Press "Enter" to skip to content

WONDERFUL INDONESIA! KEINDAHAN ALAM YANG GAK ADA MATINYA, INI 5 TEMPAT YANG MEMBUKTIKAN BETAPA INDAHNYA INDONESIA

Ngomongin keindahan alam Indonesia gak bakalan ada habisnya. Keberagaman budaya, keramahan masyarakat, serta keindahan pesona alamnya yang beranekaragam gak bakalan habis dijelasin walau satu semesterpun. Bahkan kuliah pariwisata aja bisa-bisa menghabiskan waktu 4 tahun! Itu kalau kuliahnya lurus-lurus aja.

Ditambah lagi dengan perkembangan media sosial yang gak bisa dibendung lagi kayak Air Terjun Niagara memberikan andil besar dalam perkembangan pariwisata Indonesia, dan hasilnya adalah banyaknya turis yang berdatangan untuk melihat secara langsung bagaimana keindahan alam Indonesia itu sendiri.

Sebagai salah satu anak muda generasi masa depan bangsa, tentu saja saya tak boleh melewatkan kesempatan untuk menjelajahi dan menikmati keindahan negeri sendiri yang indah ini. Namun sangat disayangkan, dengan kenyataan saya masih memiliki status sebagai mahasiswa di salah satu universitas negeri di Padang membuat saya tidak leluasa dalam menjelajahi Indonesia tercinta ini. Yah! Walaupun sudah berstatus mahasiswa paling akhir alias mahasiswa di ujung tanduk, saya tentu butuh yang namanya refresing sejenak dari berbagai problematika dunia perkampusan yang kadang-kadang bisa lebih kejam daripada ibu tiri!.

Namun itu tak menyurutkan minat dan impian saya untuk menjadi seorang travel blogger dan menjelajahi betapa indahnya alam Indonesia ini. Dengan segala keterbatasan gerak, saya sempat beberapa kali traveling bersama adik saya si @baratdaya_, yang saat itu sedang fokus menggarap beberapa proyek tentang dunia traveling untuk menjelajahi beberapa provinsi yang ada di Indonesia.

Berikut ibadahmimpi.com rangkum beberapa tempat yang menggambarkan Wonderful Indonesia yang harus dikunjungi!


1. Way Kambas, Lampung

Kalau ngomongin alam Indonesia, kita juga harus ngomongin satwa-satwa langka yang harus dilindungi di dalamnya. Salah satu tempat yang membuat saya terpesona adalah Taman Nasional Way Kambas. Taman Nasional ini  terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia.

Taman Nasional Way Kambas merupakan tempat pusat latihan para Gajah Sumatera. Walaupun Taman Nasional Way Kambas ini diidentik dengan satwa Gajah Sumatera, namun di taman ini juga terdapat satwa-satwa langka Pulau Sumatera lainnya. Tak heran banyak peneliti mancanegara berdatangan ke Taman Nasional Way Kambas ini untuk meneliti satwa asli pulau Sumatera yang mulai terancam punah


2. Pantai Karang Gigi Hiu, Lampung

Pantai Karang Gigi Hiu terletak di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Indonesia. Jalur akses menuju pantai Gigi Hiu membutuhkan waktu 3,5-4 jam dari kota Bandar Lampung. Walaupun akses jalan menuju pantai ini tak mudah, tapi pemandangan yang disuguhkan bakalan menghilangkan semua keletihan kita nantinya.

Tak seperti pantai-pantai lainnya, pantai ini memiliki keunikan yang membuat saya komat kamit sambil ngomong “homina-homina-homina” sewaktu pertama kali melihatnya. Keunikannya terletak pada gugusan karang yang berbentuk lancip saling tertata rapi dan selalu diterpa ombak sehingga dari kejauhan karang-karang itu terlihat seperti gigi hiu yang sangat tajam. Wow! Sungguh Wonderful Indonesia banget!

Bakalan rugi rasanya kalau gak menyempatkan kesini sekali seumur hidup!


3. Air Terjun Tanggedu, Nusa Tenggara Timur

Kalau kita bercerita betapa indahnya Indonesia, tak lengkap rasanya bila tak membicarakan Indonesia bagian timur. Wah! bakalan banyak banget yang pengen saya ceritain. Terlebih lagi kalau kita ngomongin Sumba, dengan banyaknya tempat-tempat tersembunyi yang memanggil untuk saya jelajahi.

