Press "Enter" to skip to content

SUMBA: SEBUAH PESONA & IMPIAN DI INDAHNYA INDONESIA

Jika ada yang bertanya tempat mana yang jadi impian kami di Indonesia, jawabannya adalah Sumba. Sebuah daratan yang begitu misterius. Terkadang gersang, panas dan gerah. Sesekali hijau, rindang dan menyejukkan.  Apapun itu Sumba muncul sebagai yang paling dirindukan. Pulau yang berada di Nusa Tenggara timur, sebelat barat daya Flores ini begitu misterius bagi kami. Rasanya ada daya tarik tak kasat mata yang membawa pikiran kami selalu mengawang kesana. Ada kerinduan yang begitu besar pada Sumba.

Beberapa kali menyambangi Sumba tak lantas begitu saja melepas dahaga rasa penasaran kami. Sumba begitu liar untuk cepat dituntaskan. Desa-desa tradisionalnya yang masih menyimpan sejarah panjang adat dan budaya yang masih dipertahankan hingga saat ini, pantainya yang menawan dan bersih, air terjun yang tersembunyi di balik bukit-bukitnya hingga pemandangan alam yang tak pernah terbayangkan sebelumnya semuanya ada di Sumba.

photo by ibadahmimpi.com
Kampung Adat Ratenggaro, sebuah sejarah panjang tertinggal disini.
photo by ibadahmimpi.com
Air Terjun Tanggedu, tempat dimana rindu tertambat.
photo by ibadahmimpi.com
Bukit Wairinding, pesona yang tak lekang oleh masa.

Masih banyak rahasia yang perlu dituntaskan dan Sumba masih menjadi halaman pertama di daftar dreamlist kami yang masih belum sanggup untuk dicoret. Tentu saja, berbicara soal melakukan perjalanan ke tempat impian akan selalu ada persiapan yang harus dilakukan. Bahkan yang paling spontan sekalipun tetap butuh persiapan.

Begitu juga dengan kami, sebelum melakukan sebuah perjalanan, ada beberapa hal yang harus kami perhatikan dan persiapkan untuk menghadapi segala kemungkinan yang mungkin saja bisa terjadi selama perjalanan.

Menabung

Tak dapat dipungkiri bahwa ungkapan “segalanya butuh uang” cukup membuat kami bergidik. Secara kenyataannya, kalimat sederhana itu memang ampuh dan dipakai oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai sendi kehidupan semuanya tak terlepas dari yang namanya uang, dan uang ada dimana-mana. Di bandara untuk membeli tiket pesawat, di terminal untuk membeli tiket bus, di pangkalan untuk membayar ojek, di restoran untuk membeli makan, bahkan di semua tempat ada uang.

Berlatar realita kehidupan yang demikian, kami harus menabung untuk mengumpulkan sejumlah nominal agar perjalanan kami dapat terealisasikan dan menjadi kenyataan. Untuk membeli tiket pesawat, bus, ojek, angkot, makan, minum, tidur dan segala penopang kehidupan. Segalanya butuh uang. Tapi, kami suka dengan kalimat setelahnya, “segalanya butuh uang, tapi uang bukan segalanya.”

Cari Promo Tiket Perjalanan

Baiklah, sebagai mahasiswa yang masih harus berjuang mendapatkan gelar pendidikan, kami tentu harus pintar-pintar untuk mencari promo sebuah tiket untuk perjalanan. Indonesia sebagai negara kepulauan mengharuskan kami untuk selalu update pada transportasi utama yang menghubungkan berbagai kepulauannya, pesawat terbang. Berbagai promo dan potongan harga selalu kami usahakan dan sesuaikan dengan budget yang telah ditabung sebelumnya. Selain pesawat, transportasi unggulan lainnya untuk menghubungkan berbagai pulau yang tersebar dimana-mana adalah kapal. Walaupun promo tiket kapal tak sebanyak pesawat terbang, tapi tetap saja promo adalah promo yang harus diperjuangkan untuk potongan harga yang hemat kantong.

