OPINI

Alasan & Resolusi Menjadi Narablog yang Kece Badai Penuh Cinta!

Sebenarnya hobi menulis sudah saya tekuni semenjak duduk di bangku SMP, mulai dari menulis puisi karena galau gara-gara doi diembat teman, membuat sajak pas hujan lagi derasnya sambil ditemani semangkok bakso, menulis cerita mini yang amburadul sampai menulis beberapa opini yang gak serius alias nyeleneh hanya untuk mengisi waktu luang. Berawal dari kebiasaan saya menulis itu, akhirnya sebagai mahasiswa yang masih belum lulus juga, saya mencoba mengadu nasib di dunia kepenulisan dengan mengikuti berbagai lomba cipta puisi maupun cerpen yang diadakan berbagai komunitas dan media percetakan di internet, sialnya, saya gak pernah juara!. Palingan nge-stuck di posisi 10 besar atau paling tidak tulisan saya nongol di kumpulan buku antologi.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
Pramoedya Ananta Toer

Berbekal quotes super dari salah satu penulis kesukaan saya itu, akhirnya dengan semangat Genjih! saya terus mengikuti perlombaan menulis yang memungkinkan untuk saya ikuti. Beberapa kali ikut lomba, bukannya naik peringkat malahan saya selalu turun rating dari lomba ke lomba. Apa yang salah dari tulisan saya?. Setelah sekian lama bertapa di Gunung Lima Jari bareng Sun Go Kong sambil membaca tulisan tentang bagaimana caranya menjadi seorang penulis yang kece badai!, akhirnya saya mendapatkan ilham yang mengatakan bahwa saya harus membuat sebuah blog!.

Untuk membuat blog dan menjadi man behind laptop (narablog) saya harus banyak membaca tentang apa itu blog. Dikarenakan saya memiliki basic yang jauh melenceng dari dunia blogging, saya harus berusaha ekstra untuk belajar dari awal tentang dunia blog itu sendiri. Kira-kira seminggu lebih saya bolak balik dapur-kamar sambil encok untuk membuat kopi dan bergadang malam-malam membaca berbagai macam tulisan tentang dunia blog mulai dari pengertian dasar sampai bahasa yang gak pernah saya dengar sebelumnya yang buat rambut saya makin keriting!.

Akhirnya di bulan November 2018 kemarin, saya memutuskan untuk menjadi seorang narablog (atau blogger) dengan membuat sebuah blog yang profesional dengan domain yang TLD (Top Level Domain). Why langsung beli TLD? Biar bisa selalu update postingan dan biar gak rugi! (sebagai orang Minang, rugi adalah musuh terbesar dalam hidup kami, udah bayar mahal masak gak pernah update?!).


Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi saya untuk membuat sebuah blog dan menjadi seorang narablog yang keceh badai penuh cinta!

1. Suka Menulis
write via http://unsplash.com

Menulis adalah hobi yang telah saya tekuni dan pelajari dari sewaktu saya masih duduk di bangku SMP. Membuat sebuah blog dan menjadi narablog tentu bakalan menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan saya dalam menulis, baik secara sadar maupun tak sadar yang berdampak pada tulisan saya yang lebih baik dari waktu ke waktu.

2. Ingin Membagikan Pengalaman dan Isi Pikiran Kepada Orang Lain

Akan percuma rasanya jika tulisan yang telah saya buat semalaman suntuk tak dibaca oleh orang lain. Berbagi adalah kata yang saya pegang teguh dalam hidup saya. Sekecil apapun, baik itu pengalaman atau yang lainnya, saya harus berbagi kepada orang lain. Terlebih dalam dunia kepenulisan, menjadi narablog berarti saya harus membagikan isi pikiran dan pengalaman saya kepada orang lain biar hidup saya semakin makmur!

3. Mendapat feedback untuk meningkatkan skill menulis
get feedback via http://unsplash.com

Mendapatkan feedback berupa kritik dan saran merupakan hal yang sangat saya tunggu-tunggu ketika membagikan tulisan saya di postingan blog pribadi saya. Feedback sangat berguna untuk mengetahui dimana kekurangan tulisan kita dan menjadikannya kelebihan di masa yang akan datang.

4. Keinginan Menjadi Seorang Travel Blogger
Traveling selalu membuat kita mendapatkan pengalaman yang baru

Salah satu alasan terbesar saya untuk menjadi seorang narablog dan membuat sebuah blog adalah keinginan untuk menjadi seorang travel blogger yang kece badai di masa depan. Sebagai mahasiswa yang suka pelesiran tak tentu arah, tentu membagikan pengalaman traveling dan dibaca oleh banyak orang menjadi sesuatu yang sangat wah!.