Salah satu dari sekian banyak surga tersembunyi yang membuat saya pengen balik lagi kesana itu adalah Air Terjun Tanggedu, yang berlokasi di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Air terjun ini juga disebut sebagai Twin Canyon, karena relifnya yang berupa tebing-tebing batu yang unik memanjang disekitar aliran airnya. Tak seperti air terjun pada umumnya, Air Terjun Tanggedu mengalir dari tebing yang rendah. Air terjun ini cukup unik dengan air yang berwarna biru bersih yang terletak di tempat tersembunyi.

Akses jalan menuju tempat ini masih terbilang belum cukup baik dan mulus sehingga kendaraan harus diparkirkan di rumah warga setempat dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2,5 km. Perjalanan tidak akan terasa berat dan lama karna akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan Indonesia di kiri-kanan selama perjalanan.

Keindahan alam Indonesia. (dok.pri)


4. Pantai Apparalang, Sulawesi Selatan

Berbagai keunikan pantaipun bertebaran di seluruh kawasan Indonesia. Tak terkecuali di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Pantai Apparalang, begitu orang-orang menyebutnya. Sebuah pantai yang sangat indah dan berada di tepi tebing yang curam dan langsung menghadap ke hamparan laut biru yang sangat luas. Hal yang menarik dari pantai ini yakni terdapatnya bebatuan karang yang memanjang sepanjang pantai dari utara ke selatan di desa tersebut.

Pantai Apparalang terletak di bagian timur Kota Bulukumba yang jaraknya sekitar 40 km ke arah timur. Sebuah tempat yang sangat menakjubkan untuk menikmati betapa indahnya alam Indonesia.


5. Kampung Waerebo, Nusa Tenggara Timur

Wae Rebo merupakan sebuah kampung tradisional yang terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Waerebo terkenal dengan sebutan kampung di atas awan, karena terletak di ketinggian 1000 mdpl dan dikelilingi oleh perbukitan yang sangat asri.

Untuk mencapai Wae Rebo, saya harus menempuh perjalanan sekitar 6 km dari Desa Dintor ke Desa Denge dengan menggunakan motor. Perjalanan dari Denge menuju Wae Rebo, kira-kira memakan waktu pendakian selama 3 jam dengan menyusuri daerah terpencil yang dikelilingi hutan lebat yang belum terjamah, menyebrangi sungai serta melintasi bibir jurang.

Salah satu hal yang menarik dari Desa Wae Rebo adalah rumah adatnya yang berbentuk kerucut dan atapnya terbuat dari daun lontar.


Itulah beberapa tempat yang membuat saya makin cinta sama tanah air Indonesia ini, dan saya harap nantinya bakalan bisa menjelajahi lebih banyak tempat-tempat yang Wonderful Indonesia banget!

Dunia ini adalah sebuah buku, dan bagi yang tak berpetualang, maka dia hanya membaca satu halaman saja”
-Someone

Yok! Bagi teman-teman blogger, mari ceritakan betapa indahnya alam Indonesia melalui Wonderful Indonesia Blog Competition. Informasi lebih lengkap dapat teman-teman akses disini!


Support saya dengan share tulisan ini ke media sosial kamu ya.

Follow us on Twitter @ibadahmimpi & instagram @ibadahmimpi


Baca juga: Danau Weekuri: Surga Tersembunyi yang Mesti Dikunjungi


 

7 Comments

  1. Hastira Hastira December 5, 2018

    yang gigi hiu itu eksotis abnget bebatuannya

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Post author | December 5, 2018

      iya. Wonderful banget deh pokoknya.
      Kamu harus kesana juga kapan-kapan lho. Hehe

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Post author | December 5, 2018

      iya mbak, wonderful banget. Awalnya gak nyangka lo ada tempat kek gitu di Indonesia.
      Indahnya pakai kebangetan nih!
      Hehe

  2. Fanny F Nila Fanny F Nila December 19, 2018

    Haiiishhhh aku lgs takjub liat yg twin canyon. Baguuus byangeeeeet!! Duuuh jd pgn ke sana kaaan :p. Ama yg waykambas dan gigi hiu tuh yg udh lama masuk bucket listku. Padahal yaaaa lampung ga jauh dr jakarta. Ttp aja batal mulu mau kesana

    • ibadahmimpi ibadahmimpi Post author | December 19, 2018

      wkwkwkwkk… Mesti di checklist nih bucketlistnya tahun depan, jangan sampai gak tercapai ya. hihi

Leave a Reply

Mission News Theme by Compete Themes.