Press "Enter" to skip to content

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA INDONESIA

SEJARAH AWAL

Pada hari ini, tepatnya tanggal 28 Oktober 1928, menjadi titik balik dan tonggak utama pergerakan kemerdekaan Indonesia. Kongres Pemuda Kedua yang berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia (sekarang Jakarta) telah melahirkan ikrar suci peledak semangat kemerdekaan bangsa, Sumpah Pemuda. Keputusan ini menegaskan cita-cita akan tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia. Keputusan ini juga menjadi asas bagi setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia dan agar disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan pada saat ini.

Sumpah Pemuda melahirkan tiga butir kata-kata penuh perjuangan yang membakar semangat keinginan untuk merdeka dan terlepas dari belenggu penjajahan. Ditulis menggunakan ejaan van Ophuysen dengan kalimat sebagai berikut:

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Museum Sumpah Pemuda (photo via wikipedia.org/NaidNdeso)

Momen Sumpah Pemuda inilah yang menginisiasi munculnya berbagai organisasi-organisasi kemerdekaan pada masa awal-awal perjuangan. Para pemuda mulai menyadari akan tujuan bersama dan mengurangi perpecahan karena perbedaan suku bangsa dan agama. Hari Sumpah Pemuda baru ditetapkan Sejak tanggal 28 Oktober 1959 melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda.

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA

Teruntuk seluruh masyarakat Indonesia. Semoga di Hari Sumpah Pemuda ini kita bisa lebih meningkatkan rasa kecintaan terhadap bangsa dan negara, mengurangi perpecahan ras, agama, suku dan budaya, serta menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika untuk kemajuan bersama.

Salam penuh cinta dari kami.


Hai, karena kamu udah disini…

..Kami punya beberapa permintaan. Beberapa orang mungkin telah membaca ibadahmimpi.com. Seperti yang kamu ketahui, melakukan perjalanan itu membutuhkan banyak waktu, uang dan usaha untuk menghasilkan sebuah karya. Kami melakukannya karena kami percaya bahwa sudut pandang kami sangat berguna bagi dunia – karena itu mungkin saja bakal menjadi sudut pandang kamu dalam memandang dunia juga.

Jika kamu suka dengan ibadahmimpi.com, mari luangkan waktu buat mendukung blog ini untuk terus berkarya dan memberikan dampak positif kepada dunia. Bantuan kecil yang kamu berikan misalnya dengan subscribe blog ini atau memberikan bantuan dana berapapun yang kamu mau akan sangat berarti buat kami – dan itu gak butuh waktu yang banyak. 

Salam! semoga kita bersua dan berbagi cerita!

Support ibadahmimpi.com for a better future.

 

2 Comments

  1. Hastira Hastira November 3, 2019

    semoga terus menulis

Leave a Reply