Press "Enter" to skip to content

MENIKMATI HARI DI TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO

Pagi terlihat begitu cerah saat kami mulai beranjak menuju salah satu taman nasional yang terletak tak jauh dari Jakarta. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), sebuah taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Taman nasional ini termasuk salah satu taman nasional tertua yang ada di Indonesia bersama Taman Nasional Way Kambas yang sudah kami jelajahi terlebih dahulu.

Perjalanan menuju Taman Nasional Gunung Gede Pangrango kami tempuh selama 3 jam perjalanan menggunakan sepeda motor yang udah mulai karatan. Tak ada yang istimewa kali ini, kami hanya ingin menepi untuk sekedar mencari inspirasi dari kerasnya tuntutan ibu kota. Menjadi freelancer dan influencer sekaligus mahasiswa ternyata gak semudah yang di kata. Tuntutan pelanggan dan deadline yang berkepanjangan membuat kepala kami mulai tak karuan. Menikmati hari barang sehari mungkin bakalan menjadi sangat berarti.

Ditetapkan pada tahun 1980, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango didirikan untuk melindungi dan mengkonservasi ekosistem dan flora pegunungan yang indah di Jawa Barat. Taman nasional ini memiliki wilayah seluas 24.270,80 hektar yang mencakup dua buah gunung, yaitu Gunung Gede (2.958 mdpl) dan Gunung Pangrango (3.019 mdpl). Karena itulah nama taman nasional ini diambil dari nama dua buah gunung yang terdapat di dalamnya.

Sebagai taman nasional yang memiliki hutan hujan tropis, berbagai keragaman hayati flora pegunungan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango telah banyak menarik minat para peneliti. Menurut sejarahnya, beberapa peneliti terkenal pernah meneliti di taman nasional ini seperti; Thunberg yang membuat kajian botani di wilayah ini pada tahun 1777, Blume mendaki ke puncak Gede pada tahun 1824 melalui jalur yang kini dikenal sebagai Jalur Cibodas, Wallace kemudian mengikuti Jalur Cibodas ketika ia mengunjungi wilayah ini di musim penghujan 1861.

Pada ketinggian 1.500 mdpl hingga ke puncak Gede dan Pangrango, tercatat tidak kurang dari 870 spesies tumbuhan berbunga dan 150 spesies paku-pakuan. Ditambah jenis-jenis anggrek yang tercatat hingga mencapai 200 spesies di seluruh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Sebenarnya ada berbagai macam destinasi alam yang bisa dinikmati ketika berada di taman nasional ini, mulai dari puncak kedua gunung, kandang badak tempat kamu bisa bertemu dengan badak jawa, curug yang tersebar di seluruh kawasan, telaga dan masih banyak lainnya. Namun kali ini kami hanya ingin mengikuti langkah kaki kemanapun hati membawa kami. Dan yang pastinya selalu ikuti jalur biar gak tersesat!

Suasana yang sejuk serta pemandangan alam yang asri membuat pikiran kami kembali menjadi lebih segar. Sesekali beberapa hewan lewat di depan kami hanya untuk sekedar menyapa. Bunyi kicauan burung dan angin yang lewat di sela-sela pepohonan selalu mampu membuat kami terkagum betapa indahnya alam Indonesia ini.

Berhentilah sejenak, lihat sekelilingmu. Nikmati hari di belantara rimbunnya ibu pertiwi sembari menikmati secangkir kopi sambil mensyukuri betapa indahnya hidup ini.


Have a nice day!

Stay tuned for more of our adventures in West Java.

Happy travel and leave no trash!


Support us with share this post to your social media.And Don’t forget to follow us on Twitter @ibadahmimpi, instagram @baratdaya_ / @ibadahmimpi / @redhaandikaahdi & like us on Facebook.


Since you’re here…..we have a small favour to ask. More people are reading ibadahmimpi.com than ever but advertising revenues across the blog are falling fast. And unlike many news organisations – we want to keep our blogsm as open as we can. So you can see why we need to ask for your help. Ibadah Mimpi’s independent, travel blogsm takes a lot of time, money and hard work to produce. But we do it because we believe our perspective matters – because it might well be your perspective, too. If everyone who reads our blog posting, who likes it, helps to support it, our future would be much more secure. For as little as $5, you can support Ibadah Mimpi – and it only takes a minute.Thank you.

 

Support ibadahmimpi.com

40 Comments

  1. Putu Sukartini Putu Sukartini April 23, 2019

    Itu kok ada semacam gua gitu ya
    Kalau dimasuki, tembus ke mana kira-kira?

    Aku selalu suka meniti jalan setapak di tengah hutan gini
    Menghirup udara segar yang bikin paru-paru bahagia

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 23, 2019

      Mungkin tembusnya ke kenangan masa lalu mbak.
      hahaha

  2. astin astanti astin astanti April 24, 2019

    Dua kali saya naik ke GUnung Gede Pangrango. Pertama bareng teman-teman training tahun 2006an dan keduanya bareng suamiku di tahun 2008. Kepingin lagi ke sanaaa, looh

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 24, 2019

      iyaa mbak… ayo kesini lagi bareng keluarganya.
      Sekalian liburan keluarga seru juga keknya

  3. turiscantik turiscantik April 24, 2019

    Aihh aku jd kangen ke Gunung Gede. Waktu kuliah prnha beberapakali ke sini. Skrng sih faktor umur kali ya jadi agak ngeri sesek nafas hahhhha

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 24, 2019

      wahahaha. Ternyata umur emang gak bisa dibohongi ya mbak.

