Press "Enter" to skip to content

MENIKMATI INDAHNYA INDONESIA DI PANTAI KELINGKING NUSA PENIDA, BALI

Bali selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi jiwa-jiwa yang ingin melepaskan kemelut rasa. Pesonanya begitu luar biasa dan menjadi anak emas pariwisata Indonesia. Ada berbagai hal indah yang ditawarkan disana, mulai dari budayanya yang mempesona, penduduknya yang ramah, pemandangan alamnya yang memukau hingga monyet-monyetnya yang doyan selfie. Tak salah juga rasanya sebanyak 6.127.437 orang dari berbagai negara memasuki Bali di tahun 2018 untuk sekedar menikmati indahnya pesona dan kemisteriusan Bali. Angka yang cukup besar untuk pulau kecil seukuran Bali.

Kamipun begitu, mengikuti jejak-jejak orang asing untuk mengasingkan diri ke Bali. Kemelut ibu kota dan rasa bersalah yang teramat besar karena belum juga tergerak untuk menyelesaikan skripsi padahal status di kampus sudah menjadi mahasiswa tingkat abadi membuat kepala dijejaki beban psikis yang teramat sangat. Stres hampir menjadi kawan setia yang setiap saat bisa saja menawarkan rasa depresi. Semua bisa saja terjadi. Dengan berbagai pertimbangan kamipun mengarahkan perjalanan menuju Bali, tempatnya semua masalah di bawa pergi bersama ombak-ombak pantainya yang menenangkan.

Dengan harapan semoga pikiran kembali menjadi segar, pantai menjadi tujuan utama kami kali ini dan Pantai Kelingking adalah sebuah pesona yang akan disambangi. Kami memilih untuk keluar dari daratan utama Pulau Bali menuju Pulau Nusa Penida, sebuah pulau dengan alam yang sangat mengagumkan dan jauh dari kebisingan. Mungkin itulah yang kami butuhkan.

Beberapa waktu belakangan, pantai ini semakin diminati kalangan instagrammer. Sudah banyak para petualang yang menghiasi beranda instagram mereka dengan berlatar Pantai Kelingking. Dan coba tebak, pantai ini menjadi viral. Sudah dapat dipastikan, Pantai Kelingking yang tersembunyi akan menjadi sebuah lautan manusia yang tak terkendali. Tapi kami cukup beruntung, cuma ada beberapa orang disini. Entah kami yang bepergian di awal minggu atau memang lagi sepi-sepinya. Pantai Kelingking memberikan kami pengalaman kesunyian yang tak terlupakan untuk menenangkan diri. Sebenarnya pantai yang berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida ini sebenarnya bernama Pantai Karang Dawa oleh masyarakat setempat.

Pesona pantai Kelingking atau pantai Karang Dawa ini sangat memukau dengan pemandangan bukit dan tebing yang menjorok ke laut yang ditumbuhi rumput dan pepohonan perdu berwarna hijau serasi dengan pemandangan laut biru. Di sekitarnya tebing-tebing curam seolah menjadi benteng alami yang membuatnya terkesan tersembunyi. Kehadiran pulau kecil berupa sebuah bukit menambah keeksotisan dan kemisteriusan tempat ini.

Kami terpesona dengan gugusan tebing-tebing karang yang menjulang megah, air lautnya yang berwarna biru, serta pasir pantainya yang sangat memukau mata. Tak ada satu kata yang keluar dari mulut kami selain pandangan yang begitu tenang seakan tak ada yang lebih tenang lagi. Tak salah rasanya CNN Travel menobatkan pantai ini sebagai urutan ke-9 pantai paling cantik di Asia. Sebuah tempat yang sempurna untuk sekedar menepi menenangkan diri.

Tapi kenyataannya Pantai Kelingking cukup sulit dijangkau dan berada di dasar jurang. Kami harus menuruni tebing terjal dengan kemiringan sekitar 70-80 derajat dan hanya berpegangan pada pagar kayu seadanya untuk dapat menginjakkan kaki di pasir-pasir halusnya. Namun itu tak masalah bagi kami yang sudah membulatkan tekad jauh-jauh dari ibu kota untuk menepi menikmati keindahan Indonesia disini. Bukankah untuk mendapatkan dan menikmati keindahan itu memang butuh pengorbanan dan perjuangan?


Have a nice day!
Stay tuned for more of our adventures.
Happy travel and leave no trash!


Hai, karena kamu udah disini…

..Kami punya beberapa permintaan. Beberapa orang mungkin telah membaca ibadahmimpi.com. Seperti yang kamu ketahui, melakukan perjalanan itu membutuhkan banyak waktu, uang dan usaha untuk menghasilkan sebuah karya. Kami melakukannya karena kami percaya bahwa sudut pandang kami sangat berguna bagi dunia – karena itu mungkin saja bakal menjadi sudut pandang kamu dalam memandang dunia juga.

Jika kamu suka dengan ibadahmimpi.com, mari luangkan waktu buat mendukung blog ini untuk terus berkarya dan memberikan dampak positif kepada dunia. Bantuan kecil yang kamu berikan misalnya dengan subscribe blog ini atau memberikan bantuan dana berapapun yang kamu mau akan sangat berarti buat kami – dan itu gak butuh waktu yang banyak. Salam semoga kita bersua dan berbagi cerita!

Support ibadahmimpi.com

 

48 Comments

  1. Catcilku Catcilku September 29, 2019

    Beruntung bisa menikmati sepi di pantai yang indah. Serasa milik pribadi 😁. Baru tau kalau letaknya di dasar jurang. Moga suatu hari bisa ke sana

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 30, 2019

      kami sangat beruntung… Semoga suatu saat bisa terealisasikan ya dan kami tunggu cerita perjalanannya…

  2. Bang Dzul Bang Dzul October 3, 2019

    wah gila, fotonya keren-keren

  3. Dejay Dejay October 3, 2019

    hmm makin penasaran dtg kesitu

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 3, 2019

      Semoga rasa penasarannya segera terjawab ya..

  4. Annafi Annafi October 6, 2019

    Sampai saat ini belum pernah menginjakkan kaki di tanah Bali. Setiap buka sosmed pasti ada foto keindahan Bali. Doain saya biar bisa mampir ke pantai kelingking ini yaa 😄 salam kenal!

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 7, 2019

      wahh aminnn semoga segera terwujud ya…

      Semoga dapat segera melihat keindahan Bali secara langsung

  5. Fanny Fristhika Nila Fanny Fristhika Nila October 13, 2019

    kenapa namanya kelingking yaaa. krn aku lbh melihatnya kayak kepala T-rex daripada kelingking :D.

    walo setahun sekali aku pasti balik ke bali, tp jujurnya blm pernah ke tempat ini. waktunya selalu mepet pas ke bali. padahal pengen sih, apalagi pantainya msh bersih dan kliatannya ga terlalu rame. aku kurang suka pantai yg udh kelewat crowded

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 13, 2019

      nah itulah, kenapa namanya kelingking ya? wkwkwk

      Kami juga mengimajinasikan batu itu sebagai T-rex…

  6. Heniajaa Heniajaa October 15, 2019

    Bali memang menawarkan surga bagi para pendatang… Ga cukup waktu kalo cuma sebentar buat eksplore semuanya.. Semoga bisa kesana lagi… Keren” semua fotonya

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 15, 2019

      Bener banget mbak. Mesti nyediain beberapa hari buat eksplor nih.

  7. Wahyu Rizky Wahyu Rizky October 22, 2019

    Ingin ku touring ke Bali pakai Sepeda Motor 🙂 Insya Allah terwujud

  8. Rudi Hartoyo Travel Blogger Rudi Hartoyo Travel Blogger October 22, 2019

    aduhhh,,, semakin bergejolak untuk jalan-jalan lagi apalagi ke Bali ini, semoga bisa kesampaian dahh,,,
    cakep pantainya euyyy

  9. Isma Maulida Isma Maulida October 24, 2019

    Beberapa kali ke bali tapi belum pernah kesini. Sebenernya sekarang pikir-pikir lagi kalau ke bali karna sudah terlalu crowded tapi sepertinya pulau kelingking ini menarik dan gak se crowded seperti di kuta atau jimbaran.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 25, 2019

      Nusa Penida bisa menjadi alternatif lainnya kalau berwisata ke Bali. Disana ada banyak keindahan alam yang bisa dieksplor mbak.

  10. nur rochma nur rochma October 25, 2019

    Lautnya luar biasa cantik. Deretan tebing karang ini membuat pantai Keliingking terlihat tersembunyi dan misterius. Buatku cukup ngeri kalau untuk mencapai pantai indah ini kudu menuruni tebing curam. Aku orangnya penakut.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 26, 2019

      Lansekap alamnya begitu memukau mbak. Haha menuruni tebingnya emang rada-rada ngeri mbak.