Mempersiapkan Asuransi Perjalanan

Sedikit rahasia kenapa kami bisa santuy menikmati setiap perjalanan yang kami lakukan selama ini adalah karena adanya asuransi perjalanan. Entah kenapa, rasanya lega jika ada yang membackup setiap detik perjalanan yang kami lakukan. Untuk #LiburanBebasCEMAS kami percaya Tokio Marine Indonesia bisa menjadi #NewTravelPartner yang bisa diandalkan sebagai #AsuransiPerjalanan ketika bepergian.

Perlindungan asuransi perjalanan mencakup perlindungan kecelakaan diri, biaya pengobatan dan ketidaknyamanan dalam perjalanan.

Selain berbagai kemudahan yang bakalan di dapatkan, disini juga terdapat berbagai paket #NewTravelPartner yang bakalan cocok dalam berbagai kondisi dan tujuan.

Untuk liburan hemat dan #BebasCEMAS alangkah baiknya follow @tmipartner di Instagram karena ada banyak banget informasi yang kamu butuhkan sebelum melakukan sebuah perjalanan.

 

Kemanapun kaki akan melangkah, sebuah persiapan menjadi hal utama yang harus diperhatikan agar sebuah perjalanan bisa menjadi lebih bisa dinikmati dan yang pastinya lebih bermakna.


#LiburanBebasCEMAS, #NewTravelPartner, #TokioMarineIndonesia #AsuransiPerjalanan

44 Comments

  1. Hastira Hastira September 17, 2019

    rumah adatnay keren ih, aku suak penasaran dg daerah di timur sana

  2. Conk Khalis Conk Khalis September 17, 2019

    Wuihhh… Keren ini mah, mantul Mas Redha. Jadi kepengen jalan-jalan juga bareng istri 😀

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 17, 2019

      haha iyaa mas. Ditunggu cerita perjalanannya sama istri

  3. Sintia Astarina Sintia Astarina September 18, 2019

    Air Terjun Tanggedu-nya keren parah! Duh, ini bikin aku pengin banget ke Sumba. 😀

  4. adi pradana adi pradana September 18, 2019

    Jauh dari kata polusi ya disana, alamnya masih alami. pengen kesana….

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 18, 2019

      iyaa mas bro… Masih belum terkontaminasi sama yang namanya polusi berat…

  5. ariefpokto ariefpokto September 21, 2019

    Sumba memang memesona ya. Banyak banget yang bisa dieksplor. Soal asuransi perjalanan Penting bgt karena Kita ga pernah tau masalah apa yang akan ditemui di jalan

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 22, 2019

      bener banget mas.. ada banyak keindahan yang belum terjamah

  6. Charis Fuadi Charis Fuadi September 21, 2019

    pesona sumba memang gak ada matinya, pingin lagi pingin lagi ke sana

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 22, 2019

      bener banget… ada begitu banyak keindahan disana…

  7. Alannobita Alannobita September 21, 2019

    Sumba emang impianku bgt. Saat ini masih proses nabung, destinasinya udah sebagian ditandai di peta hehe.

    Emang asuransi penting bgt, g tau pas diperjalanan ada apa kan ya

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 22, 2019

      heheee semoga segera terwujud yaaa…

      Bener banget, asuransi perjalanan perlu banget karena kita gak tau apa yang bakalan terjadi nanti… Sedia payung sebelum hujan…

  8. Nurul Sufitri Nurul Sufitri September 21, 2019

    Perjalanan yang sangat menyenangkan ya. Memang segala sesuatu itu butuh duit apalagi yang jauh ke Sumba hehehe. Biar hati tenang, bisa juga menyiapkan asuransi buat jaga2 ya, mas.

  9. Dyah Dyah September 21, 2019

    Saya juga pengin ke Sumba. Pengin main ke pantai-pantainya yang katanya cantik banget. Tapi kayaknya kalau ke sana enakan rombongan dan sewa mobil, ya. Biar bisa dapat lebih banyak tujuan.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 22, 2019

      iyaa sih mbak,,, enakan berombongan biar bisa puas nyewa mobil buat muter-muter dan juga biayanya bisa lebih hemat…

  10. Syaiful BS Syaiful BS September 23, 2019

    Salah satu wishlist traveling aku adalah Sumba. Indah banget alamnya dan juga kebudayaanya. Eh baca ini jadi makin-makin deh pengenyaa hehe. Nabung dan cari promo ini kudunyaa hehe

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 24, 2019

      iyaaa alam dan budaya Sumba itu emang unik banget…

      IHihihi… Cari promo prioritas utama…

  11. hani hani September 25, 2019

    Bulan April yl kami baru dari Sumba. Bener banget engga cukup 5 hari u explore Sumba. Pengen ke sana lagi. Selain nabung dan asuransi, karena kami perginya grup, ngatur waktu yg pas juga sulit deh.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 28, 2019

      iyaa mbak. Kalau pergi group kita bakalan pusing ngurus waktunya. hihi

  12. Dedew Dedew September 25, 2019

    Masih cita-cita nih aku ke Sumba, penasaran lihat keelokan alamnya juga budayanya yang unik, paradise pisan ya..

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 28, 2019

      wahh semoga segera terwujud ya… Disini ada banyak banget pemaknaan hidup yang bisa diambil menjadi sebuah kenangan

  13. Matius Teguh Nugroho Matius Teguh Nugroho September 25, 2019

    Aku juga pengen banget ke Sumba, lanskap alamnya itu nggak kayak daerah lain di Indonesia, berasa di New Zealand!
    Setuju, sebagai travel blogger proletar yang sebagian besar biaya traveling masih di-cover sendiri, menabung adalah sebuah proses lama yang tak terhindarkan 😀

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 28, 2019

      haha iya mas. Landskap alamnya itu unik banget dan punya daya tarik tersendiri

  14. Monda Siregar Monda Siregar September 25, 2019

    selalu terngiang bait puisi tentang Sumba… romantisme alamnya yang berbeda dari daerah2 lain di Inddonesia
    masih jadi impian besar buat ke sini…

  15. Jalan-Jalan KeNai Jalan-Jalan KeNai September 25, 2019

    Keindahan alamnya luar biasa. Kayaknya di sana juga nikmat untuk menenangkan diri. Asuransi perjalanan pun menurut saya penting buat berjaga-jaga

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 28, 2019

      iya mbak. Bagi kami disini sebuah tempat yang pas untuk kembali memikirkan tentang hidup ini

  16. Si Klimis Si Klimis September 27, 2019

    Sumpah Sumba ini pesonanya tiada tara, keren banget wisata alam dan budaya nya, semoga akhir tahun ini aku bisa ke Sumba.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 28, 2019

      bener banget. Ada keunikan tersendiri disana.

      Kami doakan semoga tercapai ya…

  17. Dian E. Suryaman Dian E. Suryaman October 7, 2019

    Duh banyak banget ya tempat-tempat indah di Sumba…memang harus nabung dulu nih untuk bisa jelajah Indonesia timur..uang memang bukan segalanya..tapi ya gemana semua keperluan bis aterpenuhi dengan uang..heheh semangat menabung biar bisa traveling kemana-mana..

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 7, 2019

      Bener banget mbak. Sumba menyimpan banyak potensi wisata dunia…

      Mari menabung.. Hihi

  18. Inia poe Inia poe October 13, 2019

    dari kemarin lagi demam sumba efek temen sering storiin perjalanan kece disana

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 14, 2019

      ihihihi… Ayo persiapkan ke Sumba mulai dari sekarang

  19. Chaycya Oktiberto Chaycya Oktiberto October 16, 2019

    Ah Sumba.. Betapa indahnya kamu. Mungkin dulu Tuhan menciptakan tanah Sumba ketika moodnya sedang baik apa yak? Sampai terharu gini saya lihat foto2 keindahannya. Semoga Tuhan berkenan buatku untuk menginjakkan kaki di Sumba.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi October 17, 2019

      Apakah Tuhan menciptakannya sambil tersenyum? Siapa tahu…

      Tapi yang jelas, pesonanya luar biasa indah…

Leave a Reply