Press "Enter" to skip to content

LEMBAH HARAU DALAM KENANGAN

Juni 2019

Juni tahun lalu kami menyempatkan diri untuk sekedar menepi menenangkan hati menuju sebuah kampung yang berada di dalam pedalaman Lembah Harau. Lembah yang diapit oleh dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal kemerahan ini memiliki ceritanya tersendiri.

Adalah Tuak Suar, seorang pria gagah perkasa yang pertama kali menapakkan kaki serta menjelajahi pedalaman Lembah Harau. Tak banyak berita tentangnya tapi semua orang pasti tahu dengannya. Berbagai turis asing mancanegara jauh-jauh datang ke pedalaman Lembah Harau hanya untuk sekedar bersapa dan berbagi cerita dengannya. Ada karisma yang besar dalam dirinya yang menyimpan segudang cerita hingga mancanegara.

Selain belajar tentang hidup dari Tuak Suar, kami juga dimandikan dengan sejuta cerita luar biasa dari Uwan. Seorang penerus dari Tuak Suar yang telah sudi mengajari kami bermain saluang, sebuah alat musik tradisional khas tanah Minang. Semuanya terasa begitu menyenangkan.

8 Oktober 2019… Sayonara!

Jika cinta adalah bentuk, maka pria ini adalah jelmaannya. Tuak Suar, seorang pria kurus namun begitu gemuk dengan pengalaman hidup telah mengajarkan kami makna dari sebuah perjalanan.

View this post on Instagram

Innalillahi Wa Innalillahi roojiun. ________________________ . 2 tahun lalu disaat orang orang sekitar masih belum menerima kehadiran sakola alam, beliau lah orang pertama yang dengan yakin dan menghibahkan tanah dan rumahnya untuk sakola alam. Pesan beliau singkat sekali, “jaga sholat yang lima waktu dan jangan jauh jauh dari al Quran, basahi mulut dengan kalimah laa illaha illallah.” . . Beliau bermimpi suatu hari nanti anak anak di lembah harau mengenyam pendidikan tinggi agar tak susah lagi seperti yang beliau rasakan dulu. Selalu senyum dan memberikan oleh oleh hidup pada siapa pun yang datang. Shubuh tadi berita sayup sayup dari telfon datang pada kami, mengabarkan beliau telah berpulang. Seperti biasa beliau selesai sholat asyik dengan tasbihnya melantunkan kalimah laa illaha illallah, dan tidur sejenak. Ternyata pagi tadi beliau tidur untuk selamanya. Mata air yang tak pernah kering dari kaki lembah harau mengalir dari lubuk hati beliau. . Suatu hari waktu beliau sakit, beliau bilang “ Datuk tak ingin menyusah merepotkan orang, jika sudah waktunya semoga di permudah saja oleh Allah.” ALLAHUAKBAR, beliau benar benar hidup dalam doanya itu. . Beliau lah sosok paling berpengaruh dalam perjalanan panjang sakola alam sampai hari ini. Dan apapun yang beliau titipkan akan terus kami alirkan. . . Selamat jalan Datuak, selamat beristirahat, jika tak dapat bertatap muka lagi, semoga doa doa kami sampai pada mu.

A post shared by Sakola Alam (@sakola_alam) on


Have a nice day!
Stay tuned for more of our adventures.
Happy travel and leave no trash!


Hai, karena kamu udah disini…

..Kami punya beberapa permintaan. Beberapa orang mungkin telah membaca ibadahmimpi.com. Seperti yang kamu ketahui, melakukan perjalanan itu membutuhkan banyak waktu, uang dan usaha untuk menghasilkan sebuah karya. Kami melakukannya karena kami percaya bahwa sudut pandang kami sangat berguna bagi dunia – karena itu mungkin saja bakal menjadi sudut pandang kamu dalam memandang dunia juga.

Jika kamu suka dengan ibadahmimpi.com, mari luangkan waktu buat mendukung blog ini untuk terus berkarya dan memberikan dampak positif kepada dunia. Bantuan kecil yang kamu berikan misalnya dengan subscribe blog ini atau memberikan bantuan apapun yang kamu mau akan sangat berarti buat kami – dan itu gak butuh waktu yang banyak. Salam semoga kita bersua dan berbagi cerita!

Support ibadahmimpi.com

Buy me a coffeeBuy me a coffee

4 Comments

  1. Hastira Hastira Maret 20, 2020

    wah pengalaman yang bikin asyik

  2. morishige morishige Maret 25, 2020

    Pasti banyak yang sedih mendengar berita kepulangan Tuak Suar. Mudah-mudahan ada di antara orang-orang dalam foto-foto lawas itu yang baca….

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Maret 26, 2020

      Banyak orang merasa kehilangan karena beliau adalah sosok yang paling ramah yang pernah kami kenal.

Tinggalkan Balasan