  11. Nurul Sufitri Nurul Sufitri October 26, 2019

    Wah, baru tau aku ada Pantai Kelingking yang cantik begini 🙂 Indahnya pake bangeeed tapi susah ya menuju ke sana. Berada di dasar jurang gitu. Salut deh buat pelancong yang ebrani berkunjung ke sana.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 26, 2019

      Hihihi iya mbak. Tapi sekarang pantai ini udah banyak diekspos di instagram jadi udah banyak yang pada tahu sekarang.

  12. ariefpokto ariefpokto October 27, 2019

    Fotonya juara Dunia. Makin membuktikan kalau Pantai Kelingking ini Instagramable banget. Yg motret Uda Dendy ya? Kebayang ga sih masih banyak daerah wisata yang belum terkespos seperti disini ?

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 27, 2019

      Menurut kami, para konten kreator bertema liburan sangat dibutuhkan untuk mengekspos wisata tersembunyi Indonesia mas.

  13. hani hani October 27, 2019

    Ada jalan yang mudah ga untuk sampai ke Pantai Kelingking. Duuuh…serius warna air lautnya kehijauan gitu ya. Tapi ombaknya besar. Aman ga untuk berenang di sana?

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 27, 2019

      Sepengetahuan kami jalannya memang cuma ada satu aja mbak. Beberapa orang ada yang berenang tapi kebanyakan bule-bule disini. Hihi

  14. Nisya Rifiani Nisya Rifiani October 28, 2019

    Wah salut sama kalian, meski medan terjal tetap saja dijajal, enggan meninggalkan kenyamanan… saya belum pernah ke pantai ini, semoga saja di masa mendatang bisa datang bertandang…

  15. istianasutanti istianasutanti October 29, 2019

    Ngeliat pantai dengan tebing begini jadi inget drakor Descendants of the Sun jadinya, ahaha..

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 29, 2019

      hihi.. Boleh juga nih main ke pantai ini sambil dengerin OSTnya Descendants of The Sun mbak. Biar tambah ngefeel…

  16. Matius Teguh Nugroho Matius Teguh Nugroho October 29, 2019

    Oh, jadi nama aslinya Pantai Karang Dawa.

    Haha, buat orang-orang kayak kita, skripsi memang jadi prahara. Karena nggak ada yang ngejar-ngejar, nggak ada yang mematok deadline, harus kita sendiri yang menetapkan target. Semangat, bro!

  17. Monda Monda October 30, 2019

    nah… ada jalan yang lebih landai nggak ya buat datang ke sini…
    dari atas tebing aja udah segitu cantiknya…
    tapi justru karena jalannya susah itu yang menjadikannya tetap cantik, nggak banyak orang yang bersedia ke sini, biarlah seperti ini saja

  18. Lina W. Sasmita Lina W. Sasmita October 31, 2019

    Ya ampuun takjub dan langsung terpesona. Bali memang benar-benar cantik ya. Duh aku kelewat terus tiap mampir ke Bali belum ke sini.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 31, 2019

      Hhaha bener banget mbak.
      Semoga di kesempatan berikutnya bisa mampir kesini.

  19. dgoreinnamah dgoreinnamah October 31, 2019

    Sudah pernah ke sini dan langsung malas lihatbrutebturunnya. Alhasil hanya mengabadikan moment daribatas saja, sambil melihat pengunjung lain yang berjuang untuk turun dan naik tebingnya

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 31, 2019

      Mungkin di lain kesempatan bisa menyempatkan diri untuk turun

  20. septiakhoirunnisa septiakhoirunnisa October 31, 2019

    Pantai kelingking bikin jatuh hati karena bisa dikatakan sering muncul di akun Instagram milik teman. Entah kenapa pantai ini juga manarik perhatianku dan bikin jatuh hati pengen biss main ke sana juga. Semoga deh someday.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi November 2, 2019

      Benar banget. Pantai Kelingking cukup banyak menghiasi berbagai feed instagram. Tempatnya memang indah banget mbak.

      Semoga dapat segera kesana.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi November 2, 2019

      Semoga kesempatannya dapat segera terwujud. Salam!

  21. untari travel notes untari travel notes November 7, 2019

    emang bagus banget pantainya dari pasir sampai airnya itu loh, orang luar negeri banyak yang udah kesana eh aku malah belum

    • ibadahmimpi ibadahmimpi November 8, 2019

      Iya mbak. Menjadi salah satu destinasi favorit Bule lho.
      Wah sayang banget, ayo kesini…

Leave a Reply