Press "Enter" to skip to content

MENIKMATI INDAHNYA INDONESIA DI PANTAI KELINGKING NUSA PENIDA, BALI

Bali selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi jiwa-jiwa yang ingin melepaskan kemelut rasa. Pesonanya begitu luar biasa dan menjadi anak emas pariwisata Indonesia. Ada berbagai hal indah yang ditawarkan disana, mulai dari budayanya yang mempesona, penduduknya yang ramah, pemandangan alamnya yang memukau hingga monyet-monyetnya yang doyan selfie. Tak salah juga rasanya sebanyak 6.127.437 orang dari berbagai negara memasuki Bali di tahun 2018 untuk sekedar menikmati indahnya pesona dan kemisteriusan Bali. Angka yang cukup besar untuk pulau kecil seukuran Bali.

Kamipun begitu, mengikuti jejak-jejak orang asing untuk mengasingkan diri ke Bali. Kemelut ibu kota dan rasa bersalah yang teramat besar karena belum juga tergerak untuk menyelesaikan skripsi padahal status di kampus sudah menjadi mahasiswa tingkat abadi membuat kepala dijejaki beban psikis yang teramat sangat. Stres hampir menjadi kawan setia yang setiap saat bisa saja menawarkan rasa depresi. Semua bisa saja terjadi. Dengan berbagai pertimbangan kamipun mengarahkan perjalanan menuju Bali, tempatnya semua masalah di bawa pergi bersama ombak-ombak pantainya yang menenangkan.

Dengan harapan semoga pikiran kembali menjadi segar, pantai menjadi tujuan utama kami kali ini dan Pantai Kelingking adalah sebuah pesona yang akan disambangi. Kami memilih untuk keluar dari daratan utama Pulau Bali menuju Pulau Nusa Penida, sebuah pulau dengan alam yang sangat mengagumkan dan jauh dari kebisingan. Mungkin itulah yang kami butuhkan.

Beberapa waktu belakangan, pantai ini semakin diminati kalangan instagrammer. Sudah banyak para petualang yang menghiasi beranda instagram mereka dengan berlatar Pantai Kelingking. Dan coba tebak, pantai ini menjadi viral. Sudah dapat dipastikan, Pantai Kelingking yang tersembunyi akan menjadi sebuah lautan manusia yang tak terkendali. Tapi kami cukup beruntung, cuma ada beberapa orang disini. Entah kami yang bepergian di awal minggu atau memang lagi sepi-sepinya. Pantai Kelingking memberikan kami pengalaman kesunyian yang tak terlupakan untuk menenangkan diri. Sebenarnya pantai yang berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida ini sebenarnya bernama Pantai Karang Dawa oleh masyarakat setempat.

Pesona pantai Kelingking atau pantai Karang Dawa ini sangat memukau dengan pemandangan bukit dan tebing yang menjorok ke laut yang ditumbuhi rumput dan pepohonan perdu berwarna hijau serasi dengan pemandangan laut biru. Di sekitarnya tebing-tebing curam seolah menjadi benteng alami yang membuatnya terkesan tersembunyi. Kehadiran pulau kecil berupa sebuah bukit menambah keeksotisan dan kemisteriusan tempat ini.

Kami terpesona dengan gugusan tebing-tebing karang yang menjulang megah, air lautnya yang berwarna biru, serta pasir pantainya yang sangat memukau mata. Tak ada satu kata yang keluar dari mulut kami selain pandangan yang begitu tenang seakan tak ada yang lebih tenang lagi. Tak salah rasanya CNN Travel menobatkan pantai ini sebagai urutan ke-9 pantai paling cantik di Asia. Sebuah tempat yang sempurna untuk sekedar menepi menenangkan diri.

