan yang tidur tak menampakkan diri. Sebuah pesona di barat Indonesia.

Tugu 0 km Sabang tepatnya berada di Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Tugu 0 km Sabang diresmikan pada tahun 1997 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia yang menjabat sewaktu itu, Bapak Try Sutrisno. Secara spesifik, Tugu 0 km Indonesia dibangun setinggi 43,6 meter dengan letak geografis yang telah dikur oleh pakar BPP Teknologi dengan menerapkan teknologi satelit Global Positioning System (GPS) yang berada pada Garis Lintang 05° 54′ 21.42″ LU dan Garis Bujur 95° 13′ 00.50″ BT.

Tugu 0 km Sabang yang megah menghadap ke laut

Dari Sabang, kamipun kemudian mengenang kembali perjalanan yang telah kami lakukan saat mengelilingi berbagai keindahan Indonesia mulai dari keindahan alamnya, adat dan budaya, serta keunikan setiap susunan masyarakatnya. Semua perjalanan yang kami tempuh memberikan kami pelajaran yang paling berharga. Sebuah pengetahuan yang hanya bisa kami dapatkan dijalanan, bukan di dalam ruangan. Sebuah pengalaman berharga setelah berinteraksi langsung dengan berbagai unsur dalam perjalanan yang semakin meningkatkan kecintaan kami akan tanah air, Indonesia.

Tugu 0 km Sabang sebagai titik paling barat di Indonesia
Tugu 0 km Sabang sebagai titik paling barat di Indonesia

Kami percaya bahwa Indonesia itu indah. Indonesia itu punya potensi luar biasa untuk berbicara di mata dunia. Indonesia itu punya banyak cerita. Tinggal bagaimana caranya kita untuk berkreasi membangun negeri ke arah yang lebih baik. Dengan harapan dan semoga, kami mengurum surat cinta dari Sabang untuk Indonesia.

Salam pejalan!

Sabang tempat Tugu 0 km Sabang berada

Have a nice day!
Stay tuned for more of our adventures.
Happy travel and leave no trash!


Hai, karena kamu udah disini…

..Kami punya beberapa permintaan. Beberapa orang mungkin telah membaca ibadahmimpi.com. Seperti yang kamu ketahui, melakukan perjalanan itu membutuhkan banyak waktu, uang dan usaha untuk menghasilkan sebuah karya. Kami melakukannya karena kami percaya bahwa sudut pandang kami sangat berguna bagi dunia – karena itu mungkin saja bakal menjadi sudut pandang kamu dalam memandang dunia juga.

Jika kamu suka dengan ibadahmimpi.com, mari luangkan waktu buat mendukung blog ini untuk terus berkarya dan memberikan dampak positif kepada dunia. Bantuan kecil yang kamu berikan misalnya dengan subscribe blog ini atau memberikan bantuan apapun yang kamu mau akan sangat berarti buat kami – dan itu gak butuh waktu yang banyak. Salam semoga kita bersua dan berbagi cerita! 

Dan jangan lupa untuk follow media sosial kami di Twitter @ibadahmimpicom, Instagram @ibadahmimpi, Facebook Ibadah Mimpi, dan Pinterest @ibadahmimpi

Salam hangat dari kami,
Ibadah Mimpi.

2 Comments

  1. Iqbal Iqbal Desember 29, 2020

    Narasi dan foto-fotonya keren. Meski saya bukan penggemar traveling tapi saya bisa merasakan feel blog ini. Blog ini punya nuansa tersendiri: syahdu. (nama domainnya pun unik). Semoga sukses selalu.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Desember 30, 2020

      Wah senang banget rasanya kalau kamu menikmati perjalanan disini. Jangan sungkan untuk mampir balik ya.
      Salam hangat

Tinggalkan Balasan