Press "Enter" to skip to content

TUTORIAL EDITING PHOTO INSTAGRAM PART. 2 – WILDERNESS TONE

photo via pexels.com

BERBAGI ILMU TAK AKAN MEMBUATMU KEKURANGAN, KAWAN.

Layaknya sebuah pohon, ilmu manusia itu ibarat buah yang dihasilkan dari pohon tersebut. Jika saja buah yang dihasilkan oleh pohon itu dipetik dan dibagikan, maka akan sangat bermanfaatlah buah tersebut. Tapi jika saja buah yang ada pada pohon itu tidak pernah dipetik dan dibagikan, maka buah itu akan busuk, lalu jatuh, dan lenyap.

Seperti itulah ilmu, kawan. Ilmu yang kita bagikan tidak akan membuat kita kekurangan walau sedikitpun. Ilmu yang dibagikan justru akan bertambah seiring kita membagikannya. Seiring waktu ilmu yang dimiliki akan semakin melekat dan menancap kuat dalam sanubari kita.

TUTORIAL EDITING PHOTO INSTAGRAM – WILD FOREST TONE

Sebelumnya saya telah membagikan Tutorial Editing Photo Part. 1 – Folk Tone – Lighroom PC. Pada kesempatan kali ini saya akan kembali membagikan Tutorial Editing Photo Instagram Ep.2 – Wilderness Tone. Jika pada tutorial pertama software yang kita gunakan adalah Adobe Lightroom CC pada PC atau Laptop, pada kesempatan kali ini kita bakalan melakukan editing foto menggunakan aplikasi yang bisa kalian download di Smartphone masing-masing, yaitu Lightroom Mobile. Jadi tutorial ini bisa diaplikasikan oleh siapa saja yang punya smartphone.

WILDERNESS TONE

Seperti nama yang saya berikan pada tone foto kali ini, tutorial ini sangat cocok digunakan pada foto dengan latar belakang hutan dan rimba yang sedikit berkabut. Untuk contoh foto yang bisa kalian gunakan pada tutorial ini juga sudah saya sediakan pada link berikut ini:

Contoh Foto Untuk diedit

Kawan-kawan sangat diperbolehkan untuk membagikan hasil editannya menggunakan foto saya dengan catatan: Cantumkan original picture by : @baratdaya_ dan jangan lupa tag akun instagram saya.

Karena banyak sekali kasus pencurian foto di instagram dengan mengakui sebuah foto dan bahkan mengganti lokasi pengambilan foto. Hal tersebut sungguh merupakan perbuatan yang sangat tidak terhormat, hanya karena ingin eksis di dunia maya, ada yang rela mencuri karya orang lain. Semoga kawan-kawan pembaca tidak termasuk kedalam orang-orang tersebut, karena bagi saya, lebih baik tidak hits tapi berkarya dengan jujur, dari pada ingin hits tapi dengan mencuri karya orang lain.


Baik, Langsung saja pada topik awal kita yaitu Tutorial editing photo, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. APPS TO INSTALL

Aplikasi andalan saya jika harus ‘terpaksa’ melakukan proses editing menggunakan smartphone adalah 3 buah aplikasi ini, yaitu: VSCO fullpack, Snapseed, dan Lightroom Mobile. Namun pada tutorial kali ini kita akan lebih banyak menggunakan Lightroom Mobile.

Lightroom Mobile yang bakalan saya gunakan adalah yang versi lama. Kenapa? Karena menunya lebih gampang dan gak ribet!

photo by dibaratdaya.com
Aplikasi editing foto andalan saya

2. IMPORT PHOTO

Langkah selanjutnya adalah meng-import foto yang akan kita edit. Kamu bisa menggunakan foto yang telah saya sediakan sebelumnya pada link ini: Contoh foto untuk diedit

Foto yang sudah di-download pada link diatas akan masuk ke folder download, cari foto tersebut dan import foto ke Lightroom.

photo by dibaratdaya.com


3. Crop

Setelah berhasil meng-import foto yang akan diedit, langkah selanjutnya adalah melakukan proses cropping pada foto yang akan kita edit. Caranya adalah dengan masuk ke menu crop yang ada pada bagian bawah. Pilih ukuran foto yang diinginkan, pada foto ini saya menggunakan ukuran 8.5 x 11. Perhatikan gambar :

photo by dibaratdaya.com

Pada menu crop ini juga ada beberapa fitur lain seperti straighten yang bisa kita gunakan untuk meluruskan foto yang kurang simetris.


4. BASIC TONE EDITING

Basic tone mencakup temperature, tint, exposure, contrast, hightligts dan menu-menu lain yang ada pada bagian basic. Aturlah sesuai dengan angka yang tertera pada gambar dibawah ini.

