Press "Enter" to skip to content

SEORANG PELAJAR HARUS AKTIF NGEBLOG!

Sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir yang pernah mengajar di sekolah sebagai guru Kejuruan Teknologi Informasi di beberapa SMK di Kota Tasikmalaya, saya melihat jika seorang siswa/pelajar harus aktif ngeblog, nanti blog ini dikembangkan sebagai sarana portofolio siswa. Saya benar-benar percaya jika siswa memerlukan sebuah ruang yang cukup besar agar mereka bisa membagikan dan merefleksikan setiap ide mereka di blog. Siswa yang memiliki blog dan aktif menulis disana bukan ide yang baru sebenarnya, ini merupakan hal standar di beberapa negara di seluruh dunia.

Di jaman sekarang ini ada banyak platform blog yang bisa digunakan untuk sarana portofolio siswa, blog nantinya bisa digunakan dengan baik sebagai “portofolio pembelajara atau materi pelajaran, karya siswa”.

Kenapa saya menyarankan para siswa harus ngeblog? Melalui pengalaman saya sendiri dalam hal blogging dan saya juga menggunakan blog sebagai resume saya dan kumpulan portofolio, saya melihat beberapa manfaat yang kuat dari blogging secara langsung yang dapat menguntungkan siswa nantinya.

Dibawah ini ada 4 alasan mengapa seorang siswa/pelajar harus aktif ngeblog! Apa aja? Ayo Simak!


Sebagai Ajang Refleksi di Ruang Terbuka

photo via http://unsplash.com
refleksi diri dari ngeblog via http://unsplash.com

Seberapa sering kamu duduk untuk merenungkan apa yang telah kamu pelajari? Berapa kali kamu menghadiri acara workshop dan seminar lalu merenungkan apa yang telah kamu dapatkan dari itu semua? Kita perlu refleksi diri sehabis acara itu, merenungkan apa yang sudah kita dapatkan dan membuat rangkuman lengkapnya.

Nah!, blogging sangat bermanfaat dalam melakukan hal tersebut, saya sendiri telah merasakan manfaatnya, menulis dan merefleksikan apa yang telah saya pelajari sambil saya membuat sebuah koneksi dengan informasi yang saya pelajari. Dengan menulis rangkuman di blog, saya memiliki kesempatan untuk belajar dari komentar dan juga mendapat saran dari orang lain, sehingga ide – ide dari hasil belajar dapat diperbaiki berkat saran dari orang lain di dunia maya melalui blog, dengan begitu melalui blog kita dapat belajar satu sama lain, itulah refleksinya.


Mengembangkan Literasi Dari Berbagai Media

Literasi via http://unsplash.com

Blogging adalah cara yang bagus dalam menulis dan juga berbagi ide dengan mudah, selain itu ada banyak cara lainnya yang dapat digunakan seorang siswa untuk berbagi konten mereka. Misalnya dengan menggunakan fitur SoundCloud yang dapat membantu siswa untuk berbagi dengan suara  (audio). Ada juga Youtube dan SlideShare yang dapat membantu siswa dalam membuat presentasi. Nah!, yang menyenangkan dari ngeblog adalah semua media yang saya sebutkan tadi bisa di tampilkan di blog! Keren kan? yuk mulai aktif ngeblog!


Blog Sebagai Arsip Pembelajaran

ngeblog sebagai arsip via http://pexels.com

Setelah nanti saya lulus, saya bisa melihat kembali ke titik awal saya memulai blog, misalnya selama 3 tahun saya sekolah saya telah memposting 600 artikel pembelajaran ketika saya sekolah, maka ketika sudah lulus saya melihat dari titik awal mulai blog dan saya bisa melihat perkembangan saya selama ini, saya bisa melihat juga proses berkembangnya pemikiran saya dan juga bisa tau bagaimana proses berkembangnya, saya bisa melihat hal ini awalnya dari arsip postingan saya di Facebook, tapi kekurangannya Facebook tidak bisa diarsipkan sesuai kategori dan tag, Dengan menggunakan blog, saya dapat melihat lebih dalam tentang apa yang saya pelajari dan saya bisa mengkategorikan  dengan benar setiap apa yang saya pelajari, saya juga dapat dengan mudah mencari karya – karya saya di Google. Apa yang disediakan dari media blog ini membuat lebih mudah untuk mencari catatan saya yang dulu dan saya dapat meninjau kembali apa yang telah saya lakukan dahulu.