  4. Raiyani Raiyani April 24, 2019

    Jadi kangen ke cibodas lagi, liat danau dan air terjun cibeureum. Alami dan sejuk buat seger ya

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 24, 2019

      iya, TNGGP sejuk banget mbak buat menenangkan pikiran

  5. Monda Siregar Monda Siregar April 24, 2019

    aah..senangnya jalan di hutan yang menghijau.., aku pasti akan lebih banyak berhenti mencoba mengenali pohon-pohon yang ada di sini..

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 24, 2019

      iya mas bro, seneng banget buat menguapkan stress yang membebani hati ini
      ihihi

  6. Hida Hida April 24, 2019

    Paling seneng jalan-jalan menyusuri hutan, menghirup udara segarnya dan hijaunya pohon-pohon. Belum lagi alunan kicau burung dan serangga yang sudah jarang ditemui di kota besar. What a live 😍

  7. Mechta Mechta April 25, 2019

    Subhanallah…sejuuuuk.. Duh ingin ke sana juga tapi..aksesnya sulit gak sih? Hehe..

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 25, 2019

      iyaaa sejuk mbak. ademm

      Gak terlalu susah sih mbak

  8. hani hani April 25, 2019

    Berarti udah hampir 40 tahun ya usia taman nasional gunung Gede Pangrango. Tapi masih awet dan terpelihara. Mudah-mudahan tetap asri selamanya, engga tergerus oleh proyek perumahan dan villa.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 25, 2019

      semoga ya mbak.
      Semoga pemeliharaannya ke depan lebih optimal lagi

  9. Akarui Cha Akarui Cha April 26, 2019

    Kepengen bisa beneran jelajah Taman Nasional Gede Pangrango. Selama ini mentoknya ke dua curug yang masuk kawasan Kebun Raya Cibodas aja.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 27, 2019

      Kalo beneran menjelajah keknya bakalan butuh beberapa hari nih biar bisa menikmati keindahan alamnya. haha

  10. Akarui Cha Akarui Cha April 26, 2019

    Jadi rindu untuk kembali berkunjung ke sana. Selama ini masih sekitar kawasan Kebun Raya Cibodas saja untuk menyambangi dua curug yang ada di dalamnya. Kangen juga. Semoga lain waktu bisa jelajah lebih jauh.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 27, 2019

      Semoga bisa terpenuhi ya mbak.. salam lestari
      hahaha

  11. Dinilint Dinilint April 27, 2019

    Mas, aku lihat di foto jalannya lumayan besar. Berarti masih ada jalan untuk kendaraan bermotor ya?
    Aku pikir kalo ke masuk ke lokasi TN Gede Pangrango harus jalan kaki.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 27, 2019

      gak juga sih mbakk

      Sebenarnya lebih enakan jalan kaki bareng teman-teman mbakk

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 27, 2019

      hmmm sepertinya kami mesti mencobanya mas broo

  12. ariefpokto ariefpokto April 27, 2019

    Segar banget pemandangan nya. Semoga bisa dipelihara supaya tetap lestari.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 27, 2019

      Semoga semakin lestari dan tetap mempercantik negeri ini

  13. ariefpokto ariefpokto April 27, 2019

    Penasaran sama Kandang Badak. Kali aja ketemu Badak yang hampir punah

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 28, 2019

      iyaa kami juga berharap bisa melihat hewan yang indah ini mas bro

  14. Dedew Dedew April 27, 2019

    Aku cuma tahu Cibodas ternyata cantik ya mana jalurnya juga rapi dan nyaman dilalui..pemandangannya indah betul..

  15. Okti Li Okti Li April 27, 2019

    Kalau saya dan keluarga biasanya naik ke Gede lewat Gunung Putri. Jadi ngekemp di Suryakancana. Nanti abis dari puncak, baru turun lewat Cibodas.

    Kapan ke sana lagi yuk? Info2 ya, dari rumah kami ke basecamp sekitar 1/2 jam kok

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 27, 2019

      siappp mbak broo
      kami juga kepengen ngecamp di TNGGP
      keknya bakalan seru
      hihi

  16. Endah Kurnia Wirawati Endah Kurnia Wirawati April 27, 2019

    Ya Allah, saya sudah berapa kali ke cibodas dari tuh jalanan belum ada, nyusurin semak-semak di bawah jembatan itu, sampai ada jembatan kayu dan sekarang jembatannya pakai beton yaa..

    Tapi memang TNGP ini memang paling asyik buat menikmati alam sembari mengamati flora dan fauna disana.
    tapi hindari pas long weekend deh… nih gunung udah kayak pasar malam euy klo libur panjang.
    wkwkwkwk

    • ibadahmimpi ibadahmimpi April 27, 2019

      iyaa bener banget mbakk

      Menikmati alam sambil dengerin kicauan burung itu rasanya gimana gitu

  17. Jalan-Jalan KeNai Jalan-Jalan KeNai May 9, 2019

    Jadi ingat beberapa tahun lalu diajak suami naik gunung gede via gunung putri. Saya sempat ngomel kenapa gak ;ewat TNGGP. Kata suami, kalau lewat sana bakal banyak brentinya karena pemandangannya indah. Malah gak sampe-sampe hahaha.

    Bisa jadi memang begitu. Tetapi, kayaknya kapan-kapan mau juga jalan-jalan ke TNGGP sekadar menikmati pemandangannya yang indah

    • ibadahmimpi ibadahmimpi May 9, 2019

      ehh bisa gitu juga ya mbak? hehe
      Iya, TNGGP suasananya adem banget mbak

Leave a Reply