Jika kalian menggunakan foto yang saya sediakan, silahkan ikuti saja sesuai angka yang tertera pada gambar:

Temperature : -13
Tint : -10
Exposure : -0.63
Contrast : +12
Highlights : -44
Shadows : -53
Whites : -53
Black : -20
Clarity : +21
Vibrance : +3
Saturation : -7

Tapi jika menggunakan foto sendiri, kalian bisa mengatur sendiri sesuai keinginan masing-masing agar tidak terlalu gelap. Saya sarankan kembali, tone ini cocok untuk foto dengan latar hutan dan sedikit berkabut.

photo by dibaratdaya.com


5. COLOR TONE

Lanjut ke color tone, disini saya akan mengatur beberapa warna, seperti warna hijau dari daun akan dijadikan sedikit kuning dan juga menguatkan warna biru pada background serta warna kuning pada objek orang.

Kamposisi perubahan warna :

Hijau :

  • Hue (-66)
  • Saturation (+23)
  • Luminance (+33)

Kuning :

  • Hue (+6)
  • Saturation (+16)
  • Luminance (+7)

Untuk komposisi warna lain bisa dilihat pada gambar. (lingkaran merah sebelah kanan)

photo by dibaratdaya.com


6. TONE CURVE

Untuk membuat background foto tampak lebih sejuk dan biru tanpa mengubah warna objek, saya menggunakan tone curve. Kalian bisa memainkan menu ini dengan cara menambahkan beberapa titik pada grafik tone curve lalu gerakkan keatas atau kebawah.

Pada foto ini saya hanya memainkan sedikit tone curve pada point RGB dengan cara menggeser titik paling ujung kanan atas sedikit kedalam dan kearah bawah, lebih jelasnya lihat gambar.

photo by dibaratdaya.com


7. EXPORT PHOTO FROM LIGHTROOM

Setelah menyelesaikan rangkain editing foto diatas, langkah terakhir pada aplikasi Lightroom mobile yang perlu kita lakukan adalah meng-export foto tersebut ke galery dengan kualitas yang kita inginkan. Caranya adalah dengan meng-klik menu export yang ada di sudut kanan atas. Pada menu ini ada beberapa pilihan seperti Save to Gallery, Share, dan menu-menu lainnya. Pilih Save to Galerry, Lalu pilih Highest Available Quality untuk mempertahankan kualitas foto.

photo by dibaratdaya.com


8. MOVE TO SNAPSEED

Langkah selanjutnya adalah memindahkan foto yang sebelumnya telah kita edit pada Lightroom Mobile ke aplikasi lain yaitu Snapseed untuk memberikan sentuhan Tonal Contrast agar foto terlihat lebih hidup dan warna lebih bagus. Langkah-langkahnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

photo by dibaratdaya.com

Setelah selesai memberikan tonal contrast pada foto di snapseed, langkah terakhir yaitu menimpan hasil editing foto kita. Bisa juga langsung membagikan hasil foto tersebut dengan memilih menu share.


LAST STEP – SHARE YOUR WORK

Sekian dulu artikel tentang Tutorial Editing Photo Instagram Part. 2 – Wilderness Tone ini. Semoga sedikit memberi manfaat kepada kawan-kawan pembaca semuanya.

Selamat berlatih meng-edit foto. Sekali lagi, kuncinya hanya satu, Practice makes perfect! itu aja, terus coba meng-edit foto dan dengan sendirinya kita akan terbiasa dan tidak ada kata tidak bisa.

Mari berbagi ilmu, karena apa yang kita beri tidak akan membuat kita kekurangan!

JIKA ADA YANG KURANG JELAS, SILAHKAN TANYAKAN DI KOLOM KOMENTAR YA, DENGAN SENANG HATI AKAN SAYA JAWAB.


Ditulis oleh Dendy Selmaeza atau lebih dikenal di dunia instagram dengan nama @baratdaya_. Penulis bisa ditemui di instagram @baratdaya_twitter @baratdaya_, dan blognya di www.dibaratdaya.com.

Satu lagi, Dendy juga adalah adik kandung dari President of www.ibadahmimpi.com.


Support us with share this post to your social media.

And Don’t forget to follow us on Twitter @ibadahmimpi &instagram @ibadahmimpi / @redhaandikaahdi


Baca juga: Tutorial Editing Photo Instagram Part.1 – Folk Tone


4 Comments

  1. Tirta Tirta January 25, 2019

    Salam kenal, saya tirta.. mau blogwalking..

    Emang Adobe LC + snapseed juara banget. Saya juga pake itu klo edit foto. Mantab mas.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Post author | January 25, 2019

      hallloo. salam kenal juga ya.
      Iya, saya biasanya makai lightroom buat edit foto-foto yang diupload di blog ini

  2. Dianisa Dianisa January 27, 2019

    sangat bermanfaat tutorialnya, terimakasih gan

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Post author | January 27, 2019

      siapp mas bro.. silahkan dicoba. hihi

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.