Press "Enter" to skip to content

BANDUNG RASA EROPA

Apa yang pertama kali terlintas dipikiran kamu jika mendengar nama Bandung? Mungkin yang pertama kalian pikirkan adalah Gedung Sate atau mungkin Siomay? Atau bisa jadi kecantikan wanita Bandung?

Bandung adalah sebuah kota indah yang terletak di provinsi Jawa Barat. Kota Bandung juga merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Barat. Selain terkenal dengan kotanya yang bagus, ternyata Bandung juga punya tempat-tempat wisata alam yang tak kalah mempesona. Salah satunya di daerah Lembang.

Awalnya, kami sering sekali melihat foto-foto di instagram dengan latar pepohonan yang sangat rapi dan ditengahnya ada sebuah jalan lurus. Setelah melakukan riset kecil-kecilan dan tanya sana-sini, ternyata di Bandung ada sebuah spot foto yang seperti itu. Ada sebuah jalan lurus dan disampingnya berjejer pohon-pohon yang tertata dengan rapi dan indah. Karena posisi kami saat itu ada di Jakarta, kami kira Bandung tidak terlalu jauh. Kami memutuskan untuk langsung berangkat ke Bandung dengan menggunakan transportasi favorit kami, sepeda motor. Alasannya sederhana, kami memang senang bepergian dengan sepeda motor. Selain karena lebih hemat, perjalanan dengan sepeda motor juga lebih terasa perjuangannya.

Dari Jakarta menuju Bandung membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam dengan sepeda motor. Sesampainya di Bandung, kami beristirahat dan memutuskan untuk pergi ke Lembang besok pagi. Spot yang kami maksud adalah Balitsa yang ada di daerah Lembang, Bandung. Malam di Bandung kami habiskan untuk beristirahat dan mengumpulkan energi untuk perjalanan besok pagi.

Tepat pukul 6 pagi, kami bersama kawan baik berangkat menuju Lembang. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Bandung, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Sesampainya di Lembang, kami langsung menuju Balitsa. Ternyata Balitsa itu ada kepanjangannya, yaitu Balai Penelitian Tanaman Sayur. Jadi tempat ini adalah sebuah lokasi penelitian tanaman sayur milik Kementerian Pertanian. Berhubung ini hari minggu, jadi Balitsa sedang dibuka untuk umum. Kalau kamu datang bukan dihari libur, maka jangan harap kamu bisa masuk ke kawasan Balitsa.

Setelah memarkirkan motor, kami langsung berjalan menuju spot yang dimaksud. Sebuah jalan lurus yang di tepinya tertata rapi pohon-pohon pinus yang besar.

Kami langsung menyiapkan kamera dan mengambil perlenhgkapan lain untuk berfoto. Dan cekrek!

Tempat ini cocok buat kamu yang lagi suka foto dengan gaya folk dan portrait. Udara di sini juga sangat sejuk dan kawasannya masih sangat asri.

Bagaimana? Mirip dengan tempat-tempat yang ada di film-film eropa bukan?

Ternyata Indonesia juga punya tempat yang tak kalah bagus dari luar negeri. Kebanyakan keindahan-keindahan itu berada dekat sekali dengan kita. Salah satu cara terbaik untuk menunjukan keindahan tersebut menurut kami adalah dengan fotografi. Dengan menghasilkan foto yang bagus dari berbagai angle, orang-orang akan sadar akan keindahan sebenarnya dari lingkungan sekitarnya.

Satu lagi, buat kamu yang ingin mencoba menikmati kawasan Balitsa ini, jangan lupa datang di hari Minggu. Kalau datang di luar hari itu nggak bakalan dibolehin masuk sama petugasnya. Dan yang paling penting, jangan buang sampah sembarangan.

Salam lestari, salam pejalan. Selamat berkelana!


Have a nice day!
Stay tuned for more of our adventures.
Happy travel and leave no trash!


Dukung kami untuk terus berkarya dengan share cerita ini ke media sosial kamu ya.
Dan jangan lupa follow kami di Twitter @baratdaya_@ibadahmimpi, Instagram @ibadahmimpi / @redhaandikaahdi / @baratdaya_ & Facebook biar kamu gak ketinggalan cerita perjalanan unik bersama kami.


Hai, karena kamu udah disini…

..Kami punya beberapa permintaan. Beberapa orang mungkin telah membaca ibadahmimpi.com. Seperti yang kamu ketahui, melakukan perjalanan itu membutuhkan banyak waktu, uang dan usaha untuk menghasilkan sebuah karya. Kami melakukannya karena kami percaya bahwa sudut pandang kami sangat berguna bagi dunia – karena itu mungkin saja bakal menjadi sudut pandang kamu dalam memandang dunia juga.

Jika kamu suka dengan ibadahmimpi.com, mari luangkan waktu buat mendukung blog ini untuk terus berkarya dan memberikan dampak positif kepada dunia. Bantuan kecil yang kamu berikan misalnya dengan subscribe blog ini atau memberikan bantuan dana berapapun yang kamu mau akan sangat berarti buat kami – dan itu gak butuh waktu yang banyak. Salam semoga kita bersua dan berbagi cerita!

Support ibadahmimpi.com

20 Comments

  1. Zaki Zaki July 21, 2019

    Halo mas Redha, wah saya mampir lagi nih…wah buset ini emang terkenal sekarang, dulu mah sepi banget di sini hhahaha.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi July 21, 2019

      Halooo mas zaki, wahh thanks ya udah mampir lagi. hehe

  2. Hastira Hastira July 22, 2019

    wah keren ya fotonya, pohon pinus macamnya banyak dan aku selalu suka

    • ibadahmimpi ibadahmimpi July 22, 2019

      hehehe… sebenarnya tempatnya yang kerenn nihh

    • ibadahmimpi ibadahmimpi July 25, 2019

      cukup mampu melepas dahaga selfie masa kini mas bro

  3. hani hani July 26, 2019

    Lembang juga banyak bangunan lama peninggalan zaman Belanda. Sayangnya tidak terawat, jadi spooky gitu. Keren foto²nya Kak. Walah kalau hari Minggu ke Lembang, kembali ke Bandungnya macet uy. Kecuali naik motor kali yaa…

    • ibadahmimpi ibadahmimpi July 26, 2019

      wahh Lembang yaa.. Kami juga pernah menghabiskan waktu disana.

  4. Fadli Hafizulhaq Fadli Hafizulhaq July 27, 2019

    Ketika ke Bandung waktu itu, sekitar 2 tahun lalu, saya menyempatkan diri ke Lembang dan mengunjungi berbagai objek wisata. Tapi saya baru tahu ada spot foto cantik ala Eropa di Balitsa ini. Apa ini tempat yang baru buka?

    • ibadahmimpi ibadahmimpi July 27, 2019

      wahhh tempat ini sudah lama ada mas brooo, mungkin kurang hits ya

  5. Heniajaa Heniajaa July 27, 2019

    Wah kl liat hasil jepretan fotonya keren bgt yaa.. Sy sering bgt ke lembang.. Tp blom prnh kesini.. Apalgi kl pas liburan duuh mcetnya ga kuat… Udh jlnnya nanjak… Apalg kl ke kotanya… Maceet bgt… Tp Bandung khususnya lembang emg bnyk bgt menyajikan keindahan alam dan wisatanya…

    • ibadahmimpi ibadahmimpi July 27, 2019

      hahahaa iya mbak, Bandung memang banyak banget tempat yang keren-keren

  6. adi pradana adi pradana July 27, 2019

    Oi oi oi, asik banget lokasinya, pasti sejuk banget hawanya. apalagi kalo ada angin semilir, adeeeem….

    • ibadahmimpi ibadahmimpi July 27, 2019

      adem banget kayak dipelukan Lucinta Luna. wkkwwkwk

  7. Relinda Puspita Relinda Puspita July 28, 2019

    Sabtu masih tutup juga, ya? Semoga tahun ini kesampaian ke Bandung.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi July 28, 2019

      Kayaknya Sabtu masuk weekend deh mbak, jadi kemungkinan buka kayaknya.

  8. irafilanisa irafilanisa August 29, 2019

    Ya ampun.. Baca ini jadi inget 2 tahun lalu aku pernah gagal mau foto prewedding di sini ala-ala musim semi haha. Saat hari H nya pula, karena harus ada perijinan yang mana aku nggak tahu bahwa harus ada ijin kayak gitu. Aku taunya ya bebas aja foto-foto langsung.. Karena aku sempat tanya2 ke orang di ig yang foto di sini, dan katanya gratis. Nggak paham kenapa jadi berbayar. Berat hati hari itu juga langsung prewednya pindah ke cikole. wkwkw

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 1, 2019

      yahhhh harus ada perjanjian gitu ya kalau buat foto prewed?
      Apa jangan-jangan berbayar karena ulah beberapa oknum ya?

  9. ira ira September 9, 2019

    nggak banyak tanya juga ya.. Wallahu a’lam oknum atau memang ada aturannya. Pokoknya detik itu juga langsung ke cikole. Karena udah siap mau foto2

    • ibadahmimpi ibadahmimpi September 9, 2019

      ohh gitu ya mbak. Semoga nanti kalau kesana gak ada kendala lagi..

Leave a Reply