Press "Enter" to skip to content

5 TEMPAT WISATA TERBAIK DI PUNCAK UNTUK WEEKEND YANG SINGKAT

Weekend mungkin bisa jadi waktu yang sangat dinanti-nanti oleh warga Jakarta. Menenangkan diri sejenak dari rutinitas pekerjaan siang-malam tentu menjadi salah satu hal yang diimpikan bagi para pekerja di ibu kota. Sejenak melupakan pekerjaan dan menimati hari barang sehari-dua hari bakalan menjadi sesuatu yang sangat berarti. Mencari tempat dengan cuaca yang sejuk dan udara yang dingin serta jauh dari kemelut ibu kota menjadi pilihan utama dan tentu saja, daerah pegunungan adalah tempat yang sangat sempurna.

Kawasan Puncak Bogor yang terletak 70 km dari Jakarta menjadi primadona bagi warga ibu kota untuk menghabiskan weekend dengan sempurna. Berada di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango serta berada pada ketinggian rata-rata 700-1.800 mdpl dengan suhu udaranya yang mencapai 14-18 derajat Celcius menjadikan Kawasan Puncak sebagai tempat yang pas bagi warga Jakarta untuk bersantai sejenak dan menikmati akhir pekan.

Kawasan Puncak menawarkan berbagai tempat dan wahana wisata yang beranekaragam. Untuk itu, ibadahmimpi.com merangkum 5 Tempat Wisata Terbaik di Puncak Untuk Weekend yang Singkat. Ayo simak!

1. Bermain Bersama Rusa di Penangkaran Rusa Giri Jaya

Photo by Einar Storsul on Unsplash
Rusa (Photo by Einar Storsul on Unsplash)

Berdiri pada tahun 1993 di area seluas 5 hektar dulunya tempat ini dikenal dengan nama Penangkaran Rusa Cariu. Disini pengunjung dapat menghabiskan waktu bermain dengan rusa-rusa yang lucu dan menggemaskan. Penangkaran Rusa Giri Jaya berlokasi di Desa Buana Jaya. Tempat wisata yang satu ini adalah tempat berkembangbiaknya berbagai jenis rusa mulai dari Rusa Cheetal, Rusa Jawa dan juga Rusa Bawean. Gak hanya dapat bermain dengan rusa, pengunjung juga bakalan ngerasain sensasi melewati jembatan gantung yang terbentang di atas Sungai Cibeet sebelum mencapai penangkaran rusa.

Selain itu pengunjung juga diperbolehkan untuk memberi makan kepada rusa dengan membeli makanan yang telah disediakan oleh petugas di tempat. Sebuah tempat wisata sederhana yang penuh makna untuk bersantai sejenak dan melepas stres dari pekerjaan.


2. Menyusuri Kanal di Little Venice Puncak

Little Venice Puncak photo via Alvisptsr
Little Venice Puncak (Photo via Alvisptsr)

Sekarang gak perlu lagi jauh-jauh ke Italia buat ngerasain naik rakit menyusuri kanal-kanal yang romantis. Little Venice Puncak hadir sebagai miniatur salah satu tempat paling romantis di dunia, Venice. Little Venice Puncak terletak di Kota Bunga. Layaknya miniatur Venice, semuanya dibuat persis sama mulai dari arsitektur sampai panoramanya. Sebuah tempat yang sempurna untuk merekatkan kembali hubungan dua sejoli yang mulai renggang akibat terlalu lama bekerja di ibu kota.


3. Menunggang Kuda Berkeliling Perkebunan Teh Gunung Mas

Menungguang kuda Photo via nurbaiticha
Menungguang kuda (Photo via nurbaiticha)

Perkebunan teh adalah komoditi yang menbanjiri Kawasan Puncak. Permadani hijau berharga ini menjadi tempat yang paling diminati oleh beberapa kalangan untuk sekedar melepaskan penat dan menikmati hari sambil berfoto-foto. Selain berjalan mengitari kebun teh, pengunjung juga bisa menunggang kuda untuk sekedar menikmati hari sambil menjelajahi kebun teh. Pasti bakalan asyik banget nih menunggang kuda berkeliling kebun teh hijau sejauh mata memandang. Sungguh menyenangkan.