Tapi kenyataannya Pantai Kelingking cukup sulit dijangkau dan berada di dasar jurang. Kami harus menuruni tebing terjal dengan kemiringan sekitar 70-80 derajat dan hanya berpegangan pada pagar kayu seadanya untuk dapat menginjakkan kaki di pasir-pasir halusnya. Namun itu tak masalah bagi kami yang sudah membulatkan tekad jauh-jauh dari ibu kota untuk menepi menikmati keindahan Indonesia disini. Bukankah untuk mendapatkan dan menikmati keindahan itu memang butuh pengorbanan dan perjuangan?


Have a nice day!
Stay tuned for more of our adventures.
Happy travel and leave no trash!


Dukung kami untuk terus berkarya dengan share cerita ini ke media sosial kamu ya.
Dan jangan lupa follow kami di Twitter @baratdaya_, Instagram @ibadahmimpi / @redhaandikaahdi / @baratdaya_ & Facebook biar kamu gak ketinggalan cerita perjalanan unik bersama kami.


Hai, karena kamu udah disini…

..Kami punya beberapa permintaan. Beberapa orang mungkin telah membaca ibadahmimpi.com. Seperti yang kamu ketahui, melakukan perjalanan itu membutuhkan banyak waktu, uang dan usaha untuk menghasilkan sebuah karya. Kami melakukannya karena kami percaya bahwa sudut pandang kami sangat berguna bagi dunia – karena itu mungkin saja bakal menjadi sudut pandang kamu dalam memandang dunia juga.

Jika kamu suka dengan ibadahmimpi.com, mari luangkan waktu buat mendukung blog ini untuk terus berkarya dan memberikan dampak positif kepada dunia. Bantuan kecil yang kamu berikan misalnya dengan subscribe blog ini atau memberikan bantuan dana berapapun yang kamu mau akan sangat berarti buat kami – dan itu gak butuh waktu yang banyak. Salam semoga kita bersua dan berbagi cerita!

Support ibadahmimpi.com

 

16 Comments

  1. Catcilku Catcilku September 29, 2019

    Beruntung bisa menikmati sepi di pantai yang indah. Serasa milik pribadi 😁. Baru tau kalau letaknya di dasar jurang. Moga suatu hari bisa ke sana

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 30, 2019

      kami sangat beruntung… Semoga suatu saat bisa terealisasikan ya dan kami tunggu cerita perjalanannya…

  2. Bang Dzul Bang Dzul October 3, 2019

    wah gila, fotonya keren-keren

  3. Dejay Dejay October 3, 2019

    hmm makin penasaran dtg kesitu

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 3, 2019

      Semoga rasa penasarannya segera terjawab ya..

  4. Annafi Annafi October 6, 2019

    Sampai saat ini belum pernah menginjakkan kaki di tanah Bali. Setiap buka sosmed pasti ada foto keindahan Bali. Doain saya biar bisa mampir ke pantai kelingking ini yaa 😄 salam kenal!

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 7, 2019

      wahh aminnn semoga segera terwujud ya…

      Semoga dapat segera melihat keindahan Bali secara langsung

  5. Fanny Fristhika Nila Fanny Fristhika Nila October 13, 2019

    kenapa namanya kelingking yaaa. krn aku lbh melihatnya kayak kepala T-rex daripada kelingking :D.

    walo setahun sekali aku pasti balik ke bali, tp jujurnya blm pernah ke tempat ini. waktunya selalu mepet pas ke bali. padahal pengen sih, apalagi pantainya msh bersih dan kliatannya ga terlalu rame. aku kurang suka pantai yg udh kelewat crowded

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 13, 2019

      nah itulah, kenapa namanya kelingking ya? wkwkwk

      Kami juga mengimajinasikan batu itu sebagai T-rex…

  6. Heniajaa Heniajaa October 15, 2019

    Bali memang menawarkan surga bagi para pendatang… Ga cukup waktu kalo cuma sebentar buat eksplore semuanya.. Semoga bisa kesana lagi… Keren” semua fotonya

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 15, 2019

      Bener banget mbak. Mesti nyediain beberapa hari buat eksplor nih.

Leave a Reply