Press "Enter" to skip to content

GANGGUAN SISTEM PENCERNAAN PADA ANAK SAAT LIBURAN

Liburan udah tiba, saatnya buat menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan keharmonisan keluarga seperti pergi berlibur ke tempat wisata, berkunjung ke kampung halaman, atau melakukan kegiatan outdoor menjadi pilihan belakangan ini. Terkadang juga saat liburan bersama keluarga apalagi membawa anak-anak, keluarga bakalan dihadapkan sama yang namanya beberapa penyakit kambuhan liburan seperti gangguan sistem pencernaan pada anak akibat salah pilih makanan.

Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem yang disusun oleh beberapa organ tubuh yang berfungsi untuk mengubah makanan dari bentuk kompleks menjadi lebih sederhana sehingga kandungan yang bermanfatnya dapat diserap dan diedarkan di dalam tubuh melalui aliran darah, sementara yang tidak diperlukan oleh tubuh akan dikeluarkan menjadi feses.

Beberapa makanan yang tidak cocok dapat menjadi penyebab gangguan sistem pencernaan pada anak
Street Food (Photo by Quang Nguyen Vinh from Pexels)

Apa jadinya jika salah satu organ pencernaan mengalami gangguan? Tentunya proses perombakkan makanan bakalan terganggu. Apalagi jika gangguan ini terjadi pada anak di usia balita atau di usia kanak-kanak, mereka hanya bisa merasakan rasa sakit tanpa mengetahui pengobatannya. Sebagai orang tua, tentu harus bertindak sebagai dokternya dan tahu cara menanganinya. Berikut gangguan pencernaan yang sering terjadi pada anak dan pengobatannya.

DIARE

Gangguan sistem pencernaan ini terjadi pada organ pencernaan penyerapan yaitu pada usus. Usus sebagai organ penyerapan berfungsi menyerap sari-sari makanan yang masuk. Jika terlalu banyak mengkonsumsi zat cair, makanan tidak akan terserap seluruhnya sehingga menghasilkan tinja yang cair. Selain itu bisa disebabkan juga karena virus dan bakteri yang termakan dari makanan.

Cara mengatasinya bisa menggunakan obat diare pada anak alami resep dokter yaitu dengan memberikan jahe. Jahe adalah obat yang efektif untuk diare karena memiliki sifat antibakteri, anti peradangan, antioksidan dan analgesik. Antioksidan pada jahe memberikan dampak yang positif bagi kesehatan tubuh. Pengolahannya cukup sederhana, potong beberapa jahe kemudian parut dan masukkan ke dalam segelas air mendidih kemudian tambahkan madu. Lalu aduk dan tunggu hingga hangat. Obat siap diberikan kepada anak. Bisa juga diberikan kepada anak yang masih bayi, namun jika sakit berlanjut, hubungi dokter.

Jahe bisa menjadi obat alami untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan pada anak
Jahe untuk mengatasi diare (Photo by Angele from Pexels)

SEMBELIT

Gangguan pencernaan yang lainnya adalah sembelit. Terjadi ketika tinja tertahan di usus besar dalam waktu yang cukup lama, karena usus besar sulit bergerak peristaltik, akibat sedikitnya cairan untuk memicu pergerakkan tersebut sehingga tinja sulit dikeluarkan. Buang air besar menjadi tidak teratur dan perut terasa kurang nyaman. 

Jika anak mengalami hal seperti itu maka obat sembelit dan susah buang air besar alami yang bisa dipilih salah satunya adalah minyak habbatussauda. Sering digunakan untuk berbagai masalah kesehatan seperti asma, sembelit, kolik dan yang lainnya. Cara pengolahnya sangat sederhana, jika anak masih bayi maka cukup campurkan setengah sendok habatussauda pada susu. Namun jika usianya kanak-kanak, campurkan satu sendok habbatussauda dengan secangkir yogurt. Konsumsi selama dua kali sehari hingga sembuh.

Gangguan sistem pencernaan pada bayi bisa menjadi hal yang mengganggu liburan
Bayi (Photo by Daria Shevtsova from Pexels)

Itulah beberapa gangguan sistem pencernaan yang mungkin saja bakalan ditemui saat liburan keluarga bareng anak-anak. Selalu perhatikan berbagai kesiapan agar liburan bisa menjadi menyenangkan.

Salam pejalan!

