• photo by ibadahmimpi.com
    OPINI

    Traveling Bukan Sekedar Jalan-Jalan Ngabisin Duit!

    Gaya hidup traveling emang udah melekat dan gak bisa dipisahkan dari kalangan anak muda jaman now!. Mulai dari traveling muter-muter kota sendiri sampai tersesat di Gunung Lima Jari dan ngebebasin Sun Go Kong semuanya pun dijalani. Ada berbagai macam alasan yang melatarbelakangi seseorang buat angkat koper terus traveling ke berbagai tempat yang ada di dunia yang fana ini!. Ada yang bilang kalau traveling itu cuma ngabisin duit! Ya, emang bener sih. Traveling emang ngabisin duit banget!. So, ngapain traveling kalau ngabisin duit? Mending nyantai di rumah aja! Eitsssss! Awalnya saya juga mikir kek gitu lho, tapi setelah saya coba jalani, ternyata traveling memberikan saya berbagai banyak hal yang gak bisa…

  • photo by ibadahmimpi.com
    TRAVEL

    Perjalanan Penuh Makna di Desa Wae Rebo Nan Mempesona

    Indonesia itu indah!. Ada banyak hal yang mampu membuat saya tercengang-bengong-melongo pengen guling-guling-jungkir balik sambil harlem shake-kiki celeng setiap kali nyampe di tempat-tempat yang ahoy!. Setelah muter-muter dan menyesatkan diri di tanah Sumba mulai dari hanyut mengkhayal di Air Terjun Tanggedu, ketemu jodoh saudara jauh di Kampung Adat Ratenggaro, sampai tenggelam oleh kenangan mantan di Danau Weekuri, perjalanan kali ini membawa kami menuju ketinggian 1.200 mdpl, Desa Wae Rebo. Ya! Kamu gak salah baca ma bro!, 1.200 mdpl, desanya berada di atas bukit, yang lebih kerennya lagi tuh desa berada di pedalaman Flores. Eksotis banget dah! Tempat yang bakalan cocok buat intim dengan pacar alam Indonesia. Dan kece-nya lagi, Wae…

  • photo by Furqan Nursalam
    SAJAK

    Perihal Puan

      “ Malam ini ada empat perihal yang akan aku utarakan duhai puan. Kuharap kau mau mendengarkan celotehan malamku ini dengan seksama. Sebelum itu seruputlah kopi hitam kesukaanmu itu, kuseduhkan hangat-hangat. Perihal pertama ialah perihal rasa, mungkin bagimu rasa ini tampak biasa. Mungkin bagimu aku tanpa rasa. Bahkan mungkin bisa engkau kata tak ada sama sekali. Aaah, namun kau salah puan. Bertahun-tahun sudah rasa ini kupupuk dalam diam, sendirian. Kalau berkilah pasal niat, maka masuklah kita pada perihal kedua. Perihal kedua ialah perihal niat. Sungguh! niatku sungguh tulus ingin menjagamu dalam pagar rasa yang selama ini kubuat. Andai kau tau, sungguh niatku adalah mengupayakan kebahagiaanmu. Namun apalah dayaku, kau masih…

  • photo by ibadahmimpi.com
    CERITA MINI

    Kepada Saudari

    Apakah saudari mau mendengarkan jika saya mengatakan benar – benar telah jatuh cinta tanpa harus menunjukkannya? Apakah saudari mau percaya begitu saja? Sungguhpun begitu, saya tidak tahu caranya jatuh cinta. Saya pernah berkali – berkali merasa jatuh cinta, atau tidak, kepada berbagai macam – macam saudari. Tapi saya tidak tahu betul apakah itu dinamakan jatuh cinta atau tidak. Karna memang saya tidak tahu caranya jatuh cinta. Akhir – akhir ini saya sering mencuri – curi pandang menengok saudari. Tapi apakah itu cukup untuk dikatakan kalau saya sedang jatuh cinta? Toh banyak orang saya lihat juga curi – curi pandang sekadar menengok saudari. Apakah mereka juga dinamakan telah jatuh cinta kepada…

  • photo by ibadahmimpi.com
    TRAVEL

    Danau Weekuri: Surga Tersembunyi yang Mesti Dikunjungi

    Lagi-lagi kalau kita ngomongin keindahan alam, Sumba memang gak bakalan ada habisnya. Ada-ada aja cerita unik yang gak bakalan habis untuk diceritain. Dibalik cuacanya yang panas, di ujung padang savananya yang luas, tersembunyi berbagai tempat indah yang mestinya tak boleh untuk dilewatkan!. Sebelumnya, perjalanan membawa kami ke beberapa tempat indah yang ada di Sumba, seperti Air Terjun Tanggedu dan Kampung Adat Ratenggaro. Dan kali ini mata angin membawa kami ke tempat indah di salah satu pelosok Sumba, Danau Weekuri. Sebuah danau dengan air yang jernih dan bening melebihi beningnya paha Vanissa Ahem!. Danau Weekuri terletak di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Jarak…

  • OPINI

    Malas Mengerjakan Skripsi? Kamu Harus Baca Ini Alehandro!

