Press "Enter" to skip to content

ELEMEN TRAFO YANG HARUS DIPERIKSA SECARA RUTIN

Menurut kami, keberadaan transformator atau trafo sangat penting bagi keberlanjutan kinerja pasokan listrik ke dalam suatu area. Mengingat fungsinya yang sangat fundamental dan kinerjanya yang cukup berat mengharuskan trafo harus selalu dilakukan perawatan secara rutin oleh jasa perawatan trafo. Dengan dilakukannya perawatan rutin maka akan meningkatkan masa pakai serta kehandalan trafo.

Perawatan secara berkala pada perangkat trafo akan dapat memperpanjang masa pakai. Pada akhirnya dapat menghemat lebih banyak dana karena tidak harus segera mengganti trafo.

Berikut adalah elemen yang harus diperiksa secara rutin:

Major Overhaul
Pada pemeriksaan teliti atau keseluruhan, maka akan dilakukan beragam perawatan dan juga pemeriksakan secara menyeluruh dan teliti. Pemeriksaan major overhaul dilakukan selama sekurang-kurangnya 1 kali dalam satu masa pemakaian. Yang termasuk di dalam major overhaul meliputi pengencangan kembali, pembersihan komponen dan juga pengeringan setiap komponen yang dibersihkan.

Analisis Kimia
Analisis kimia akan dilakukan setiap 10 tahun sekali. Analisis kimia meliputi analisis kertas laminasi atau kertas penyekat di dalam perangkat.

Pemeriksaan Ringan
Selain pemeriksaan keseluruhan (major overhaul), juga akan dilakukan pemeriksaan ringan yang dilaksanakan setiap 3 hingga 6 tahun sekali. Yang termasuk di dalam pemeriksaan ringan atau minor overhaul adalah relays dan juga uxilary devices, on-load tap changer dan juga treatment pada filter oli dan juga vakum.

Pengecekan Kondisi Kelistrikan
Electrical test harus dilaksanakan untuk beberapa komponen yang berkaitan erat dengan peralatan listrik di dalam trafo yakni bushings, breaker capacitors, power transformer dan juga pengukur transformator. Pengujian kelistrikan harus dilaksanakan sekurang-kurangnya setiap 6 hingga 9 tahun sekali.

Hadir pertama kali sebagai perusahaan penyediaan penyewaan genset diesel untuk kebutuhan industri swasta maupun PLN, kini Sewatama telah berevolusi menjadi sebuah perusahaan yang juga memberikan layanan konstruksi pembangkit listrik.

Kapasitas pembangkitan listrik yang dimiliki oleh Sewatama dari mulai 100 kVA hingga 10,000 kVA. Berbagai daerah hingga pelosok dilayani oleh Sewatama karena telah didukung oleh grup operasional Tiara Marga Trakindo dan ABM.

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan