Press "Enter" to skip to content

KASAT MATA & TAK KASAT MATA

Banyak orang yang percaya bahwa hantu itu tidak kasat mata dan tidak sedikit pula mata yang melihat hantu dengan telanjang! (ehm, dengan mata telanjang maksudnya). Lalu mungkin timbul pertanyaan di dalam kepalamu, hantu itu sebenarnya kasat mata atau tak kasat mata ya sebenarnya?

Mari kita ngopini saja secara ilmiah dan agamiah.

Menurut konsepsi Islam tentang kosmos, alam merupakan agregat (satuan yang terbentuk dari) segala yang kasat mata dan yang tak kasat mata.

Menurut konsepsi ini, alam semesta terbagi menjadi alam kasat mata dan alam tak kasat mata. Al-Qur’an menyebut yang kasat mata sebagai syahadah dan yang tak kasat mata sebagai gaib.

Terkhususnya yang ghaib, kitab suci Al-Qur’an memfirmankan:

ٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِٱلْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَمِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ يُنفِقُونَ

ladziina yu’minuuna bilghaybi wayuqiimuuna shshalaata wamimmaa razaqnaahum yunfiquun

(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.


Sedangkan menurut para ahli seperti ahli metafisika hantu di gambarkan sebagai bentuk dari halusinasi semata sama kayak mantan!. Bentuk halusinasi ini bisa berwujud macam-macam, bisa berwujud pocong, sundel, kolong wiwik, tuyul dan mbakyul, bahkan bisa berwujud wanita cantik seperti yang ada di film-film IYKWIM (If You Know What I Mean!).

*sensor*

Halusinasi ini timbul dari beberapa faktor mulai dari depresi, kelelahan, atau faktor lingkungan yang mempengaruhi hormon dan dapat memicu timbulnya halusinasi. Biasanya orang yang sering melamun punya tingkatan halusinasi diatas rata-rata!.

Nah, dalam Surat di dalam Al-Qur’an jelas menyebutkan bahwa memang alam semesta terdiri dari yang kasat mata dan tak kasat mata. Jadi kalau kamu merasakan sesuatu seperti ada yang memperhatikanmu di tempat-tempat yang lengang, waspadalah! Mungkin itu mantan yang masih belum bisa move on!


Bagaimana pendapat kamu mengenai perihal yang kasat mata dan tak kasat mata ini? Mari berikan jawabanmu di kolom komentar ya!

photo by ibadahmimpi.com
Kasat mata dan tak kasat mata

ditulis oleh Gunawan. S

Mari bertemu penulis di blognya www.balecter.blogspot.com


Support us with share this post to your social media.

And Don’t forget to follow us on Twitter @ibadahmimpi &instagram @ibadahmimpi / @redhaandikaahdi


Baca juga: Seorang Pelajar Harus Aktif Ngeblog!


 

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Mission News Theme by Compete Themes.