Liburan bersama keluarga (Photo by Asad Photo Maldives from Pexels)

24 Comments

  1. Lazwardy Perdana Lazwardy Perdana Desember 26, 2019

    Terimakasi bang informasinya. Trkadang hal sprti ini yg sring qta lupakan 🙂

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Desember 26, 2019

      Iya sama-sama mas. “Sedia payung sebelum hujan”

  2. Prima Chandra Prima Chandra Desember 27, 2019

    Paling gawat kalau diare + muntah…bisa-bisa opname, soalnya ‘keluar’ terus tapi nggak ada asupan masuk.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Desember 28, 2019

      Bener banget.
      Semoga bisa menghindari yang demikian

  3. tukang jalan jajan tukang jalan jajan Desember 29, 2019

    Anak anak memang memiliki sistem pencernaan yang masih sensitif apalagi kalau liburan makanannya beragam dan susah mengontrol. Jadi mau tak mau sakit pencernaan bisa menyerang. Kalau orang tua sudah paham pasti mempersiapkan persenjataan dengan baik sebelum iburan biar aman ya kak

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Desember 29, 2019

      Bener banget.
      Jadi emang harus diperhatiin bener makanannya ya

  4. Angga Tannaya Angga Tannaya Desember 29, 2019

    Untuk orang dewasa juga PR banget pasti kalau lagi jalan malah perut bermasalah. Apalagi kadang situasi susah banget ditebak

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Desember 29, 2019

      Nah bener banget.
      Kalau perut mules dan gak ada tempat pembuangannya, bakalan jadi lebih berabee!

  5. Dewi Ratih Purnama Dewi Ratih Purnama Desember 29, 2019

    Bagus banget resep alaminya.. klo pergi2 aku juga jaga2 bawa bbrp obat2an untuk anak

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Desember 29, 2019

      Bener banget mbak. Ibaratnya sedia payung sebelum hujan.
      Hehe

  6. Syaiful BS Syaiful BS Desember 31, 2019

    Setuju banget bang!
    Kadang jajan sembarangan atau makan-makanan yang terlalu pedes juga bisa bikin perut mules dan diare yah bang hehe.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Desember 31, 2019

      Nah bener mas. Harus sedia payung sebelum hujan…

  7. ariefpokto ariefpokto Desember 31, 2019

    Selama perjalanan mesti dijaga banget sih kesehatan. Apalagi bawa anak2. Repot Dan kasihan mereka ga bisa menikmati perjalanan kan

  8. hani hani Januari 2, 2020

    Anak-anak maupun orang dewasa juga suka sembelit kalau berwisata. Mungkin kurang buah, sayur atau karena WC-nya engga seperti di rumah. Nah, kalau diare bahaya nih. Harus sedia obat diare deh kalau berwisata. Makasih remindernya…

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Januari 2, 2020

      Nah bener banget mbak. Harus sedia penanganan sebelum kejadian. Haha

  9. Dian E. Suryaman Dian E. Suryaman Januari 5, 2020

    Urusan makanan emang penting banget biar bocah gak ada gangguan pencernaan selama perjlanan. Jaga agar disiplin waktu makan dan menjaga kebersihan makanan sama gak makan yang pedas-pedas..hehe

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Januari 5, 2020

      Bener banget. Biar liburan jadi lebih menyenangkan

  10. Hanan M Hanan M Januari 5, 2020

    Gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit ini memang mengganggu banget ya, gak cuma menyerang anak, kadang kita yang sudah dewasapun juga sering kena gangguan pencernaan. Apalagi pas lagi liburan dan terserang gangguan pencernaan, waduh pasti bakal di kamar aja gak bisa kemana-mana. hehe

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Januari 5, 2020

      Bener banget. Gangguan pencernaan bisa datang kapan saja.

  11. Dedew Dedew Januari 5, 2020

    Betul banget, kalau liburan kita rentan sakit pencernaan karena makan kurang teratur, kadang kurang bersih juga ya atau terlalu berbumbu

  12. Istiana Sutanti Istiana Sutanti Januari 6, 2020

    Nah, iya nih, kalau mengajak anak2 jalan memang ini jadi salah satu hal yang dikhawatirkan. Jadi emang perlu banget sedia p3k selama perjalanan 🙂

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Januari 6, 2020

      Bener banget mbak. Persiapkan segala keperluan agar liburan jadi menyenangkan.

Tinggalkan Balasan