Press "Enter" to skip to content

KOPI SOLOK RADJO: SEDUHAN KEHANGATAN DARI TANAH AIE DINGIN

Kopi telah menjelma menjadi sebuah minuman yang sudah diaminkan beberapa kalangan sebagai teman ketika melakukan berbagai kegiatan. Apapun yang dilakukan, kopi seakan tak pernah luput dari tangan. Bahkan telah lahir sebuah filosofi hidup yang berawal dari pekatnya segelas kopi. Namun terlepas dari berbagai problematika rasa sebuah kopi, komoditi yang satu ini memiliki cerita yang panjang di tanah Indonesia, terkhususnya di tanah Minangkabau.

Beberapa waktu yang lalu saat lebaran menuju kampung halaman kakek di Muarolabuah, kami menyempatkan diri untuk sekedar menepi menikmati segelas kopi di ketinggian ±1.500 mdpl. Nagari Aie Dingin yang terletak di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok Sumatera Barat menjadi tujuan kami.

Percakapan sederhana yang berawal dari ruang tamu bersama Pak Etek di rumah kakek menjadi awal perjalanan kami untuk mengenal Kopi Solok Radjo secara lebih mendalam. Instagram menjadi media awal pengenalan kami terhadap sebuah pergerakan fantastis anak muda di negeri angin dingin, Koperasi Produsen Serba Usaha (KPSU) Solok Radjo.

Dendy yang penyuka kopi antusias mengirimkan pesan untuk mampir dan bersilaturahmi ke Nagari Aie Dingin. Respon positif langsung kami dapatkan dan perjalanan selama 2 jam kami lakukan untuk mengenal lebih jauh dengan Kopi Solok Radjo.

Bang Firman, atau lengkapnya Teuku Firmansyah menyambut kami dengan hangat di “basecampnya”. Sebuah tempat sederhana namun penuh makna yang menjadi saksi bisu berjalannya pergerakan KPSU Solok Radjo menembus keterbatasan. Percakapan sederhana membuat kami makin penasaran dengan pergerakan inovasi milenial ini. Beruntung Bang Firman mau melegakan rasa penasaran kami dengan penuturannya yang lengkap dan padat.

Kesejahteraan petani yang dipertanyakan dan harga kopi yang terlalu murah menjadi permasalahan yang harus segera diselesaikan. 2012 adalah awal terbesitnya rencana pergerakan untuk menyejahterakan kehidupan para petani dengan memberikan edukasi dan pengembangan serta mewadahi dalam hal penjualan agar para petani mampu menaikkan taraf hidupnya. Seiring waktu, banyaknya respon positif yang didapat dari warga maka pada tahun 2014 KPSU Solok Radjo berdiri dan berbadan hukum pada tahun 2016.

Sembari bercerita, Bang Firman juga menyeduhkan kopi untuk menjadi pelengkap suasana. Aroma dan rasa kopi arabika yang khas mampu memberikan kehangatan di tengah rintiknya air hujan yang mulai turun pelahan.

Visi besar dan perjuangan cerdas membuahkan hasil yang manis, Kopi Solok Radjopun menembus pasaran internasional bahkan diekspor sampai ke Negeri Paman Sam. Angka 22 ton dan pembayaran menggunakan dollar di bulan lalu menjadi bukti bahwa Kopi Solok Radjo telah dilirik oleh kalangan pecinta kopi sentaro dunia. Sebuah kemenangan yang menawan untuk nagari yang berada di balik pegunungan.

Saat ini Solok Radjo berfokus pada pengembangan kualitas lahan dengan berlandaskan izin langsung dari Kementerian Kehutanan dan Kementerian Lingkungan Hidup untuk penggunaan hutan nagari.

Bagi kami, Kopi Solok Radjo sangat unik. Biji kopi yang telah selesai melalui proses pengeringan dan perendangan akan langsung dikemas kemudian dipasarkan. Kopi dalam bentuk bubuk bukan menjadi pilihan bagi KPSU Solok Radjo dalam memperkenalkan komoditisi ini ke dunia luar.

Proses pengolahan pasca panen yang terkontrol dan terukur untuk menghasilkan green bean yang baik merupakan cara yang elegan. Distribusi green beans di lakukan kepada local, Rostery, Micro Rostery, dan International. Untuk pemasaran dan promosi, Solok Radjo aktif di sosial media seperti Facebook dan Instagram, serta menggunakan email sebagai alat berkomunikasi dengan calon pembeli. Selain itu juga dengan mengadakan presentasi, visit farm bahkan juga menggunakan sistem face to face dalam melakukan promosi skala besar.

Solok Radjo tak hanya menawarkan rasa dan aroma saja namun ada budaya, sosial, sejarah dan kearifan hubungan manusia dengan alam yang terkandung di dalamnya. Sebuah kehangatan dari negeri angin dingin dan harapan untuk menyejahterakan masyarakat menjadi visi besar dalam perjalanan KPSU Solok Radjo ke depannya.


Have a nice day!
Stay tuned for more of our adventures.
Happy travel and leave no trash!


Dukung kami untuk terus berkarya dengan share cerita ini ke media sosial kamu ya.
Dan jangan lupa follow kami di Twitter @baratdaya_@ibadahmimpi,Instagram @ibadahmimpi / @redhaandikaahdi & Facebook biar kamu gak ketinggalan cerita perjalanan unik bersama kami.


Hai, karena kamu udah disini…

..Kami punya beberapa permintaan. Beberapa orang mungkin telah membaca ibadahmimpi.com. Seperti yang kamu ketahui, melakukan perjalanan itu membutuhkan banyak waktu, uang dan usaha untuk menghasilkan sebuah karya. Kami melakukannya karena kami percaya bahwa sudut pandang kami sangat berguna bagi dunia – karena itu mungkin saja bakal menjadi sudut pandang kamu dalam memandang dunia juga.

Jika kamu suka dengan ibadahmimpi.com, mari luangkan waktu buat mendukung blog ini untuk terus berkarya dan memberikan dampak positif kepada dunia. Bantuan kecil yang kamu berikan misalnya dengan subscribe blog ini atau memberikan bantuan dana berapapun yang kamu mau akan sangat berarti buat kami – dan itu gak butuh waktu yang banyak. Salam semoga kita bersua dan berbagi cerita!

Support ibadahmimpi.com

2 Comments

  1. Daruma Daruma June 13, 2019

    wah patut dicoba ini. hasil pertanian yang di ekspor terbanyak itu ya kopi. kopi indonesia emang paling enak. orang jepang aja di kantorku selalu bawa oleh-oleh kopi indonesia. keren banget nih kopik solok, aku belum pernah nyoba tapi hebat juga ya bisa nyampe ke negeri paman sam.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi June 14, 2019

      wahh mesti dicoba nih mbak. mana tau kesemsem.. hihi

Leave a Reply