Press "Enter" to skip to content

TERSESAT DI NARASI CONTENT CREATOR WORKSHOP PADANG

Weekend pertama di bulan Maret cukup berkesan bagi saya. Eh bentar, tanggal 2-3 Maret kemarin dihitung weekend pertama Maret gak sih?

*think hard

(Bodo amat dah! Yang penting weekend)

Okeh, mari kita lanjutkan! Setelah menghabiskan waktu buat nyari cewek-cewek hits Padang di acara Narasi Roadshow Padang Day 1 dan Day 2, ternyata keberuntungan masih berpihak pada saya. Selain ngadain Roadshow, narasi.tv juga ngadain yang namanya Workshop Content Creator buat para Cretor dari Sumatera Barat cuy!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Event narasi (@eventnarasi) on

Narasi Content Creator Workshop kali ini ternyata gak dibuka untuk umum. Hanya eksklusif buat 25 Content Creator Sumbar yang lolos kurasi. Awalnya saya gak pede buat submit ibadahmimpi.com, yah secara saya masih pemula banget di dunia content creator ini broh!

Tapi saya keinget sebuah pepatah yang menyentil orang-orang pesimis kek saya:

“Lebih baik gagal mencoba daripada gagal tidak mencoba!”

-manusia

Berbekal motivasi dari sebuah pepatah, saya akhirnya memberanikan diri buat submit dan ngikutin semua prosedur yang diperlukan untuk mengikuti kegiatan workshop yang kece ini. Singkat cerita, dari 100 Content Creator Sumbar yang submit buat ikut Narasi Workshop, ibadahmimpi.com terpilih sebagai salah satu peserta! Gokil!


DAY 1

Workshop kali ini sangat spesial banget bagi saya, selain karena ini adalah workshop pertama yang pernah saya ikutin, di workshop kali ini pematerinya gak pernah saya banyangin sebelumnya cuy! Pantesan eksklusif.

Untuk pembuka diawali dengan pengenalan terhadap narasi.tv dan juga tujuan diadakannya Narasi Content Creator Workshop di tanah Padang.

The New Wave of Creative Journalism with Imam Wahyudi – Senior Journalist

Materi awal diawali dengan wejangan dari Senior Journalist Indonesia, Imam Wahyudi. Para content creator diberikan pengetahuan tentang bagaimana sebuah konten itu sebenarnya memiliki nilai jurnalis di dalamnya.

“Selalu pikirkan dampak konten Anda bagi penonton atau pembaca”

-Imam Wahyudi, Senior Journalist

Mas Imam bilang ada 4 hal yang dibutuhkan publik saat ini biar konten yang dihasilkan itu bisa bertahan lama:

  • Terkait keselamatan;
  • Informasi finansial;
  • Hal yang mengganggu kenyamanan;
  • Membuat pilihan.

Shifting Mind-Sets For A Digital Future with Rara Sekar & Ben K.C Laksana – Co-Founder Arkademy Project

Oke! ini yang buat saya deg-degan setengah mati. Saya bakalan ketemu sama Rara Sekar dan suaminya! Bagi yang ngaku anak indie pasti tahu nih sama Rara Sekar. Sedikit bocoran, dia adalah mantan vokalis yang punya suara merdu di Banda Neira. Satu lagi, dia kakaknya Isyana Sarasvati!

Kali ini mbak Rara dan mas Ben gak datang buat konser, tapi mau ngasih wejangan seputar Fotografi Kritis. Saya bengong setengah mati ngeliat salah satu idola saya berada di depan mata, dan wadefaknya lagi, pas menjelaskan materi mbak Rara malah berdiri di samping saya dengan waktu yang lama! Grogi dan menggigil setengah mati sampai kebelet kencing cuy!

“Riset sangat penting untuk berkarya”

-Rara Sekar, Co-Founder Arkademy Project

Bagi mbak Rara dan mas Ben, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memproduksi sebuah foto:

  • Memahami satu sudut pandang;
  • Kritis terhadap satu atau lebih sudut pandang;
  • Mengkonteksualisasikan sudut pandang;
  • Memproduksi sudut pandang yang baru.


