Press "Enter" to skip to content

TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS DAN KAWANAN GAJAH

Perjalanan kali ini membawa kami ke sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatra, Lampung. Menurut beberapa informasi yang kami dapat dari beberapa teman baik, di Lampung terdapat sebuah Taman Nasional tempat penangkaran satwa-satwa langka Pulau Sumatera, Taman Nasional Way Kambas. Dari sekian banyak hewan endemik Sumatera, Gajah menjadi primadona tersendiri di kepulauan Sumatera sehingga tak salah sang gajah mendapat tambahan nama belakang Sumatera, jadi data namanya di KK menjadi, Gajah Sumatera. (LOL!)

Ternyata Taman Nasional Way Kambas ini adalah salah satu Taman Nasional pertama dan tertua di Indonesia. Way Kambas didirikan oleh kompeni (Belanda) pada tahun 1937.

Menurut informasi, disini terdapat lebih kurang 200 ekor Gajah Sumatera yang hidup di Taman Nasional Way Kambas ini. Jumlah yang terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan luasnya kawasan Taman Nasional yang mencakup 1.300 km persegi dari hutan dataran rendah pantai sekitar Sungai Way Kambas di pantai timur Provinsi Lampung. Jumlah 200 ekor itu masih belum bisa dipastikan karena penebangan hutan dan perluasan lahan perkebunan yang tidak terkendali, akhirnya habitat Gajah Sumatera itu sendiri menjadi berkurang!.

Disamping itu semua, Taman Nasional Way Kambas menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan hutan hujan serta padang savananya yang sangat luat. Sungguh keindahan alam yang selalu mampu membuat kami terpukau sambil komat-kamit ketika melihatnya. Kami sangat bahagia bisa menyaksikan kawanan gajah bermain di alam liar seperti ini ketimbang di kebun binatang. Gak tau kenapa, tapi rasanya damai melihat mereka bisa bergerak di ruang terbuka.

Kawanan gajah di Taman Nasional Way Kambas

Karna gajah-gajah disana juga sangat jinak, kami jadi berani mengabadikan momen indah dengan kamera yang selalu dibawa kemana-mana. Sungguh sangat sayang rasanya untuk melewatkan betapa indahnya alam dan satwa yang ada di Indonesia ini.

Gajah yang baik di Taman Nasional Way Kambas

Have a nice day!
Stay tuned for more of our adventures.
Happy travel and leave no trash!


Hai, karena kamu udah disini…

..Kami punya beberapa permintaan. Beberapa orang mungkin telah membaca ibadahmimpi.com. Seperti yang kamu ketahui, melakukan perjalanan itu membutuhkan banyak waktu, uang dan usaha untuk menghasilkan sebuah karya. Kami melakukannya karena kami percaya bahwa sudut pandang kami sangat berguna bagi dunia – karena itu mungkin saja bakal menjadi sudut pandang kamu dalam memandang dunia juga.

Jika kamu suka dengan ibadahmimpi.com, mari luangkan waktu buat mendukung blog ini untuk terus berkarya dan memberikan dampak positif kepada dunia. Bantuan kecil yang kamu berikan misalnya dengan subscribe blog ini atau memberikan bantuan apapun yang kamu mau akan sangat berarti buat kami – dan itu gak butuh waktu yang banyak. Salam semoga kita bersua dan berbagi cerita!

Support ibadahmimpi.com

19 Comments

  1. Hastira Hastira Desember 12, 2018

    wah asyiknya, gajahnya jinak sekali,

  2. Kartikanofi Kartikanofi Desember 13, 2018

    Katanya nggak boleh tau naik gajah, karena tulang belakang gajah cuma dilapisi jaringan yang sangat tipis dan menyebabkan cedera.
    Aku juga baru tau belum lama, pernah naik gajah juga di Taman Safari. Jadi kasihan 😒

  3. Muyassaroh Muyassaroh Desember 14, 2018

    Itu foto terakhir gajahnya kelihatan banget senyumnya bahagia banget… πŸ˜€

  4. Rahman Kamal Rahman Kamal Desember 14, 2018

    ahhhh pengen liburan juga, mau nyiapin liburan ah buat tahun baru πŸ™‚

    time to refresh my mind, out of this stucking environment and habit

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Desember 14, 2018

      Iya, sayang banget kalau melewatkan TNWK. Hahahaha

  5. eli setiawan eli setiawan Desember 14, 2018

    mantap bro, seumur umur ane belum lihat gajah secara langsung, kalo ada kesempatan saya kesitu . jika berkenang mampir juga gan di blog ane http://www.elyetiawan.com hehehe

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Desember 14, 2018

      Wah, kayaknya harus siapkan tanggalnya buat ke TNWK bro. Sayang banget kalau dilewatkan.
      Oke bro, saya bakalan mampir ke blognya. Hehehhe

  6. Syariful Anam Syariful Anam Desember 15, 2018

    Gajahnya lucu-lucu yah tapi sayangnya terancam punah, mau berkunjung kesitu tapi jauh dsri tempat ane

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Desember 15, 2018

      iya gan. Terancam punah banget. Di TNWK aja jumlahnya gak sebanding ama luasnya lahan.
      Semoga suatu saat nanti bisa berkunjung kesana.

  7. R Ayi Hendrawan Supriadi R Ayi Hendrawan Supriadi Januari 28, 2019

    ide bagus bang artikelnya membantu mengenal kan taman Nasional way kambas

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Januari 29, 2019

      terima kasih banyak mas bro.. Kalau ada waktu silahkan mampir kesana ya

  8. Lawak Batak Lawak Batak Februari 4, 2019

    Dari duly saya pengen banget naik gajah. Apalagi setelah melihat anak gaja yg imut heheh

  9. Bara Anggara Bara Anggara April 15, 2019

    di way kambas ini rame ya gajahnya… belum pernah ke sini euy… di riau juga ada konservasi gajah gini, tapi gajahnya cuma ada 2..

    -Traveler Paruh Waktu

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 16, 2019

      iya mas bro.. Lumayan banyak dan gede-gede. Hahaha
      Waduh? Kok cuma 2 ya?

  10. […] kami lebih suka tempat yang sepi dan anginnya sepoi-sepoi. Setelah beberapa saat yang lalu kami bermain bersama gajah di Taman Nasional Way Kambas, kali ini salah seorang kawan baik mengajak kami untuk menghabiskan hari ditempat yang sepi dan pas […]

Tinggalkan Balasan