Press "Enter" to skip to content

AIR TERJUN KAPAS BIRU DAN RINDU YANG MEMBIRU

Sebelum jum’at mereda, kami kembali menyusuri rimbunan kenangan yang tersimpan rapat di dalam ratusan foto dan video yang pernah kami ambil untuk mengabadikan setiap momen berharga selama perjalanan menyusuri indahnya alam Indonesia. Setiap potret begitu berharga serta mampu membuat kami kembali melayang ke masa sebelum pandemi melanda. Seperti halnya di suatu pagi yang cerah, kami memutuskan untuk sedikit menepi menyusuri jalan setapak menuju sebuah air terjun yang luar biasa indah, Air Terjun Kapas Biru.

Pemandangan air terjun kapas biru dari jauh

Pagi yang begitu cerah dan udara yang cukup dingin tak menyurutkan semangat kami. Keindahan air terjun yang telah tersebar melalui berbagai postingan instagram kawan-kawan baik ini membuat kami semakin penasaran untuk melihat air terjun ini dengan mata kepala sendiri. Dan ternyata alam selalu mempunyai caranya sendiri untuk membuat semua orang terkagum tak bersuara.

Air terjun yang terletak di Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur ini membuat kami tak bisa berkata-kata. Semuanya melebihi ekspektasi, keindahannya tak bisa dilukiskan dengan sajak yang memabukkan. Objek wisata yang dibuka sejak tahun 2015 ini menawarkan panorama air terjun yang begitu mempesona. Sebuah keindahan yang begitu kentara akan romansa.

Seorang pemuda sedang bersantai di air terjun kapas biru
Keindahan air terjun kapas biru yang diapit tebing curam

Nama Kapas Biru diambil dari fenomena alam yang terjadi dimana air terjun ini memiliki aliran yang putih dan deras dan di bagian sisinya muncul warna kebiruan jika dilihat dari jauh. Itulah sebabnya nama Kapas Biru diambil untuk menggambarkan lukisan alami yang dititipkan Tuhan ini.

Jika diperhatikan dengan seksama, Air Terjun Kapas Biru ini bertingkat 2 dengan tingkat bawah setinggi 90 meter dan tingkat atas setinggi 10 meter diapit tebing yang sumber airnya berasal dari aliran anak Sungai Besukbang yang berhulu di lereng Gunung Semeru. Pemandangan disekitar air terjun yang terletak di 500 mdpl ini begitu indah dikelilingi tebing-tebing tinggi curam berwarna coklat kemerahan dengan sisipan lumut-lumut hijau serta rimbunnya pepohonan disekitarnya. Sebuah keindahan yang memanja mata.

Seorang pria berdiri menghadap air terjun kapas biru
View this post on Instagram

: T h r o w b a c k. Pagi yang dingin dan basah di Air Terjun Kapas Biru menjadi cerita tersendiri bagi jiwa-jiwa yang lelah. Lumajang – Jawa Timur, sebuah negeri di atas awan tempat terselipnya serpihan surga yang begitu megah diantara tebing-tebing tinggi. Pagi itu kami terbangun disambut mentari Kota Malang setelah sebelumnya berjuang melawan gejolak malam di dalam kereta api dari Jakarta. Dari Malang kami melanjutkan perjalanan sekitar 2 jam menuju Kapas Biru, sebuah pesona yang telah lama hadir di dalam kepala kami. Perjalanan sangat menyenangkan. Sesampainya di tempat parkir kami harus berjalanan sekitar 1,5 km lagi ke arah air terjun. Suasananya begitu sepi. Beruntung kami datang di awal minggu. Ah, kenikmatan mahasiswa akhir yang bisa bebas berkeliaran kapanpun dimau. Pepohonan yang rindang dan dedaunan yang berbisik di terpa angin seakan menjadi penghapus lelah kami selama perjalanan. Sebuah pesona menghampar di depan mata. Kapas Biru pagi itu lagi sendu-sendunya dan begitu sunyi. Sempurna. Ayo mampir ke www.ibadahmimpi.com atau klik link di bio. Salam pejalan! #travel #adventure #wanderlust #travelgram #explore #holiday #travels #traveller #traveling #travelling #travelphotography #travelingram #earthofficial #travelblogger #indotravellers #livefolkindonesia #kerengan #theglobewanderer #kompasnusantara #instapassport #earthfocus #traveltheworld #igersociety #ayodolan #folkgreen #adventurenthusiasts #nature #pesonaindonesia #wonderfulindonesia #vsco

A post shared by Travel Blogger | Redha Andika (@ibadahmimpi) on


Have a nice day!
Stay tuned for more of our adventures.
Happy travel and leave no trash!


Hai, karena kamu udah disini…

..Kami punya beberapa permintaan. Beberapa orang mungkin telah membaca ibadahmimpi.com. Seperti yang kamu ketahui, melakukan perjalanan itu membutuhkan banyak waktu, uang dan usaha untuk menghasilkan sebuah karya. Kami melakukannya karena kami percaya bahwa sudut pandang kami sangat berguna bagi dunia – karena itu mungkin saja bakal menjadi sudut pandang kamu dalam memandang dunia juga.

Jika kamu suka dengan ibadahmimpi.com, mari luangkan waktu buat mendukung blog ini untuk terus berkarya dan memberikan dampak positif kepada dunia. Bantuan kecil yang kamu berikan misalnya dengan subscribe blog ini atau memberikan bantuan apapun yang kamu mau akan sangat berarti buat kami – dan itu gak butuh waktu yang banyak. Salam semoga kita bersua dan berbagi cerita! 

Dan jangan lupa untuk follow media sosial kami di Twitter @ibadahmimpicom, Instagram @ibadahmimpi, Facebook Ibadah Mimpi, dan Pinterest @ibadahmimpi

Salam hangat dari kami,
Ibadah Mimpi.

4 Comments

  1. Hastira Hastira November 2, 2020

    wow batuan yang tinggi keras dan kuat mmebuat air trejunya indah

Tinggalkan Balasan