Press "Enter" to skip to content

DESTINASI WISATA APA AJA SIH YANG WAJIB DIKUNJUNGI KETIKA BERLIBUR KE UNITED KINGDOM? INTIP YUK!

United Kingdom (UK) dari dulu memang telah menjadi impian banyak para traveler untuk dijelajahi. Keindahan alamnya yang memukau, tempat-tempatnya yang bersejarah, budayanya yang sangat membuat penasaran dan masih banyak yang lainnya. United Kingdom atau nama lengkapnya United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland, merupakan sebuah kerajaan terbesar di dunia yang masih berdiri sampai saat ini yang terletak di lepas pantai barat laut benua Eropa. Berbicara mengenai UK, ada 4 negara yang berada dalam kedaulatan kerajaan yang masing-masing berdiri sendiri lho, yaitu Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Jadi UK bukan hanya Inggris doang ya.

Tentunya bakalan sayang sekali untuk melewatkan negara-negara bagian dalam kedaulatan UK sebagai destinasi wisata yang harus para traveler kunjungi.

Penasaran tempat-tempat apa saja yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke UK? Yuk simak berikut ini!


1. Buckingham Palace, Inggris

Buckingham Palace via http://www.fairview.co.uk

Buckingham Palace atau Istana Buckingham merupakan istana termegah di Inggris. Istana ini merupakan tempat kediaman resmi Ratu Inggris, sekaligus sebagai pusat administrasi kerajaan Inggris. Terletak di Westminster, London SW1A 1AA, Inggris Raya.

Istana Buckingham menawarkan dekorasi karya seni yang tinggi, furnitur yang sangat mewah dan penjaga Istana Buckingham yang unik dengan kostum merahnya yang khas dan topi bulat beruangnya yang melonjong ke atas, menjadikannya daya tarik tersendiri bagi para turis yang datang. Tentunya dong kamu tak ingin melewatkan kesempatan untuk berfoto-foto dengan penjaga istana yang selalu diam berjaga seperti patung itu.

Penjaga istana Buckingham Palace via mamasejagat.wordpress.com

2. Wesminster Palace dan Menara Jam Big Ben, Inggris

Wesminster Palace dan Menara Jam Big Ben via londonandpartners.com

Wesminster Palace, adalah sebuah gedung parlemen pusat pemerintahan United Kingdom dengan gaya arsitektur gotik serasa seperti abad pertengahan. Terletak di Middlesex Bank Sungai Thames, City of Wesminster, London. Wesminster Palace dulunya merupakan sebuah istana model abad pertengahan tempat tinggal keluarga kerajaan yang dibangun pada abad ke-11.

Beranjak ke sebelah timur dari Wesminster Palace, disana kamu akan menemukan landmark yang paling menandakan bahwa kamu sedang berada di London, Menara Jam Big Ben!. Menara Jam Big Ben memiliki tinggi 96m dan dihiasi dengan bingkai di sekeliling jam yang berwarna kekuningan karena disepuh dengan emas. Sangat sayang untuk dilewatkan.

Jam Big Ben yang berada di salah satu sudut Wesminster Palace via www.express.co.uk

3. Natural History Museum London, Inggris

Natural History Museum London via Google

Natural History Museum London merupakan salah satu museum sejarah alam terbesar di dunia!. Kamu bisa menemukan 70 juta spesimen yang ditampilkan. Salah satu spesimen yang paling terkenal yang dipamerkan di Natural History Museum London ini adalah Dippsy, sebuah replika kerangka dinosaurus Diplodocus Carnegii sepanjang 32m yang dipamerkan di Central Hall. Wah, ternyata jalan-jalan juga bisa nambah pengetahuan kita ya.

Replika Dippsy di Natural History Museum London via www.nhm.ac.uk

4. Cardiff, Wales

Cardiff Castle via likealocalguide.com

Ngomongin UK tak adil rasanya jika kita terlalu banyak meluangkan waktu hanya di Inggris saja. Saatnya untuk menjelajahi negara bagian dari UK yang lain. Dekat dengan Inggris, ada negara Wales yang tak kalah bagusnya.

Cardiff, ibu kota Wales ini tak kalah banyak menyimpan tempat-tempat wisata bersejarah yang wajib kamu kunjungi. Kota yang terletak di semenanjung selatan Wales, di tepi pantai Bristol Channel menyuguhkan banyak landmark di antaranya Cardiff Castle, Cardiff City Hall, Cardiff Bay, Bute Park, National Museum of Wales dan Queen Street.


5. Snowdonia National Park, Wales

Snowdonia via wikipedia.org

Bosan dengan hiruk-pikuk liburan di perkotaan? Saatnya menepi menuju daerah pegunungan, lembah, dan danau yang tenang. Snowdonia National Park adalah tempatnya, terletak di North West Wales, UK. Snowdonia National Park merupakan taman nasional terbesar di Wales yang memiliki 100 danau, daerah pesisir pantai sepanjang 60 km, dan 90 daerah perbukitan. Sangat cocok bagi kamu pecinta hiking dan sepeda gunung.


6. Great Omre, Wales

Great Omre via gitugini.com

Great Omre, terletak di semenanjung utara Wales, tepatnya di daerah Llandudno, tempat ini langsung menghadap laut lepas. Suasana yang tenang dan udara yang sejuk menjadikan Great Omre sebagai salah satu kawasan dengan kualitas udara terbersih di UK. Wah!.

Selain itu kamu juga bisa menikmati pemandangan alam sambil menaiki kereta kabel (tramway) yang dibangun pada tahun 1902 dan masih berfungsi dengan baik sampai saat ini. Kereta kabel yang telah berumur seabad ini masih memiliki desain orisinil bermaterialkan kayu. Dijamin membuat kamu betah deh!.

Great Omre Tramway via greatorme.org.uk

7. Kepulauan Orkney, Skotlandia

Kepulauan Orkney via www.panorama-magz.com

Bagi kamu para pecinta sejarah, tentunya tak ingin melewatkan berwisata menuju kepulauan Orkney yang terletak di ujung utara Skotlandia. Kepulauan yang dulunya merupakan tempat tinggal bangsa Viking ini menyimpan banyak peninggalan sejarah zaman Neolitik yang sayang untuk dilewatkan, seperti Old Man of Hoy, Ring of Brodgar, Stones of Stenness, dan Skara Brae. Kamu juga bisa menemukan desa Viking yang ada di kepulauan Orkney ini lho.

Yang tak kalah menariknya kamu juga bisa melihat keindahan cahaya aurora di langit malam. Wow!. Aurora di Orkney paling cantik dilihat pada saat musim gugur dan dingin.

Aurora di Kepulauan Orkney dan Aurora via dailyrecord.co.uk

8. Fingal’s Cave, Skotlandia

Fingal’s Cave via staffatours.com

Fingal’s Cave atau Gua Fingal adalah gua yang memiliki dinding-dinding berbentuk heksagonal yang terbentuk karena letusan vulkanik. Kamu bisa menemukan Gua Fingal ini di Pulau Staffa yang berada di laut bagian barat Skotlandia. Berwisata ke Gua Fingal serasa berada di dunia Game of Thrones!. Dinding-dinding pilar guanya yang sangat sempurna terbentuk secara alami akan membuat kamu langsung komat-kamit ketika melihat gua ini secara langsung.


9. Pedesaan Connemara, Irlandia Utara

Pedesaan Connemara via penulispro.com

Saatnya berwisata budaya dengan mengunjungi pedesaan Connemara yang terletak  di Letterfrack, Galway County. Pedesaan Connemara meliputi 2000 hektar pedesaan pegunungan Connemara. Tempat yang sangat cocok bagi kamu untuk berjalan-jalan sepanjang desa sambil menikmati pemandangan dan keelokan budaya masyarakat Irlandia tentunya.


