Press "Enter" to skip to content

7 TIPS MENCARI HUNIAN DI JAKARTA ALA MAHASISWA

Mencari hunian di Jakarta itu terbilang gampang-gampang susah. Apalagi bagi kami yang masih berstatus mahasiswa yang kepengen banget di wisuda. Ngomongin gampangnya itu, kos-kosan di Jakarta berserakan dimana-mana. Susahnya karena banyak tempat yang terkadang gak sesuai dengan harapan seperti tingginya harga sewa yang gak sebanding dengan fasilitas yang didapatkan alias mahal tanpa fasilitas!

Setelah hampir 4 tahun lebih kami malang melintang di dunia penyewaan hunian mulai dari sewa kos-kosan sampai sewa apartemen, kami merangkum tips-tips yang bakalan membantu banget buat kamu yang kepengen mencari jodoh tempat tinggal yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu di Jakarta.

Apa aja tips yang perlu kamu catat itu? Berikut ibadahmimpi.com merangkum 7 tips mencari hunian di Jakarta ala Mahasiswa!


1. Tetapkan Budget Versi Kamu Sendiri

Pertama dan utama sekali, udah pasti kamu mesti menyesuaikan budget yang pengen kamu keluarkan sesuai dengan kesanggupanmu sendiri cuy! Jangan gara-gara pengen dicap sosialita, kamu mesti nyewa kos-kosan mewah yang bakalan nguras isi dompet!

Alangkah lebih baik kalau kamu menyesuaikannya dengan budget yang tersedia biar nantinya kamu bisa menjalani hari dengan nyaman dan gak terlalu mikirin biaya bulan depan. Tapi, kalau kamu sanggup, ya go wes cuy!

photo by pixabay on pexels.com

2. Hindari Daerah Langganan Banjir

Gak dapat dipungkiri lagi kalau Jakarta itu langganannya banjir dari tahun ke tahun. Permasalahan klasik ini masih belum bisa diatasi pemerintah sampai saat ini. Nah, sebagai mahasiswa yang gak pengen ribet mesti ngangkat-ngangkat barang pas banjir melanda, kamu mesti menghindari mencari kos di daerah yang rawan banjir.

Photo by jonathan Ford on Unsplash.com 

3. Cari Hunian yang Dekat Tujuan

Mencari hunian yang dekat dengan tempat tujuan bakalan memudahkan banget dalam menjalani rutinitas di Jakarta. Selain menghindari macet, kamu juga bisa mengurangi biaya transportasi yang dikeluarkan. Bagi mahasiswa, mencari kos kosan yang berada di sekitaran kampus menjadi suatu hal yang perlu banget diperhatikan. Selain mengurangi biaya transportasi, kamu juga bisa sekalian olahraga kecil dengan berjalan kaki.


4. Dekat Dengan Moda Transportasi

Selain dekat dengan tempat tujuan, kamu juga mesti memperhatikan lokasi yang juga dekat dengan moda transportasi seperti angkot maupun kereta api. Salah satu transportasi yang low budget banget di Jakarta dan harus kamu pantengin itu kereta api. Buat kamu yang pengen ngirit, mencari tempat tinggal yang gak jauh dari stasiun kereta api itu gak boleh kamu lewatkan.


5. Pilih Kamar Sesuai Kebutuhan

Besarnya luas kamar bakalan berpengaruh banget terhadap besarnya uang sewa yang mesti kamu keluarkan nantinya. Pengalaman kami menyewa hunian yang gede itu ternyata gak efektif dan menguras kantong banget. Bagi kami yang menghabiskan hari di perjalanan, memiliki kamar kos yang gede dan banyak fasilitas gak sesuai banget dengan kebutuhan yang kami perlukan. Alhasil, kamar yang kami sewa jarang banget kami tempati gegara mesti traveling ke berbagai tempat.

Bagi kamu yang pengen menyewa tempat buat sendiri, kami sarankan juga menyewa kamar yang gak terlalu besar dan sesuai dengan kebutuhan. Semakin besar kamarnya semakin besar juga biaya sewanya.

Photo by chuttersnap on Unsplash.com

6. Cari Teman Sekamar

Bagi kamu yang takut gak biasa sendiri di dalam kamar, mencari teman sekamar bakalan membantu banget buat menghilangkan suasana sepi dan yang pastinya juga bakalan membantu dalam meminimalisir biaya sewa hunian.

Pilihlan teman yang sesuai denganmu dan berbagilah dalam menyewa tempat tinggal.

Dendy, salah satu author ibadahmimpi.com

7. Giat Mencari Informasi

Giat mencari informasi sebelum menyewa hunian adalah hal yang wajib di Jakarta. Biar nantinya tempat yang kamu sewa sesuai dengan kebutuhanmu. Nah! Ada kabar baik buat kamu yang pengen mencari tempat kos kosan. Biar kamu gak ribet lagi mencari kos kosan yang sesuai dengan kebutuhanmu, kostjakarta.com hadir memenuhi setiap kebutuhanmu mencari informasi terkait kos-kosan yang ada di kawasan Jakarta.

Di kostjakarta.com kamu bisa mencari berbagai informasi seputar kos kosan mulai dari lokasi, foto kamar, berbagai fasilitas dan yang pastinya harga yang bisa kamu sesuaikan dengan budget yang pengen kamu keluarkan.

Sekarang kamu gak perlu ribet lagi muter-muter gak jelas keliling kota cuma buat nyari tempat kos. Selain itu, bagi kamu yang punya budget lebih dan pengen nyewa apartemen baik itu nyewa tahunan maupun apartemen bulanan, kamu bisa mencari semua informasi yang kamu butuhkan di sewa-apartemen.net.

Kamu bisa menemukan berbagai informasi apartemen yang sangat berguna dan sesuai dengan kebutuhan dan keperluanmu. Selain kamu bisa nyewa apartemen tahunan, disini kamu juga bisa nyari apartemen yang sewanya perbulan bahkan harian dengan berbagai fasilitas yang menarik dan yang pastinya kamu perlu ribet lagi muter-muter gak jelas nyari apartemen!


Nah, itulah 7 tips yang mesti kamu perhatikan sebelum mencari hunian di Jakarta ala Mahasiswa yang udah kebelet pake banget pengen diwisuda dan menjelajahi dunia yang indah ini!

Jika kamu punya tips yang pengen juga kamu bagikan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Mana tahu kami yang belum tahu ini jadi lebih tahu dan dapat informasi yang baru.

Have a nice day!

4 Comments

  1. Ely Setiyawan Ely Setiyawan April 23, 2019

    boleh juga nih kalo kapan kapan ke jakarta

  2. Sabda Awal Sabda Awal April 23, 2019

    dulu waktu saya di jakarta saya nyari kos2an yang deket sama kerjaan, karena saya ga mau macet2an dan bersaing sama orang2 naik transportasi umum, finally dapat kos2an yang ke kantor cuma jalan kaki 3 menit, selain itu harganya juga pas, ke halte busway dekat, rame yang jualan makanan, memang banyak yang harus dipertimbangkan

Leave a Reply