    Skripsi!. Gak dapat dipungkiri, skripsi menjadi momok tersendiri bagi mahasiswa yang udah kebelet boker banget pengen mendapat gelar sarjana dan cepat-cepat diwisuda biar bisa melamar si doi pujaan hati!. Seiring waktu berlalu, ternyata kamu masih stuck aja di Bab satu. Enggak tau kenapa, rasanya malas aja ngerjain skripsi yang banyak revisi hingga mengikis motivasi ini. (hikhik!). Daripada ngerjain skripsi, mendingan push rank pabjih! Apa kamu pernah merasakan malas yang teramat sangat? Wadauw! Berarti kita sama ma frend. Ada berbagai alasan yang melatarbelakangi kenapa kita bisa malas mengerjakan skripsi. Mulai dari yang masuk akal ampe yang ghoib pun ada! Dari berbagai alasan dan pembenaran yang kamu pikirkan, malas mengerjakan skripsi memiliki…

  • OPINI

    Jika Saya Dapat 80 Juta!

    Gak tau kenapa, tapi trend 80 juta masih saja menyeruak dan eksis sampai saat ini. Dimulai dari terjadinya kongkalikong antara muciwkuari sama pengusaha kaya penuh birahi yang melibatkan pekerja drama tipi yang gak tau kenapa bikin saya pusing scroll feed instagram! Seandainya saya yang punya uang 80 juta, pasti saya gak bakalan main ama tuh artis! Lebih baik langsung ke jepun! silaturahmi ke rumah mastah Kakek Legend dan bercengkrama sambil skidipapap bareng cucunya!. Hahaha (kok pikiran saya rada negatif ya?) *sensor* Ehm! Yah sebenarnya dengan uang 80 juta, ada banyak hal yang bisa saya lakukan selain cuma ngabisin duit hanya untuk memberi makan nafsu birahi! Trus, apa yang bakalan ibadahmimpi.com lakukan jika…

  • Photo by ibadahmimpi.com
    SAJAK

    Pergilah

      “ Bagaimana jika setiap temu hanya berujung haru? Pada sebuah cerita yang bermuara luka, tawa tak lagi berharga. Kita tak lagi layak saling bicara, jika hanya untuk memperdebatkan siapa yang tak berdosa. Pergilah. Carilah sebuah kota yang sudi menampung semua tuntutmu, jangan disini. Aku hanyalah desa yang hanya sanggup menampung semua resahmu. Tapi tak cukup mampu memenuhi semua maumu. Tapi jika kelak rindu membawamu kembali, jangan sungkan untuk menyapa lagi. Senyumku masih akan tetap sama untukmu, sesumringah saat pertama aku menatap matamu. “  Ditulis oleh Dendy Selmaeza atau lebih dikenal di dunia instagram dengan nama @baratdaya_. Penulis bisa ditemui di instagram @baratdaya_, twitter @baratdaya_, dan blognya di www.dibaratdaya.com. Satu lagi, Dendy juga adalah adik kandung…

  • Photo via https://unsplash.com/photos/VsEk4cIlNk0
    CERITA MINI

    Meong!

    Terbilang sudah lima hari berturut – turut yang ia lewatkan dengan perasaan gelisah. Roman selalu bergerak – gerak tak karuan seperti cacing kepanasan oleh teriknya panas matahari di siang bolong di atas kasur bongsornya. Berbagai posisi ia coba,  mulai dari menengadah menatap loteng, tengkurap, membalikkan posisi badan ke kiri, kemudian ke kanan, kaki ke atas, kepala ke bawah, bahkan aku tak tahu mana kepalanya lagi. Memakai selimut, tanpa selimut, bahkan sampai melepaskan pakaian semua sama saja. Tak ada posisi yang mampu membuatnya nyaman untuk tidur. Insomnia bahasa ilmiahnya. Meong, kucing kampung berwarna kuning kehitam – hitaman yang awalnya kuning cerah akibat sering berguling – guling di atas lantai yang jarang…

  • OPINI

    Alasan & Resolusi Menjadi Narablog yang Kece Badai Penuh Cinta!

    Sebenarnya hobi menulis sudah saya tekuni semenjak duduk di bangku SMP, mulai dari menulis puisi karena galau gara-gara doi diembat teman, membuat sajak pas hujan lagi derasnya sambil ditemani semangkok bakso, menulis cerita mini yang amburadul sampai menulis beberapa opini yang gak serius alias nyeleneh hanya untuk mengisi waktu luang. Berawal dari kebiasaan saya menulis itu, akhirnya sebagai mahasiswa yang masih belum lulus juga, saya mencoba mengadu nasib di dunia kepenulisan dengan mengikuti berbagai lomba cipta puisi maupun cerpen yang diadakan berbagai komunitas dan media percetakan di internet, sialnya, saya gak pernah juara!. Palingan nge-stuck di posisi 10 besar atau paling tidak tulisan saya nongol di kumpulan buku antologi. “Orang…