Press "Enter" to skip to content

CARA MENGATASI RAMBUT BERMINYAK SAAT MELANCONG

Traveling atau melancong ke berbagai daerah menjadi suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu apalagi dalam keadaan pandemi sekarang ini. Rasanya merencanakan perjalanan untuk masa setelah pandemi corona nanti menjadi hal yang wajib bagi sebagian besar kalangan. Melancong ke berbagai tempat wisata seperti situs bersejarah, kota, desa, pantai hingga naik pegunungan menjadi impian banyak orang. Cuaca panas dan dinginpun tak jadi halangan. Namun satu hal yang harus diwaspadai adalah hadirnya rambut lepek dan berminyak. Beruntung kami disini, lewat tulisan ini kami bagikan beberapa cara mengatasi rambut berminyak saat melancong biar perjalanan makin menyenangkan.

Selalu Sedia Topi

Cara mengatasi rambut berminyak yang pertama adalah dengan selalu menyediakan topi sebelum melancong. Topi nantinya bakalan berfungsi sebagai pelindung pertama rambut terhadap sinar matahari langsung yang dapat membuat rambut bermasalah.

Gunakan Sampo yang Tepat

Produksi minyak yang berlebih pada rambut dapat memberikan beban tambahan bagi akar rambut. Menggunakan produk yang tak sesuai dengan jenis rambut dapat membuat rambut terasa lebih berat pada bagian akar dan membuat kulit kepala berminyak. Untuk itu selalu sediakan sampo yang tepat yang mengandung kata volume seperti Dove Volume Nourishment Shampoo.

Sesuai namanya, rangkaian produk ini bisa membantu rambut terlihat lebih bervolume. Formula Oxyfusionnya efektif melembapkan dan menambahkan volume ekstra pada rambut hingga 95%.

Namun jika rambut terasa cepat berminyak, dry shampoo mungkin menjadi salah satu produk andalan yang bisa gunakan. Dry shampoo menyerap kelebihan minyak dan membuat rambut terlihat bersih dan bervolume.

Selalu Bawa Conditioner

Conditioner sangat berguna untuk melembapkan batang rambut dan mengembalikan minyak alami rambut yang terbilas shampoo. Minyak alami rambut ini sendiri sangat diperlukan agar rambut lebih mudah diatur.

Hal yang harus diperhatikan adalah hindari memakai conditioner di kulit kepala, karena conditioner terbilang sulit dibilas jika sudah menempel di akar rambut. Batang rambut akan cenderung lebih lemas, kempes, dan tidak bisa tegak dengan sempurna.

Hanya gunakan pada ujung rambut, mulai dari bagian tengah hingga ke ujungnya. 

Gunakan Air Dingin Untuk Keramas

Mandi air hangat memang menyenangkan apalagi setelah lelah seharian melancong ke berbagai tempat wisata. Tapi ternyata air hangat bisa merangsang kelenjar yang dapat menghasilkan sebum di kulit kepala sehingga kurang bagus sebagai perawatan rambut berminyak. Selalu gunakan air dingin untuk menghentikan produksi sebum yang berlebihan.

Keringkan Rambut Setelah Keramas

Setelah keramas, pastikan untuk selalu mengeringkan rambut dengan hairdryer. 

cara mengatasi rambut berminyak dengan mengeringkan segera setelah keramas dengan menggunakan hairdryer (barber tools in a wooden drawer)
Photo by cottonbro on Pexels.com

Sisir Rambut ke Arah Atas.

Saat rambut dalam kondisi basah, sisir rambut ke arah atas hingga akar rambutnya terangkat naik. Gunakan sisir bergigi jarang dan sisir secara perlahan agar rambut tidak tersangkut atau patah. Saat akar rambut sudah terangkat ke atas inilah bentuk rambut akan lebih bervolume dan tidak lepek saat kering serta akan lebih menuruti arah sisiran rambut.

Mengatasi rambut berminyak saat melancong menjadi hal wajib yang harus diperhatikan agar perjalanan wisata terasa begitu menyenangkan dengan penampilan yang paling maksimal. Apabila rambut minyak teratasi udah pasti foto diri menjadi begitu percaya diri.

Selamat berwisata dan jangan lupa untuk mematuhi berbagai protokol kesehatan yang dianjurkan.

Salam pejalan!

4 Comments

  1. Hastira Hastira Oktober 3, 2020

    makasih sharingnya

  2. nur rochma nur rochma Oktober 3, 2020

    Wah, aku baru tahu kalau menyisir rambut harus ke atas, pas masih basah ya.
    Btw, masalahnya kalau lagi jalan-jalan gitu malas bawa conditioner. Paling cuma shampo sih. Jadi rambut tetap kurang maksimal dirawat.

Tinggalkan Balasan