Press "Enter" to skip to content

#DANONEOPENDOORS: BERKUNJUNG KE PABRIK DANONE-AQUA SOLOK, SUMATRA BARAT

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Jum’at tanggal 1 November, Ibadah Mimpi diundang oleh DANONE-AQUA untuk memperingati 100 tahun berdirinya DANONE GLOBAL ke PT Tirta Investama (AQUA), Batang Barus, Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat. Suatu kehormatan bisa menyaksikan secara langsung pabrik AQUA yang udah terkenal di seluruh Indonesia serta melihat proses produksinya. Selain itu senang banget  rasanya bisa bertemu dan berjumpa dengan kawan-kawan blogger lainnya serta kawan-kawan wartawan yang diundang secara eksklusif dengan tajuk #DANONEOPENDOORS.

Pagi terlihat begitu cerah saat kami sampai di pabrik AQUA. Tiga jam perjalanan darat menggunakan motor dari Payakumbuh menuju pabrik Aqua sepertinya tak begitu terasa berat. Jalanan cukup sepi tapi beberapa polisi berdiri di beberapa titik perbatasan kota, katanya ada razia zebra. Untunglah kami bisa berkendara dengan mulus tanpa diberhentikan. Sepertinya semesta merestui kami untuk beraktivitas hari itu.

Memasuki gerbang pabrik, kami disuguhkan dengan suasana yang asri dan tenang. Tak ada suara gemuruh mesin-mesin pabrik seperti bayangan kami akan sebuah pabrik. Pohon-pohon rindang tertata rapi sedemikian rupa dari gerbang menuju pusat pabrik. Rasanya tak seperti berada di sebuah pabrik.

Kegiatan pagi itu dimulai dengan pengenalan tentang DANONE-AQUA. Pihak pabrik memaparkan berbagai pengetahuan tentang DANONE yang belum pernah kami ketahui sebelumnya. Mulai dari berbagai program, kegiatan pabrik serta berbagai kegiatan sosial lingkungan yang diswadayai oleh DANONE sebagai inisiatifnya dalam upaya berkontribusi meningkatkan kesehatan masyarakat dan lingkungan sebagai wujud komitmen One Planet, One Health.

Berbagai penjelasan yang dipaparkan tentu tak begitu saja melepaskan dahaga penasaran kami. Akhirnya pihak pabrikpun menyelenggaran factory visit untuk melihat secara langsung proses pembuatan air mineral yang sudah terkenal sampai ke seluruh penjuru nusantara ini. Apapun minuman kemasannya, semua orang pasti bakalan nyebut AQUA. Sebuah nama yang melegenda tak ada tandingnya. AQUA telah merajai dunia air kemasan di Indonesia. Salut!

Briefing singkat tak lupa dilakukan agar tidak terjadi kesalahan serta kecelakan nantinya di dalam pabrik. Kawan-kawan blogger dan wartawan yang berjumlah 30 orang dibagi menjadi tiga kelompok agar suasana di dalam pabrik bisa lebih kondusif dan tentunya agar berbagai penjelasan mengenai seluk beluk proses produksi bisa lebih mudah untuk dipaparkan secara langsung.

Suasana di dalam pabriknya ternyata sangat sepi. Hanya ada beberapa orang disini yang mengatur proses produksinya. Hampir keseluruhan proses dilakukan oleh mesin canggih yang higienis dan dengan berbagai proses ketat untuk melahirkan air kemasan yang layak bagi masyarakat. Semua prosesnya terlihat mengagumkan. Sebagai merek air minum dalam kemasan terkemuka di Indonesia serta salah satu penghasil air minum terbesar di dunia, AQUA melakukan semua langkah yang diperlukan untuk memenuhi berbagai peraturan nasional maupun standar internasional untuk kualitas dan keamanan air mineral dalam setiap tahapan produksinya.

Semua pabrik AQUA telah disertifikasi untuk Good Manufacturing Process (GMP), Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP), dan semua standar ISO yang diperlukan. Setiap pabrik AQUA juga telah menerima sertifikasi ISO 22000 untuk keamanan pangan dan menjadi perusahaan air minum dalam kemasan pertama di Indonesia yang menerima sertifikat tersebut.

Salah satu proses produksi ketat dimana air kemasan yang tidak sesuai standar langsung direject oleh mesin.

Produksi pabrik AQUA di Solok meliputi AQUA kemasan gallon, kemasan botol 1500 ml dan kemasan botol 600 ml dengan memanfaatkan air dari sumber air terpilih yang berada di Jorong Kayu Aro, Kanagarian Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Hasil produksi ini selanjutnya akan didistribusikan ke Sumatera Barat, Riau, dan Jambi. 

Perjalanan ke pabrik AQUA Solok sangat menyenangkan. Berbagai pengetahuan baru kami dapatkan seputar air mineral berkualitas yang satu ini. Tak salah rasanya dengan proses produksi yang sedemikian rupa menjadikan AQUA sebagai air kemasan terbaik di Indonesia.

Saat ini DANONE GLOBAL telah memasuki umur yang ke 100 tahun. Selama berdirinya, DANONE sudah banyak memberikan andil dalam perkembangan dunia mulai dari lingkungan sampai kesehatan. Semoga ke depannya makin memberikan dampak positif kepada dunia.

Selamat ulang tahun yang ke-100 DANONE GLOBAL!

 

18 Comments

  1. Ubay Ubay November 6, 2019

    Luar biasa Danone ini sudah 100ntahun aja dan asiknya bisa kenal lebihbdekat dengan salah satu perusahaannya yaitu Aqua

    • ibadahmimpi ibadahmimpi November 7, 2019

      Bener banget bang. Ternyata ada banyak banget program lingkungannya ya

  2. Terry Selvy Terry Selvy November 7, 2019

    Wuah. Ada foto diriku di atas sana.. 😍😳😊
    Btw, ini momen first time ketemu Abng Ibadah Mimpi, dan ternyata abang-bukan adik. Okay. Haha. Terima kasih, AQUA sudah mempertemukan kami dan beberapa teman-teman baru lainnya. And, Happy 100th Danone!

  3. Aul Howler Aul Howler November 7, 2019

    Seru baaangeeeett!
    Menyenangkan banget jugaa bisa belajar dan melihat langsung gimana Aqua diproduksi bersama teman-teman blogger lainnya

    Finally kita ketemu yaaa setelah beberapa lama komen-komenan doang di blog hihihi

    Btw aku sama Terry itu nampang di situ semoga jadi populer ya
    Hihihihihi

    • ibadahmimpi ibadahmimpi November 7, 2019

      iya banget seru bangetsss…
      Bisa mengenal lebih dekat dengan AQUA plus ketemu teman-teman keren

  4. Uni Rere Reza Uni Rere Reza November 7, 2019

    Gimana kalau kita ulang ke sana Bang? HAHAHA Sekadar piknik di halaman mereka aja udah. HAHAH

  5. Hastira Hastira November 8, 2019

    asyiknya bisa berkunjung ke sana

  6. imyonie imyonie November 8, 2019

    Maap out of the box pertanyaanny, knp ibadah mimpi namany, redha?

    • ibadahmimpi ibadahmimpi November 10, 2019

      Nahh good question… Jadi ibadah mimpi itu…

  7. Movierall Official Movierall Official November 9, 2019

    Seru banget ya bisa berkunjung kesana, semoga makin banyak teman2 yang bisa berkunjung kesana juga.

Leave a Reply