DAY 2

Day 2 juga gak kalah seru. Sudah ada pengetahuan baru yang menunggu kami para content creator di ruangan workshop Pangeran Beach Hotel.

Collaborative Storytelling with Muhammad Fadli & Fatris MF – The Banda Journal

Mas Fadli & Fatris ini menurut saya gokil banget. Mereka adalah bentuk kolaborasi unik dari fotografer dan writer yang bagus banget.

Ada sebuah quotes sederhana dari Mas Fadli yang membuat saya terenyak sebagai content creator:

“Berkarya itu harus ada ketertarikan personal, agar konten kita itu bisa hidup panjang”

-Muhammad Fadli, The Banda Journal

You and Your Brand Identity with Boy Candra – Author

Sebagai salah seorang penulis sukses yang berasal dari tanah minang, Bang Boy juga memberikan wejangan yang gak kalah pentingnya bagi kami para content creator dalam berkarya kedepannya.

“Fokus pada satu garapan/ niche sampai pembaca berpikir bahwa itulah identitas kita”

-Boy Candra, Author

The New Wave of Creative Journalism: Content Curation with Imam Wahyudi – Senior Journalist

Sebelum bubar dan beristirahat di Day 1 kemarin, kami dibagi ke dalam beberapa kelompok dan ditantang langsung oleh mas Imam Wahyudi membuat sebuah konten dan bakalan ditampilkan langsung di Day 2 ini! Gokil cuy!

Saya di anugerahkan buat mengisi kelompok 3 yang berisi orang-orang kreatif dan gokil yang baru saya temui; Eki (Desain Ilustrator), Fadli (videographer) dan Randi (videographer).

Project kecil-kecilan pun tercipta dengan segala keterbatasan dan yang gokilnya ternyata project yang kami pikir biasa-biasa saja malah menjadi wah banget.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by G r o g o z z (@tuwagapat.jpeg) on


The best thing…Tersesat!

Narasi Content Creator Workshop kali ini terlalu banyak memberikan pengalaman serta ilmu yang berharga bagi saya selaku blogger pemula yang kebelet banget jadi seorang travel blogger kondang. Saya sangat berterima kasih banget pada narasi.tv yang telah memberikan kesempatan untuk tersesat di belantara ilmu-ilmu baru dan pengalaman berharga di workshop yang bakalan berguna buat saya menjadi content creator yang lebih baik lagi.

Cheers up!


Have a nice day!

Stay tuned for more of our adventures in Padang.

Happy travel and leave no trash!


Support us with share this post to your social media.

And Don’t forget to follow us on Twitter @ibadahmimpi, instagram @ibadahmimpi / @redhaandikaahdi & like us on Facebook.


Since you’re here…

..we have a small favour to ask. More people are reading ibadahmimpi.com than ever but advertising revenues across the blog are falling fast. And unlike many news organisations – we want to keep our blogsm as open as we can. So you can see why we need to ask for your help. Ibadah Mimpi’s independent, travel blogsm takes a lot of time, money and hard work to produce. But we do it because we believe our perspective matters – because it might well be your perspective, too.

If everyone who reads our blog posting, who likes it, helps to support it, our future would be much more secure. For as little as $5, you can support Ibadah Mimpi – and it only takes a minute. Thank you.

Support ibadahmimpi.com

4 Comments

  1. Daruma Daruma March 8, 2019

    content itu raja… sebagai pemula aku juga ingin belajar membuat content yang bagus. beruntung banget bisa ikut di workshop ini. ketemu banyak orang yang berpengalaman khususnya content creator..mantul

    • ibadahmimpi ibadahmimpi March 8, 2019

      iyaa.. bener banget mbak broo..
      Konten adalah raja. wkwkwk

  2. Indra Aditya Indra Aditya March 17, 2019

    mantap sekali nih bang menginspirasi ane nih sebagai publisher blog hehe semoga kedepannya bisa membuat konten2 yang bagus y bang

    • ibadahmimpi ibadahmimpi March 17, 2019

      mantap mas broo

      Mari bersama-sama buat konten yang berkualitas

Leave a Reply