Kita bisa googling sendiri bagaimana proses belajar kita di google? Dan orang lain bisa mengambil manfaat dari pembelajaran anda.

Quote: Sebaik-baiknya Manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain.


Membuat Jejak Digital Positif

Jejak yang positif via http://unsplash.com

Belum lama ini saya sharing dengan beberapa siswa SMK di Kampung halaman saya tentang sebuah gagasan mengembangkan jejak digital dan pada sesi sharing santai tersebut saya hanya menyarankan kepada mereka agar belajar dan berbagi hasil belajar secara terbuka dan membuat jejak digital. Kita harus menjadi “Google Positif” dengan nama kita sendiri. Karena tidak jarang bagian personalia sebuah perusahaan akan mencari nama kita di internet dengan harapan akun sosmed kita muncul, jika kita punya blog maka blog kita yang akan terindex. (info ini saya dapatkan dari teman saya yang kerja di bagian HRD dan personalia).


Kamu percaya jika seorang siswa yang aktif ngeblog akan memberikan dampak yang positif? Jika tidak! Why? share alasan kamu di kolom komentar ya!

photo via pexels.com


ditulis oleh Eriga Syifaudin Al-Mansur, seorang lelaki yang berasal dari Kota Majalengka dan sekarang tinggal di Kota Tasikmalaya. Juga Seorang Digital Native, Blogger & Penggiat IT dari mulai SMK sampai saat ini. Sehari-hari bekerja sebagai Webmaster dan juga sedang berkuliah di Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Ybs Internasioan di Kota Tasikmalaya.

Eriga Syifaudin Al-Mansur juga seorang Community Addict  yang suka berbagi dengan orang lain. Jangan ragu untuk menghubungi di media sosialnya di bawah ini dan berdiskusi dengannya tentang masalah dunia IT atau Blogging.

Mari bertemu penulis di blognya www.mainkit.id dan di beberapa media sosialnya: Youtube Eriga Syifaudin Al-Mansur, Twitter @eriga_s, Facebook Eriga S Al-Mansur, Google+ Eriga Syifaudin Al-Mansur, Instagram @eriga_almansur, dan LinkedIn Eriga S Al-Mansur.


Support saya dengan share tulisan ini ke sosial media kamu ya.

Don’t forget to follow us on Twitter @ibadahmimpi & instagram @ibadahmimpi


Baca juga: Ternyata Pulau Indah Ini Ada di Jakarta Lho!


7 Comments

  1. Nychken Nychken January 23, 2019

    Daging banget ini tulisannya Bang

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Post author | January 23, 2019

      siapp… silahkan disantap bro.. hhaaha

  2. fanny f nila fanny f nila January 23, 2019

    sayang aku baru tahu blog pas udh kerja. itupun awalnya krn ngeliat kaka ipar yg tetiba punya blog, dan menulis ttg keseharian dia. aku pikir, aku toh suka nulis, tp selama ini slalu di diary ato dulu di Friendster yg nyediain blog tp disetting private.

    seandainya aku dulu udh tau ttg blog mah, pasti aku bakal nulis di sana 🙂 . Sharing ttg hal2 yg aku memang suka dari dulu. trutama kuliner dan trveling. Dan ttg HR yg kadang2 cek dr sosmed ttg calon staff yg dia mau terima, HR ku jg bilang begitu. kalo dia melihat si calon karyawan punya background bagus di medsos, apalagi punya blog yg aktif, itu nilai tambah bnget sih. kayak blogku, si HR jd sering nanya2 ttg traveling begitu tau aku sring menulis ttg itu :D.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Post author | January 23, 2019

      wahhh… walaupun terlambat tapi blognya tetap kece kok mbak.. hihihi

      Ternyata blog juga membantu kita kalau mau nyari kerja ya mbak.. mantap nih
      saya dapat informasi terbaru.

  3. Tioalvino Tioalvino January 29, 2019

    Kalau saya ngeblog untuk menuangkan isi pikiran saya dan mengarsipkannya,nanti kalau sudah tua dan renta aku ingin membacanya kembali.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Post author | January 29, 2019

      mantap broo
      saya suka gaya pemikiran kamu ini

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.