Press "Enter" to skip to content

#MANUSIABOLEHBERENCANA; RESOLUSI & HARAPAN YANG “SELESAI” DI TAHUN 2018

Di awal tahun 2019 ini, ada begitu banyak pertanyaan yang hinggap di dalam kepala saya.

“Apa saja yang telah saya capai di tahun 2018 kemarin?”, menjadi sebuah pertanyaan terbesar yang akhir-akhir ini selalu muncul begitu saja tanpa basa-basi. Bagi saya, tahun 2018 merupakan tahun yang cukup unik dan menarik dalam hidup saya.

Mengapa demikian? Karena saya merasa tahun 2018 dipenuhi dengan hal-hal yang tak terduga mulai dari rasa malas yang berlebih sampai saya nggak mau keluar rumah hampir sebulan dan resolusi wajib dan prioritas yang harus gagal total dan nggak terwujudkan di tahun 2018. Wisuda!

Dari sekian banyaknya resolusi yang nggak terwujudkan, ternyata masih ada beberapa resolusi yang tak disangka-sangka akan lebih dahulu saya wujudkan ketimbang mewujudkan prioritas utama saya sebagai mahasiswa yang hampir saja dapat surat cinta penuh makna dari kampusnya.

Beberapa hal yang patut saya syukuri di tahun 2018 adalah:


1. Menyelesaikan Seminar Proposal di Awal Tahun

Koboy kampus yang belum wisuda sampai saat ini!

Salah satu resolusi paling awal yang saya wujudkan di tahun 2018 adalah menyelesaikan seminar proposal skripsi di bulan Januari yang saya tuntaskan dengan cukup mengesankan.

Walaupun setelah itu saya dihinggapi rasa malas untuk mengerjakan skripsi, tapi tetap harus mensyukuri satu langkah awal menuju wisuda!


2. Membuat Perpustakaan Mini di Rumah

Miny library via http://www.pexels.com

Ternyata kebiasaan membaca telah membuat saya secara tak sengaja menciptakan perpustakaan mini sendiri di rumah. Secara tak langsung, kebiasaan saya yang seminggu sekali selalu mampir dan membeli beberapa buku telah membuat lemari saya penuh dan membludak!. Alhasil terciptalah perpustakaan mini di rumah.


3. Menemukan Passion Menulis

Menulis via http://www.pexels.com

Kebiasaan membaca ternyata telah membawa saya kepada sebuah passion yang sangat saya nikmati sekarang ini, menulis!. Ketika menulis, saya merasakan sesuatu yang beda, dan nggak tahu kenapa rasanya damai aja gitu.

Alhasil, dengan kebiasaan menulis ini beberapa artikel yang pernah saya kirim ke beberapa media diterbitkan secara online. Sebagai pemula, rasanya senang banget ketika tulisan kita itu publish dan diterbitkan oleh komunitas media yang terkenal. It’s something!


4. Membuat Blog Pribadi yang Profesional

Blogging via http://www.pexels.com

Setelah hampir setahun lebih mencoba dan memahami tentang dunia blogging, akhirnya di bulan November 2018 kemarin saya memutuskan untuk memasuki dunia blogging dengan membuat sebuah blog pribadi dengan hosting profesional (nggak subdomain). hehehe

Untuk ke depannya, saya berharap dengan membuat blog yang profesional saya bisa mewujudkan impian saya menjadi seorang travel blogger profesional. Asek!


5. Mulai Menjalankan Syariat Agama Dalam Berpakaian

Celana gantung via http://www.hipwee.com

Sebagai seorang muslim, saya bersyukur sudah mulai berangsur menjalankan syariat agama saya dalam berpakaian. Misalnya saya sudah mulai untuk menghindari isbal, berpakaian sampai menutup mata kaki. Di bulan November 2018, saya memotong semua celana yang panjangnya sampai menutupi mata kaki  saya. Walaupun tak seberapa, tapi saya memang harus memulai selagi masih muda!


Untuk tahun 2019, saya bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan mengejar resolusi yang paling wajib dari yang terwajib, wisuda!


Support saya dengan share tulisan ini ke sosial media kamu ya.

Don’t forget to follow us on Twitter @ibadahmimpi & instagram @ibadahmimpi


Baca juga: Traveling di Akhir Tahun Tanpa Takut Kehabisan Pulsa? Why Not Ferguso!

 

One Comment

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.