10. Burren, Irlandia Utara

Burren via 3.bp.blogspot.com

Burren, sebuah daerah luas yang tercakup dengan batu kapur. Terletak di selatan dan utara daerah Clare dan daerah Kerry, Skotlandia. Sebuah tempat wisata yang sempurna bagi kamu para pecinta petualang dan misteri. Disini kamu bakalan menemukan banyak goa-goa yang pastinya bakalan membuat kamu semakin ingin menjelajahinya.


11. Dingle, Irlandia Utara

Dingle via navtur.pl

Jangan sekali-sekali melewatkan Dingle ketika berada di Irlandia Utara. Kultur budaya dan susunan bangunan yang indah dijamin akan membuat kamu betah berlama-lama di Dingle. Satu hal lagi yang membuat suasana menjadi tenang, kamu bakalan mendengarkan alunan musik tradisional di setiap tempat. Tak heran rasanya jika Dingle terkenal sebagai tempat pelarian artis yang ingin bersantai sejenak dari aktivitas keartisannya, seperti Julia Robert, Sean Connery, Dolly Parton, Keanu Reeves dan Bob Mitchum. Oh iya, kamu juga dapat mengunjungi pedesaan Irlandia yang ada di Dingle lho.


Nah, itulah tempat-tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di UK. Wah!, pasti kamu sudah kepengen banget untuk ‘mengubrak-abrik’ UK nih. Sabar-sabar, nanti kita pergi sama-sama ya.

Oh iya, jika ada saran dari teman-teman mengenai tempat yang wajib dikunjungi kalau ke UK, silahkan ditambahkan di komentar


Support saya dengan share tulisan ini ke media sosial kamu ya.

Follow us on Twitter @ibadahmimpi & instagram @ibadahmimpi


Baca juga: 10 Travel Blogger Internasional Dengan Cerita Perjalanan yang Paling Memukau, Ayo Simak!

 

8 Comments

  1. Fanny F Nila Fanny F Nila December 24, 2018

    bucket list ku banget ini… berhubung sampe 2020 plan travelingku udah banyak yg fix, mungkin baru 2021 aku bisa masukin UK, sekalian muter beberapa negara eropa.

    kalo ke UK nya sendiri, tujuan utamaku cuma 1, harus tawaf dulu di ANFIELD, liverpool ;p.. karena aku dan suami pendukung berat liverpool hahahaha. makanya kita pgn banget bisa nonton pertandingan di sana. ihhh, bikin makin semangat nabungnya sih kalo udh inget anfield 🙂

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Post author | December 24, 2018

      wah asik nih. hihihi
      wah penggemar Liverpool toh, hehe
      Kalau saya pengennya pake kebangetan itu ke Old Trafford. wkwkwk
      Semoga bucketlistnya banyak yang tercoret ya mbak. happy travel

  2. Tri Bintang Tri Bintang December 25, 2018

    Kalau emang ada rezeki dan kesempatan gak tau kenapa pengen banget ke carrdif, wales. Kunokuno gimana gitu hehehhe

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Post author | December 25, 2018

      amin gan. yang penting kita berusaha dulu

  3. Aminnatul Widyana Aminnatul Widyana December 25, 2018

    Dari deretan destinasi wisata di atas ada satu yg paling aku impikan. Yaitu melihat aurora Borealis dari dekat. Fenomena yang membuat banyak mata tertuju kagum… Luar biasa indah.

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Post author | December 25, 2018

      semoga bisa segera terwujud yang mbak. Happy travel

  4. Haryo Haryo December 28, 2018

    Wisata ya keren mimin. Saya juga punya impian pergi keluar negeri tapi destinasi pariwisata terpopuler di Indonesia belum semua dijelalajahi. Hehehe

    Saya sering menulis tentang destinasi pariwisata terpopuler di Indonesia di web berikut https://destinasipariwisata.com

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Post author | December 28, 2018

      iya, destinasi wisata indonesia masih banyak yang perlu diexplore nih

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.