5. Berinvestasi Untuk Masa Depan
investasi masa depan via http://pexels.com

Sebagai seorang anak muda yang lahir di era digital saat ini, saya yakin bahwa membuat blog dan menjadi seorang narablog akan menjadi sebuah investasi yang berharga di masa depan jika saya menjalaninya dengan sungguh-sungguh. Tak dapat dipungkiri, internet sudah menjadi sendi kehidupan masyarakat di era modern ini. Kalau boleh dibilang, saya terinspirasi dari blognya Bang Nodi (nodiharahap.com) untuk menjadi seorang narablog masa depan. Asek!


Terlepas dari berbagai alasan yang melatarbelakangi saya untuk menjadi seorang narablog yang kece badai di era digital ini, saya juga mempunyai resolusi yang ingin saya wujudkan di tahun yang baru ini, 2019. 

1. Wisuda!
graduate via http://pexels.com

Wisuda adalah kata yang sangat saya impikan semenjak kuliah saya sudah lewat dari batas normal, 4 tahun lebih!. Bagi saya dengan menyelesaikan studi kuliah, berarti juga membahagiakan orang tua dan melepas beban dipundak mereka. Serta juga setelah wisuda, maka akan ada banyak waktu luang bagi saya untuk lebih fokus mengembangkan blog ini untuk investasi masa depan yang berharga. Aseekkk!

2. Menjadi Seorang Travel Blogger yang Mulai Dikenal Banyak Orang

Sebagai mahasiswa yang juga hobi traveling ke berbagai tempat, saya memiliki sebuah resolusi untuk membangun blog yang saya buat menjadi sebuah travel blog yang profesional dan mudah-mudahan besar nantinya.

3. Konsisten Posting Tulisan Setiap Hari

photo via http://pexels.com

Konsisten membuat postingan blog setiap hari akan berguna nantinya untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan saya dalam menulis, dan juga untuk membiasakan diri menulis dalam berbagai kondisi. Asyik!

4. Mencapai DA/PA Blog Di Atas 30
Menaikkan rank blog via http://unsplash.com

Setelah sekian banyak membaca tulisan tentang dunia blogging, saya mendapat informasi yang ajib bin mantul!. Ada sebuah istilah di dunia blogging yang menunjukkan eksistensi sebuah blog di mata mesin pencari guugel, yaitu DA & PA. Singkat cerita karna saya gak terlalu ngerti, DA-PA ini sangat berguna dalam perkembangan blog kita ke depannya. Untuk itu, saya bertekad untuk menaikkan nilai skor DA-PA saya maksimal mencapai angka 30 di akhir tahun ini. Genjih!

5. Memiliki Pageview Minimal 5000/bulan
pageview via http://unsplash.com

Sebagai narablog yang baru berkecimpung di dunia blogging, tentu mendapatkan visitor dan pageview yang tinggi perbulannya merupakan sebuah keharusan yang harus diwujudkan. Bagi saya sebagai narablog baru yang blognya belum dikenal oleh banyak orang, mendapatkan pageview minimal 5000/bulan sudah menjadi suatu prestasi yang membanggakan!

6. Bisa Lebih Banyak Menulis di Berbagai Komunitas Media Terkenal
Menulis via http://www.pexels.com

Sebenarnya, sebelum saya membuat blog pribadi, saya sudah beberapa kali menulis di berbagai komunitas media terkenal seperti detikTravel, kompasiana, dan hipwee. Untuk tahun ini, saya berharap bisa lebih banyak membuat tulisan yang dibaca oleh jutaan pembaca di seluruh Indonesia.

7. Mendapatkan Sponsor
sponsor via http://unsplash.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mendapatkan sponsor adalah impian setiap narablog yang ada di berbagai penjuru dunia. Di tahun 2019 ini, saya memiliki resolusi untuk mendapatkan paling tidak 3 sponsor untuk blog saya nantinya.


Dari berbagai hal yang melatarbelakangi saya dan resolusi yang ingin saya wujudkan di tahun 2019 ini, menjadi seorang narablog tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan juga perjuangan yang panjang untuk menjadi seorang narablog yang profesional dan dikenal banyak orang. Namun demikian, impian saya untuk menjadi seorang travel blogger yang profesional masih tetap menjadi sebuah keinginan yang ingin saya wujudkan sampai detik ini.

Selamat berkarya!


Support saya dengan share tulisan ini ke sosial media kamu ya.

Don’t forget to follow us on Twitter @ibadahmimpi & instagram @ibadahmimpi

I'm a Travel Blogger, Content Writer, a Man, and also the President of www.ibadahmimpi.com

20 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: