fbpx Press "Enter" to skip to content

LATIHAN UNTUK MEMPERLANCAR PERSALINAN? AYO SIMAK!

Kehamilan merupakan momen yang sangat menyenangkan sekaligus menegangkan. Ketika hamil pastinya wanita juga harus mempersiapkan persalinan. Semua wanita pastinya menginginkan proses persalinan yang normal dan lancar. Untuk itu harus ada persiapan diri sebaik mungkin. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti asam folat dan kalsium. Pentingnya asupan kalsium selama kehamilan untuk kesehatan ibu dan janin akan sangat berpengaruh terhadap proses persalinan yang lancar nantinya.

Selain makanan yang bergizi, wanita juga harus melakukan beberapa aktivitas dan latihan untuk memperlancar persalinan.

Apa saja aktivitas yang dapat dilakukan? Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa bumil lakukan agar lancar saat persalinan.

1. Senam ibu hamil

Olahraga merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh tetap bugar selama kehamilan. Salah satu jenis olahraga yang aman adalah senam ibu hamil. Dengan senam, secara tidak langsung melatih gerakan sebelum persalinan sehingga bisa dilakukan dengan lancar dan tanpa jahitan. Akan lebih bagus jika mengikuti kelas latihan prenatal selama kehamilan. Kelas prenatal ini biasanya berlatih gerakan yang dapat melenturkan daerah uterus, memperkuat otot panggul dan membantu kontraksi agar lebih efektif.

Photo by Jessica Monte via Pexels
Beraktivitas (Photo by Jessica Monte via Pexels)

2. Posisi jongkok

Posisi yang satu ini dapat membuka panggul dan meningkatkan tekanan pada bagian bawah perut sehingga secara alami kepala janin terdorong keluar. Untuk itu posisi jongkok ini harus lebih sering dilakukan terutama menjelang persalinan. Selama kehamilan posisi jongkok ini berguna untuk memperkuat otot-otot paha, perut dan meningkatkan elastisitas jalan lahir hingga 30%.  Posisi ini bisa dilakukan sambil mengepel lantai. Namun tetap harus hati-hati jika lantainya licin ya.

Posisi jongkok (photo via asianparent-assets-id.dexecure.net)

3. Latihan kegel

Latihan kegel ini berfungsi untuk mengurangi wasir dan kebocoran urin. Hal ini tentunya dapat mengurangi penderitaan yang pada umumnya terjadi pada masa-masa menjelang persalinan. Caranya dengan menahan kencing saat duduk di toilet tanpa mengencangkan otot perut, paha  atau pantat. Ketika berhasil memulai dan menghentikan buang air kecil atau merasakan otot vagina mengencang. Itu berarti sudah menggunakan otot dasar panggul yang mana otot-otot harus mengendur ketika latihan kegel.

Posisi kegel (photo via asianparent-assets-id.dexecure.net)

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan ibu hamil untuk memperlancar prosess persalinan. Selain informasi di atas, kamu juga bisa mengunjungi Guesehat.com untuk memperoleh informasi yang lain tentang persiapan kehamilan dan persalinan. Langsung aja pantengin sekarang juga!

6 Comments

  1. Yeni Sovia Yeni Sovia May 15, 2019

    Aku beberapa tahun yang lalu waktu hamil ngelakuin hal di atas. Kecuali latihan kegel. Soalnya dulu anaknya nggak muter kepalanya ke bawah padahal udah menjelang waktu HPL. Akhirnya sring ikutin saran di atas. Allhamdulillah bisa deh. Tapi sayangnya cesar

    • ibadahmimpi ibadahmimpi May 15, 2019

      wah sayang juga ya mbak. Tapi tak apa asal selamat

Leave a Reply