4. Menikmati Suasana Tradisional di Kampung Budaya Sindang Barang

Photo via The Jakarta Post, Pathfestival
Kegiatan (Photo via The Jakarta Post, Pathfestival)

Kampung Budaya Sindang Barang adalah suatu kampung adat Sunda yang terletak di Desa Pasir Eurih Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor. Menurut sejarahnya Kampung Sindang Barang sudah ada sejak abad ke-12 dan terpapar dalam Babad Pajajaran dan tertulis juga dalam pantun Bogor. Kebudayaan Sunda yang masih kental tercermin dalam perilaku kehidupan masyarakatnya sehari-hari terutama direfleksikan dalam pelaksanaan acara Serentaun yang rutin dilaksanakan di Kampung Sindang Barang.

Sebuah tempat yang pas untuk menilik kembali keragaman budaya Indonesia. Selain itu pengunjung juga akan diajak melihat para ibu yang sedang menumbuk padi di lesung, serta memasak menggunakan kayu bakar dan hawu (kompor tradisional Sunda).


5. Berselfie di Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara (Photo via Ulnamira)
Taman Bunga Nusantara (Photo via Ulnamira)

Taman Bunga Nusantara adalah sebuah taman bunga seluas 23 hektar yang terletak di dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor. Di taman ini tumbuh berbagai tipe bunga dan tanaman, terutama anggrek. Diperkirakan ada sekitar 2000 jenis anggrek yang dirawat di tempat ini.

Taman Bunga Nusantara adalah sebuah taman bunga berwarna-warni seperti layaknya di dunia fantasi dalam flm Alice in Wonderland. Disini pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai tema bunga yang terinspirasi dari berbagai tempat di seluruh dunia seperti Prancis, Mediterranean, Jepang, dan tentu saja taman bergaya Bali. Oh iya, disini juga terdapat Secret Labyrinth alias Taman Rahasia. Sebuah tempat yang pas untuk memperkaya galeri selfie buat feed instagrammu nanti.


Kawasan Puncak memang menawarkan berbagai macam tempat wisata yang patut untuk dijelajahi. Weekend di Puncak tentunya gak cukup kalau cuma PP aja dari Jakarta. Kalau udah di Kawasan Puncak, kamu perlu sewa villa puncak yang sesuai dengan kebutuhanmu biar liburan weekendmu yang singkat jadi berkualitas.

Ngomongin soal nyari sewa villa puncak yang bagus dan berkualitas, kamu bisa nyari di www.sewa-villa.com. Disini kamu bisa nyari villa yang sesuai dengan kebutuhanmu lengkap dengan kondisi, sarana, fasilitas, aktivitas yang bisa kamu lakukan, cara menuju lokasi dan yang pastinya harga yang sesuai dengan kantongmu.

Selain itu, kamu juga bisa nyari rumah disewakan dengan berbagai fasilitas yang kamu butuhkan. Di www.sewa-rumah.net kamu bisa nyari rumah apa saja yang kamu inginkan. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah super besar bisa kamu dapatkan. Kamu juga bisa berkomunikasi langsung dengan penyedia rumah dengan menghubungi nomor yang tertera pada setiap info rumah yang tersedia untuk sarana dan prasarana yang kamu butuhkan.

Jadi tunggu apalagi? Mari rencakan perjalanan weekendmu ke Puncak dan kunjungi www.sewa-villa.com untuk cari villa dan rumah yang kamu inginkan. Selamat berkelana!

8 Comments

  1. Hastira Hastira July 29, 2019

    wah yang di sindang barang itu belum pernah, ah coba ke sana

  2. IKHSAN HAFIYUDIN IKHSAN HAFIYUDIN July 29, 2019

    harus dicatat nih untuk liburan berikutnya

    Liburan ke transera waterpark bekasi

  3. nudizak nudizak July 29, 2019

    Wah keren nih buat referensi, saya sendiri juga jarang nih ke tempat yang disebutin semua mas. Oh iya mas kalau mau baca seputar fotografi boleh mampir ke blog saya di gariswarnafoto

    Happy blogging, kawan

    • ibadahmimpi ibadahmimpi July 29, 2019

      wahhh iya mas broo.. Harus dicoba kesemuanya nihh. hihi

  4. Dyah Dyah August 6, 2019

    Dari lima tempat wisata ini, saya cuma pernah ke Sindang Barang dan Taman Bunga. Pengin coba yang Penangkaran Rusa. Kapan-kapan deh, diatur jadwalnya.

Leave a Reply